Resep & Cara Membuat Sambal Pisang Goreng Khas Makassar

Sanggara peppe/pisang goreng dengan sambal khas Makassar (youtube: Citra's Kitchen)Sanggara peppe/pisang goreng dengan sambal khas Makassar (youtube: Citra's Kitchen)

Kota Makassar merupakan kota yang terkenal memiliki beragam jajanan olahan pisang terbanyak dari kota lainnya. Produk olahan pisang yang cukup terkenal di Kota Makassar adalah pisang ijo, pisang epe, pallubutung, barongko, sanggarabalanda, pisang peppe, dan lain sebagainya.[1]Dari sekian banyak olahan pisang khas Sulsel tersebut, beberapa dari Anda mungkin masih asing dengan sajian pisang peppe atau pisang gepuk khas Makassar. Berbeda dari pisang goreng manis yang biasa kita makan, gorengan satu ini disajikan dengan sambal terasi yang pedas menggigit. Wah, kira-kira seperti apa ya rasanya?

Pisang peppe memiliki sebutan lain, yakni sanggara peppe. Sanggara sendiri dalam Bahasa Indonesia artinya goreng. Sanggara peppe merupakan pisang yang digoreng. Hal itulah yang membedakannya dengan pisang epe. Jika pisang epe diolah dengan cara dibakar, maka pisang peppe diolah dengan cara digoreng. Sayangnya, sebagian orang mungkin lebih familiar dengan sajian pisang epe daripada pisang peppe. Padahal pisang peppe juga tak kalah nikmat.

Baca juga:  Bagaimana Cara Agar Kulit Menjadi Putih? Simak Tips Berikut Ini!

Perbedaan lainnya antara pisang epe dan pisang peppe adalah jenis pisang yang digunakan. Pisang epe biasanya memakai pisang setengah matang atau mengkal. Nah, pisang peppe justru lebih bagus dan nikmat rasanya bila menggunakan bahan baku pisang mentah. Sanggara peppe bisa dibuat dari semua jenis pisang. Hal yang menjadi ciri khas dari sajian sanggara peppe adalah sambalnya.

Jika dihidangkan tanpa sambal, pisang peppe akan terasa sangat hambar. Sebaliknya, bila disajikan dengan sambal, maka sajian pisang peppe terasa lebih nikmat. Semakin pedas sambalnya, maka sensasi makan pisang peppe lebih menarik lagi. Bagi Anda penggemar kuliner pedas, pisang goreng Makassar alias pisang peppe dapat menjadi cemilan yang menggugah selera. Tak hanya di kala senggang, mengonsumsi pisang peppe juga dapat membuat perut terasa kenyang. Ketika disantap, akan ada perpaduan rasa gurih, renyah, dan juga pedas yang sangat menarik.

Untuk membuat pisang peppe pun tak terlalu sulit dan juga bahan-bahannya mudah didapatkan. Anda setidaknya perlu menyiapkan pisang yang masih mentah, minyak, dan bahan sambal terasi. Daripada penasaran, simak langkah-langkah membuat pisang goreng Makassar lengkap dengan resep sambal terasinya berikut.

Baca juga:  Penasaran Dengan Ladoo? Manisan Sederhana Khas India

Resep Sambal Pisang Goreng Makassar

Sanggara peppe/pisang goreng dengan sambal khas Makassar (sumber: budaya-indonesia.org)

Sanggara peppe/pisang goreng dengan sambal khas Makassar (sumber: budaya-indonesia.org)

Bahan Pisang Goreng Makassar

  • 7 buah pisang kepok mentah
  • 3 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • 1 bungkus terasi
  • Secukupnya cabai rawit dan cabe keriting
  • Secukupnya gula, garam, dan penyedap rasa
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Pisang Goreng Makassar

  1. Kupas terlebih dahulu pisang kepok mentah. Agar tangan tidak terkena getah, Anda bisa mengupas pisang kepok mentah di dalam air.
  2. Goreng pisang kepok sampai setengah matang.
  3. Angkat dan peppe (pukul) pisang dengan ulekan sampai agak pipih. Ingat, jangan memukulnya sampai terlalu pipih supaya teksturnya tidak menyerupai keripik pisang. Lakukan sampai pisang habis.
  4. Goreng pisang yang sudah dipeppe (dipukul) sampai berwarna kuning keemasan, lalu angkat.
  5. Siapkan wajan kecil dengan sedikit minyak. Goreng cabe, bawang, dan tomat hingga matang.
  6. Sambil menggoreng, bakar terasi pada api kompor sampai harum.
  7. Angkat bahan sambal, kemudian ulek sampai halus. Tambahkan gula, garam, terasi, dan penyedap rasa.
  8. Koreksi rasa. Apabila sudah pas, siram sambal dengan minyak panas.
  9. Pisang goreng Makassar alias sanggarapeppe khas Bugis pun siap dihidangkan dengan sambel terasi.
Baca juga:  5 Manfaat Lidah Buaya untuk Bibir yang Sehat dan Cantik

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Beberapa orang juga kerap membuat variasi sambal pisang goreng Makassar dengan menambahkan kemangi ke dalam sambal. Jika Anda suka sambal yang beraroma wangi, Anda mungkin juga bisa mencoba menambahkan kemangi. Pisang kepok yang masih mentah biasanya memiliki cita rasa yang belum manis atau cenderung tawar. Jika dicocol dengan sambal terasi, maka sajian ini akan terasa gurih dan legit untuk dinikmati saat bersantai bersama keluarga. Tertarik untuk mencoba di rumah?

[1]Yanti, DN dkk. 2019. Pelatihan Pengolahan “Kerupuk PA’KUPAS” pada Masyarakat Panti Asuhan Setia Karya. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian. 5(2): 105-112.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: