Review dan Harga Terbaru Melanox, Hilangkan Flek Hitam dan Noda Bekas Jerawat

Ilustrasi: kulit wajah sehat (sumber: skincare.com)Ilustrasi: kulit wajah sehat (sumber: skincare.com)

Memang, tidak menyenangkan memiliki bekas luka, apalagi jika terdapat di wajah. Anda perlu mengetahui cara menghilangkan bekas luka di wajah yang tepat dan efektif, agar tidak lagi mengganggu penampilan. Ada berbagai pilihan cara menghilangkan bekas luka di wajah. Anda bisa menggunakan krim penghilang bekas luka, operasi plastik, atau mengaplikasikan make up agar bekas luka tersamarkan. Opsi tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan seberapa besar ukuran bekas luka.

Bekas luka di wajah bisa diakibatkan oleh jerawat, infeksi, peradangan, terbakar, kecelakaan, atau efek pasca-operasi. Sementara, bekas luka berupa jaringan parut merupakan hasil dari proses alami tubuh dalam menyembuhkan luka. Meski biasanya bekas luka akan memudar dengan sendirinya, namun ada juga yang dirasa sangat mengganggu penampilan. Tak heran sebagian orang menjalani prosedur medis demi bisa menghilangkan atau menyamarkannya.

Ada berbagai cara menghilangkan bekas luka di wajah yang bisa ditempuh. Salah satunya dengan menggunakan krim atau gel. Untuk menangani bekas luka yang disebabkan oleh goresan benda tajam, krim dan salep atau gel penghilang bekas luka dapat menjadi pilihan. Biasanya, krim yang dijual bebas mengandung campuran steroid, vitamin E, dan silikon.

Selain kandungan steroid, dokter juga bisa meresepkan obat dengan kandungan antihistamin pada bekas luka yang gatal. Jika bekas luka diakibatkan oleh jerawat, maka disarankan untuk berkonsultasi ke dokter kulit sebelum memakai krim penghilang luka ini.

Manfaat Melanox

Nah saat ini sudah banyak apotek atau toko obat yang menjual krim untuk menghilangkan flek hitam dan noda bekas jerawat. Salah satunya yang bebas dijual adalah merek Melanox.

Ilustrasi: menghilangkan luka bekas jerawat dengan krim (sumber: hudabeauty.com)

Ilustrasi: menghilangkan luka bekas jerawat dengan krim (sumber: hudabeauty.com)

Ini adalah obat untuk mengatasi kulit wajah yang memiliki keluhan hiperpigmentasi karena beberapa hal, terutama akibat paparan sinar matahari. Hiperpigmentasi juga bisa disebabkan penggunaan obat kontrasepsi oral seperti pil KB.

Obat Melanox mengandung hydroquinone. Kandungan hidrokuinon di dalam obat bisa mengurangi pembentukan melanin di kulit wajah sehingga produksi pigmen coklat pun menurun. Kondisi hiperpigmentasi yang dimaksud seperti bintik-bintik hitam akibat pertambahan usia, noda hitam, melasma, kloasma, dan lainnya.

Namun, pemakaian obat Melanox harus dihindari apabila Anda memiliki kontraindikasi. Hal ini bisa mengakibatkan efek samping yang tidak baik bagi kulit Anda. Anda tidak dapat memakai obat Melanox apabila memiliki alergi atau hipersensitivitas terhadap kandungan hidrokuinon yang merupakan bahan aktif produk.

Selain itu, obat Melanox sebaiknya dihindari oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Karena, kandungan hidrokuinon pada obat Melanox mungkin bisa memberikan efek pada janin dan air susu ibu. Anak-anak yang berusia kurang dari 12 tahun juga sebaiknya tidak perlu memakai obat Melanox.

Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian ketika menggunakan obat Melanox, antara lain:

  • Hindarilah pemakaian obat Melanox di dekat area mata.
  • Hindari penggunaan untuk jangka panjang.
  • Hentikan penggunaan jika terjadi reaksi alergi atau iritasi.
  • Jangan menggunakan sabun pembersih wajah yang abrasif atau mengiritasi kulit.
  • Jangan menggunakan kosmetik yang bisa menimbulkan fotosensitivitas.
  • Sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit apabila Anda sedang menderita penyakit hati atau ginjal, asma, dan memakai obat antibiotik.
Kemasan krim Melanox (sumber: prelo.co.id)

Kemasan krim Melanox (sumber: prelo.co.id)

Dosis Melanox

Anda harus menggunakan obat Melanox sesuai dengan dosis yang dianjurkan dan aturan pakai. Hal ini penting agar Anda bisa terhindari dari efek samping yang tidak diinginkan dan berdampak buruk. Dosis Melanox yang umum adalah 1-2 kali pemakaian dalam sehari. Cukup oleskan krim secara tipis dan merata pada area yang memiliki keluhan. Pemakaian Melanox yang paling utama dan direkomendasikan adalah setengah jam sebelum tidur. Ingatlah untuk selalu membersihkan wajah Anda sebelum mengaplikasikan krim Melanox ke wajah.

Efek Samping Melanox

Ada beberapa efek samping Melanox yang mungkin terjadi pada beberapa kasus. Pada kasus hipersensitif, efek samping yang terjadinya biasanya adalah reaksi alergi berupa ruam kulit dan gatal-gatal ringan. Hentikan pemakaian dan segeralah berkonsultasi dengan dokter apabila Anda mengalami reaksi alergi tersebut. Pada kasus yang lebih parah, bisa menyebabkan iritasi kulit dan membuat kondisi kulit menjadi kemerahan, terbakar, pecah-pecah, melepuh, dan bahkan berdarah.

Harga Melanox

Obat Melanox yang ada memiliki tersedia dalam bentuk krim. Di pasaran, telah beredar dua varian obat Melanox, yakni yang biasa dan Melanox Forte. Keduanya sama-sama dikemas di dalam sebuah kemasan tube dengan berat bersih sebesar 15 gram. Melanox biasa mengandung hidrokuinon sebanyak 2%, sedangkan Melanox Forte mengandung hidrokuinon sebanyak 4%. Melanox biasa dijual dengan harga Rp36 ribuan, sementara Melanox Forte dijual lebih mahal, yakni Rp46 ribuan, tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

[Update: Almasshabur]

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: