Resep Membuat Cemilan Sumpia Pisang yang Enak & Gurih

Sumpia Pisang - traditionalcake.id

Sumpia termasuk kering khas Cirebon yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Selain untuk cemilan sehari-hari, sumpia juga kerap disuguhkan ketika Lebaran atau perayaan lainnya. Sumpia yang ada di pasaran biasanya berisi abon sapi, ebi, atau udang rebon yang gurih dan menggugah selera. Namun kini juga banyak yang mulai mengkreasikan resep jajanan sumpia dengan isian lain seperti keju, cokelat, atau pisang.

Pada dasarnya membuat sumpia pisang hampir sama seperti membuat lumpia, namun dengan yang lebih mini dan tekstur yang cenderung lebih renyah. Jika Anda tertarik untuk membuat sumpia pisang sendiri di rumah, Anda bisa menyimak resep sumpia pisang berikut ini!

Sumpia Pisang - www.pusatbisnissyariah.com

Sumpia Pisang – www.pusatbisnissyariah.com

-Bahan yang Dibutuhkan

  • Kulit lumpia atau spring roll pastry ukuran kecil 12.5 cm x 12.5 cm secukupnya
  • Buah pisang kepok secukupnya
  • Air untuk merekatkan spring roll
  • Minyak untuk menggoreng
  • Meises atau keju (sesuaikan dengan selera)
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Sumpia Pisang

  1. Keluarkan kulit lumpia atau spring roll dari kulkas, biarkan sampai lunak. Ambil beberapa lembar sekaligus dan potong menjadi 4 bagian menggunakan pisau atau gunting. Lepaskan kulit satu per satu dari kulit lainnya.
  2. Isi bagian dalam (ujung) kulit spring roll dengan irisan pisang kecil, sesuaikan dengan ukuran kulit lumpia yang hendak dipakai membungkus pisang. Anda bisa menambahkan sedikit meises atau parutan keju secukupnya agar sumpia pisang terasa lebih lezat dan lumer saat disantap. Usahakan untuk tidak memberi isian terlalu banyak agar lebih mudah saat digulung.
  3. Setelah diisi dengan pisang, Anda bisa melipat spring roll tersebut. Cara melipat sumpia cukup mudah, setelah diberi isian, gulung sedikit ujung spring roll untuk menutupi isiannya. Kemudian lipat spring roll layaknya melipat amplop, dimulai dari ujung kiri dan kanan, dilanjutkan dengan menggulung spring roll hingga hampir mencapai ujung bagian atas. Sisakan sedikit ujungnya untuk direkatkan menggunakan sedikit air yang dioleskan di pinggir-pinggir kulit sumpia. Lalu gulung sampai tertutup seluruhnya.
  4. Goreng sumpia dalam api kecil tapi panas dan angkat ketika sumpia masih berwarna kuning keemasan. Jangan menunggu sumpia berwarna kecokelatan, karena setelah diangkat biasanya masih ada proses pemasakan yang berlanjut dan dapat menyebabkan sumpia terlihat gosong.
  5. Angkat dan tiriskan. Simpan dalam wadah kedap udara.

Apabila Anda ingin berkreasi lebih lanjut, Anda bisa mengganti isian sumpia tersebut dengan abon sapi, ebi, atau udang rebon. Namun biasanya untuk membuat sumpia dengan isian asin semacam ebi atau udang rebon dibutuhkan beberapa bumbu tambahan seperti gula dan garam hingga penyedap rasa. Takaran manis dari sumpia pisang kreasi Anda bisa disesuaikan dengan selera.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: