Resep Puding Sedot (Pudot) yang Murah & Enak untuk Jualan

Resep Puding Sedot - (Youtube: Domo Bramantyo) Resep Puding Sedot - (Youtube: Domo Bramantyo)

Saat berjalan-jalan ke mall atau pusat perbelanjaan, Anda mungkin sudah sering mendengar atau setidaknya mencicipi kelezatan dessert bernama puding sedot. Pudot atau yang kerap disebut pudding puyo ini biasanya disajikan dengan cara disedot langsung dari kemasannya, oleh sebab itu dinamakan puding sedot.

Berbeda dari puding pada umumnya yang cenderung agak padat, puding sedot memiliki tekstur yang sangat lembut dan tak butuh tenaga untuk mengunyahnya dalam mulut. Sebab ketika disedot biasanya teksturnya benar-benar seolah akan lumer begitu saja dalam mulut. Beberapa orang juga menyebut jajanan ini dengan nama silky pudding karena teksturnya yang selembut sutra.

Selain bisa dibeli di pusat-pusat perbelanjaan, puding sedot juga bisa dibuat sendiri di rumah dengan -bahan yang sangat mudah ditemukan di minimarket. Yang lebih menarik lagi, puding sedot kreasi Anda ini juga bisa dijual di toko-toko yang ada di sekitar rumah Anda loh! Anda bisa mengemas puding sedot di sebuah standing pouch transparan, plastik lucu berbentuk buah-buahan, cup kecil, botol kecil dari plastik, atau bisa juga dikemas dalam plastik panjang yang biasa dipakai untuk es mambo. Agar tidak penasaran, yuk simak puding sedot untuk jualan berikut ini!

Resep Puding Sedot - (Youtube: Domo Bramantyo)

Resep Puding Sedot – (Youtube: Domo Bramantyo)

Resep Puding Sedot Langsung Enak

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan:

  • 1 bungkus Nutrijell Plain (tanpa rasa) besar
  • 1 kaleng kental manis putih full cream (atau bisa juga dengan 2-3 bungkus bubuk Dancow) + 1.000 ml air matang (aduk rata)
  • 15 sendok makan gula pasir (disesuaikan dengan selera).
  • 1.500 ml air putih
  • 2 sendok makan maizena (larutkan dengan 2 sendok makan air)
  • Pasta sesuai selera (rasa nangka, anggur, strawberry, coklat, dan lain-lain)

Cara Membuat Pudot:

  1. Campurkan semua bahan menjadi satu di sebuah panci.
  2. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk hingga panas supaya susu tidak pecah. Jangan sampai memasak adonan tanpa diaduk supaya susu tidak bau gosong.
  3. Setelah panas, masukkan tepung maizena. Aduk terus hingga mendidih, matikan api.
  4. Tetap aduk adonan hingga uap panas hilang dan adonan menjadi agak dingin.
  5. Kemudian bagi adonan menjadi beberapa bagian untuk diberi pasta sesuai dengan selera.
  6. Masukkan adonan yang telah dicampurkan pasta tadi dalam botol, plastik, atau kemasan apapun dengan menggunakan corong atau botol yang mulutnya lancip.
  7. Masukkan ke dalam kulkas (bagian pendingin), bukan bagian freezer dan pudot siap untuk disantap untuk dijual.

Resep Es Lilin Puding Sedot

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan:

  • 1 bungkus Nutrijel plain (tanpa rasa) ukuran 15 gram
  • 1 kaleng susu kental manis putih
  • 1.900 ml air mentah (kurang lebih takaran 6 kaleng susu kental manis)
  • 2 sendok makan tepung maizena (larutkan dengan 150 ml air atau bisa menggunakan takaran 1/2 kaleng susu kental manis)
  • Plastik es lilin ukuran 2,5 x 20 cm

Warna dan Perasa:

  • 1 sachet susu Milo bubuk
  • 1 sachet Pop Ice rasa strawberry
  • 1 sachet Pop Ice rasa melon
  • 1 sachet Pop Ice rasa grape (bisa juga menggunakan rasa apa saja sesuai dengan selera. Yang penting takaran untuk per 500 ml liter air menggunakan 1 sachet perasa. Namun jika menggunakan pasta makanan, maka takarannya cukup 1-2 tetes saja untuk 500 ml air)

Cara Membuat Es Lilin Puding Sedot:

  1. Siapkan panci, masukkan bubuk Nutrijell plain, susu kental manis, dan 1,9 liter air. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Masukkan larutan tepung maizena, aduk kembali sampai rata.
  3. Jika adonan sudah tercampur dengan baik, letakkan panci di atas kompor, masak di atas api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih. Jika sudah mendidih, matikan api.
  4. Tunggu 1-3 menit sambil adonan diaduk sebentar. Kemudian bagi adonan menjadi 4 bagian atau sesuai berapa rasa yang hendak Anda pakai.
  5. Beri perasa pada tiap adonan. Per 500 ml adonan gunakan 1 perasa, lalu aduk rata. Biarkan uap panasnya hilang, dan segera masukkan ke dalam plastik es lilin mambo ukuran 2,5 x 20 cm.
  6. Bekukan dalam freezer selama 8 jam dan es lilin pudot siap untuk disantap.

Puding sedot alis pudot memang menjadi sajian sederhana yang enak dan juga banyak disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Rasanya yang manis dan segar tentunya akan menarik perhatian siapa saja untuk menyantapnya. Oleh sebab itu, apabila Anda ingin jualan pudot, tak ada salahnya untuk mencoba resep-resep yang telah dijabarkan di atas.

Resep Puding Sedot - (Youtube: Domo Bramantyo)

Resep Puding Sedot – (Youtube: Domo Bramantyo)

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pudot sebenarnya cukup murah meriah. Sebagai contoh, pada resep pertama pudot Anda setidaknya dapat menghasilkan sekitar 37 pcs pudot yang dikemas dalam kemasan plastik kekinian berbentuk buah-buahan. Harga jual puding sedot yang dikemas dalam kemasan plastik buah biasanya cukup murah, hanya Rp 2 ribuan saja. Bisa dihitung sendiri, jika 37 pcs pudot dikalikan Rp 2.000, maka setidaknya Anda bisa mendapatkan hasil Rp 74.000. Sedangkan untuk membeli bahan pudot juga diperkirakan tidak sampai Rp 30 ribu. Cukup menguntungkan bukan?

Hitung saja jika Anda berjualan pudot setiap hari dengan keuntungan antara Rp 40-50 ribu per hari. Dalam 30 hari (1 bulan) Anda setidaknya dapat meraup profit atau laba mencapai Rp 1,5 juta. Cukup menarik bukan jika dijadikan pekerjaan sampingan?

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: