Murah dan Mudah, Ini Resep Kulit Lumpia Anti Sobek

Kue lumpia (sumber: wikihow)Kue lumpia (sumber: wikihow)

Sangat mudah menemukan jajanan lumpia jika Anda berada di Semarang. Sementara itu, bagi Anda yang jauh dari ibukota Jateng, tidak perlu khawatir. Anda masih bisa membuat lumpia sendiri di rumah dengan resep yang sederhana. Agar rasa lumpia Anda makin lezat, Anda bisa mencoba membuat kulit lumpia sendiri yang anti sobek dan krispi jika digoreng.

Lumpia sendiri sebenarnya bukan 100% kuliner asli Indonesia. Lumpia merupakan makanan hasil perpaduan budaya Tionghoa dan Jawa.[1] Ciri khas jajanan tersebut, selain isiannya, juga kulitnya. Ada dua macam kulit lumpia berdasarkan cara pembuatannya, yaitu kulit lumpia teflon dan gilas.

Cara Membuat Kulit Lumpia Gilas

Kulit lumpia gilas memiliki tekstur yang lebih lembut dan lembap dibanding kulit lumpia teflon, cocok untuk Anda yang ingin membuat lumpia basah. Cara membuat kulit lumpia gilas anti sobek tidaklah sulit, bahkan Anda hanya memerlukan tiga bahan, yaitu tepung, air, dan garam.

Untuk membuat kulit lumpia sebanyak 5 hingga 7 porsi, Anda memerlukan tepung serbaguna sebanyak 400 gr, air sebanyak 150 ml, dan garam seperempat sendok teh atau secukupnya. Jika Anda suka kulit lumpia yang gurih dan asin, Anda bisa menambahkan lebih banyak garam.

Baca juga:  Update Resep dan Cara Memasak Rumput Laut Kering Jadi Hidangan Yang Lezat
Ilustrasi: menggilas adonan sampai pipih

Ilustrasi: menggilas adonan sampai pipih

Siapkan mangkuk atau wadah plastik berukuran sedang, lalu tuangkan garam dan tepung terigu. Aduk dua bahan tersebut hingga rata, setelah itu tuangkan air sedikit demi sedikit sambil adonan diaduk. Setelah cukup kalis, bentuk adonan menjadi bulatan besar dan biarkan pada wadah selama 15 menit. Agar adonan dapat mengembang dengan sempurna, tutup bagian atas wadah dengan serbet yang bersih.

Keluarkan adonan dari wadah dan letakkan pada bidang datar, bagi adonan menjadi 5 hingga 7 bagian dengan porsi yang sama. Bentuk adonan menjadi bulatan seperti bola dan gilas menggunakan rolling hingga tipis. Usahakan ketipisan adonan sama rata di tiap sisinya, untuk mencegah adonan sobek saat dimasak. Adonan yang sudah digilas harus segera diolesi dengan minyak dan tepung. Setelah itu, tumpuk adonan dengan adonan lainnya yang sudah digilas dan dioles minyak serta tepung. Ulangi hingga adonan habis.

Panaskan teflon dengan api kecil dan masak adonan satu per satu, kira-kira 2 menit hingga pinggiran adonan agak kaku. Setelah kulit lumpia matang, matikan kompor dan biarkan kulit lumpia dingin. Setelah dingin, Anda baru bisa melepasnya dari teflon. Lakukan hal tersebut hingga semua adonan matang.

Baca juga:  Resep Cookies Paling Mudah & Sederhana untuk Dibuat Oleh Pemula

Kulit Lumpia Teflon

Kulit lumpia teflon memiliki proses pembuatan lebih sederhana dibanding kulit lumpia gilas, karena Anda tidak perlu alat untuk memipihkan adonan. Untuk membuat kulit lumpia teflon, siapkan 5 sendok makan tepung terigu protein rendah, 2 sendok teh garam, 250 ml air, 1 sendok teh baking powder, dan margarin sebagai bahan olesan teflon.

Proses pembuatan kulit lumpia (sumber: malangtimes.com)

Proses pembuatan kulit lumpia (sumber: malangtimes.com)

Siapkan wadah berupa mangkuk plastik berukuran sedang dan masukkan semua bahan, kecuali air. Aduk semua bahan hingga tercampur rata, lalu tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan kecepatan rendah. Pastikan tidak ada tepung yang menggumpal pada adonan kulit lumpia Anda karena akan mengganggu proses pemanggangan. Adonan lumpia teflon sendiri harus bertekstur agak cair.

Siapkan teflon dan nyalakan kompor dengan api kecil. Setelah wajan agak panas, olesi dengan mentega hingga rata. Pakailah kuas untuk menuangkan adonan pada teflon yang sudah panas secara tipis, sehingga adonan lumpia memiliki ketebalan yang sama pada tiap ujungnya. Setelah bagian tengah kulit lumpia tidak menempel di wajan, angkat dan letakkan pada piring dengan alas tisu.

Baca juga:  Langkah Sederhana Membuat Asinan Nanas Khas Bogor

Sebagai tips, oleskan adonan cair sebanyak dua kali pada teflon panas hingga rata, sehingga kulit lumpia tidak mudah sobek dan tetap krispi di bagian ujungnya. Angin-anginkan kulit lumpia teflon yang sudah jadi dan biarkan hingga dingin sebelum diisi.

Itulah resep membuat kulit lumpia anti sobek. Untuk isiannya, Anda bisa menggunakan berbagai macam bahan dapur, mulai rebung, ayam bumbu, daging sapi, hingga aneka seafood. Sebagai tips bagi Anda yang ingin membuat lumpia goreng, setelah lumpia diisi, bisa dicelup telur sebelum digoreng. Selain menambah gurih, telur akan membuat tekstur kulit menjadi lebih krispi.

[1] Susanti, Indah Ella. 2015. Lumpia Semarang pada Masa Orde Baru (Lumpia Sebagai Identitas Budaya Etnis Tionghoa Peranakan Semarang). AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, Vol. 3(3): 384-390.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: