Kelebihan Serum Foundation, Alas Bedak Populer di Kalangan Remaja

Foundation yang Banyak di gunakan Wanita - freepik: @valuavitalyFoundation yang Banyak di gunakan Wanita - freepik: @valuavitaly

Alas bedak atau yang lebih dikenal dengan nama foundation adalah pondasi dari keseluruhan tata rias yang menentukan kesempurnaan dalam berdandan.[1] Ada banyak jenis foundation yang dijual di pasaran dan yang sedang tren di kalangan para gadis adalah serum foundation. Make up base ini menjadi populer karena sudah di-review oleh banyak beauty blogger ternama. Alas bedak ini diklaim memiliki tekstur dan cara pemakaian yang unik dibanding varian foundation padat, cair, dan krim.

Keunggulan Serum Foundation

Dilansir dari HuffPost, tren make up mulai mengalami pergeseran dari memprioritaskan tampilan yang sempurna menjadi mementingkan kenyamanan dan perawatan dalam berdandan. Hal ini membuat sejumlah produk kosmetik mulai dikembangkan, dari yang semula hanya berfungsi sebagai penutup kulit wajah, kini memiliki fungsi untuk menutrisi kulit, dan salah satu produk kecantikan ini adalah serum foundation.

Sebelumnya, kebanyakan foundation yang beredar hanya berfungsi sebagai make up base untuk menutupi kekurangan di kulit wajah, antara lain bekas jerawat, bopeng, flek hitam, dan kurang meratanya warna kulit. Namun, saat ini telah hadir serum foundation yang lebih ringan dan tidak hanya bisa dijadikan make up base, tetapi juga sediaan perawatan kulit.

Baca juga:  Teknik Membersihkan Wajah Berlapis (Double/Triple Cleansing)

Menurut pendiri Skin Wellness Dermatology di Alabama bernama Corey L. Hartman, alas bedak serum atau serum foundation adalah alternatif ringan untuk alas bedak krim kental. Serum foundation biasanya berbahan dasar minyak atau silikon untuk memberikan perlindungan menyeluruh tanpa risiko penyumbatan pori. Selain itu, produk seperti ini juga ada yang terbuat dari bahan dasar wax atau lilin.

Cara Memakai Foundation Sendiri - freepik: @azerbaijan_stockers

Cara Memakai Foundation Sendiri – freepik: @azerbaijan_stockers

Serum foundation yang memiliki tekstur lebih cair dan ringan daripada foundation biasa mampu menghasilkan tema riasan yang lebih natural. Kebanyakan produk seperti ini juga memiliki sifat yang lebih transparan dibanding jenis alas bedak lainnya, sehingga bisa juga dijadikan sebagai coat atau cat finishing agar kulit wajah tampak bercahaya. Untuk memberi warna supaya serum foundation tidak transparan, Anda bisa memakai bedak tabur atau bedak padat yang sesuai dengan warna kulit Anda.

Keunggulan lain serum foundation adalah memiliki SPF yang cukup untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Anda tidak perlu khawatir dengan risiko kulit kusam dan belang saat memakai foundation ini. Selain itu, sifat foundation yang mudah diserap kulit membuat produk ini mampu melindungi kulit wajah hingga ke pori-pori bagian dalam.

Baca juga:  Cara Pakai BB Cream Pixy Agar Hasil Merata dan Tahan Lama

Beberapa produk serum foundation juga dilengkapi dengan moisturizer agen dan sejumlah bahan aktif yang mampu melembapkan atau menghidrasi kulit seperti asam hialuronat, niacinamide, dan gliserin. Sehingga, tidak seperti foundation lain yang mampu membuat kulit Anda kering dengan tampilan make up yang cracky, foundation ini diklaim membuat kulit tampak dewy dengan hasil yang mulus.

Meskipun begitu, tidak semua orang cocok dengan serum foundation. Menurut review konsumen, beberapa produk serum foundation yang mengandung minyak berlebihan tidak cocok untuk kulit berminyak dan berpori besar. Hal ini karena minyak pada produk mampu meningkatkan kadar minyak dalam kulit dan menyebabkan jerawat atau sebum.

Setelah mengetahui keunggulan serum foundation seperti di atas, apakah Anda tertarik membelinya? Sebelumnya, pastikan Anda memilih produk yang tepat untuk kulit Anda dan berikut adalah rekomendasi beberapa produk serum foundation yang telah dijual di pasaran Indonesia.

Make Up Wajah setelah Menggunakan Foundation - freepik: @freepik

Make Up Wajah setelah Menggunakan Foundation – freepik: @freepik

Rekomendasi Serum Foundation

  • Pixy Stay Last Serum. Ini merupakan serum foundation dengan tekstur yang sangat cair dan mengandung vitamin E, argan oil, serta vitamin C. Meskipun terbilang ringan, alas bedak ini memiliki tingkat high coverage dengan hasil natural matte yang halus. Menurut review konsumen, produk ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering dan normal.
  • Bourjois Healthy Mix Serum Foundation. Alas bedak ini memiliki tekstur yang mirip dengan serum wajah dan mengandung ekstrak buah leci, ekstrak pomegranate, serta ekstrak goji berry. Hasil pemakainya adalah natural dan medium coverage. Produk ini diklaim cocok untuk Anda yang memiliki kulit wajah berminyak dan sensitif.
  • The Ordinary Serum Foundation. Alas bedak ini memiliki tekstur yang kental dan hampir mirip dengan foundation cair. Hasil akhir penggunaan produk adalah semi-matte dengan medium coverage. Produk ini diklaim kurang cocok bagi Anda yang memiliki kulit kering dan lebih cocok bagi Anda yang memiliki kulit berminyak.
Baca juga:  Jangan Asal Ikut Tren Kecantikan, Kenali Dulu Bahaya Dermal Filler!

Supaya Anda tidak salah memilih serum foundation, Anda perlu mengetahui formula yang ada pada produk. Sesuaikan kebutuhan kulit Anda dengan bahan-bahan yang terkandung dalam produk. Selain itu, pilihlah alas bedak yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

[1] Bunga, Putri Sintya & Murni Astuti. 2019. Perbandingan Hasil Pengaplikasian Foundation untuk Rias Malam Hari pada Kulit Wajah Kering. Jurnal Kapita Selekta Geografi Universitas Negeri Padang, Vol. 2(7): 131-148.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: