Resep Membuat Kecambah Kedelai dan Harga di Pasaran

Tauge/kecambah kedelai (sumber: etsy.com)Tauge/kecambah kedelai (sumber: etsy.com)

Tumis tauge menjadi salah satu menu masakan rumahan yang populer bagi masyarakat Indonesia. Banyak resep masakan yang mengusung bahan baku dari tauge. Tak heran, jika taoge yang berasal dari kecambah kedelai tersebut cukup laris di pasaran. Harga kecambah kedelai (tauge) terbilang murah di pasaran.

Mengulas asal muasal tauge atau kecambah kedelai tentu Anda harus berkenalan dengan bahan berprotein tinggi terlebih dulu yakni kacang kedelai. Kedelai mempunyai nama ilmiah Glycine max L termasuk dalam famili leguminosae dan genus glycine. Kedelai mempunyai kandungan protein 35% dan tumbuh di tempat dengan ketinggian 0-500 meter di atas permukaan air laut. Iklim yang cocok untuk kedelai yakni iklim tropis dengan tekstur tanah yang gembur, lembap, dan tidak tergenang air. Bagian-bagian kedelai meliputi akar, batang, daun, bunga, dan buah.[1]

Menurut warnanya, kedelai dibedakan menjadi dua macam yakni kedelai warna putih dan hitam. Kedelai hitam mengandung serat sebanyak 3,2 gram per 100 gram bahan. Kedelai hitam juga mengandung protein, karbohidrat, vitamin A, vitamin B, kalium, kalsium, magnesium, dan fosfor. Manfaat kedelai hitam untuk memperlancar buang air kecil, memperlambat penuaan, dan mengurangi risiko terkena stroke.[2]

Baca juga:  Review Produk Maybelline Clear Smooth Mineral BB Cream

Kedelai dapat dimanfaatkan untuk dapat dimanfaatkan untuk makanan manusia, ternak, dan bahan industri (cat, lak, insektisida). Sedangkan makanan yang terbuat dari kedelai yakni blendung kedelai, kedelai rebus, kedelai goreng, dan tahu serta tempe. Tak hanya itu, olahan kedelai menjadi kecambah atau kerap disebut tauge juga dapat dijadikan menu masakan yang lezat seperti oseng atau tumis tauge. Anda dapat mencoba membuat kecambah kedelai dengan cara yang cukup mudah di rumah.

Resep Membuat Kecambah Kedelai

Tauge/kecambah kedelai (youtube: Khang Starr)

Tauge/kecambah kedelai (youtube: Khang Starr)

Bahan Kecambah Kedelai

  • 1 cangkir kedelai untuk ditumbuhkan setara 6,5 ons atau 180 gr
  • Air secukupnya
  • Wadah (mangkuk)
  • Kain (serbet)
  • Baskom

Cara Membuat Kecambah Kedelai

  1. Cuci kedelai dengan air dingin, buanglah kedelai yang busuk atau kedelai yang rusak dan rendam selama 24 jam.
  2. Setelah itu tiriskan, tempatkan pada wadah (mangkuk) yang di bagian bawahnya memiliki lubang-lubang kecil.
  3. Tuangkan air pada kedelai tersebut, sedikit demi sedikit, sampai semua biji kedelai basah merata.
  4. Lalu, tutupi dengan kain untuk mencegah cahaya masuk. Jika terlalu banyak cahaya masuk, kacang akan berubah menjadi hijau bukan warna kuning yang bagus.
  5. Lakukan penyiraman setiap 3-4 jam selama 4 sampai 6 hari hingga kacang tumbuh sekitar 4 inci. Setelah empat hari kecambah kedelai sudah dapat dipanen.
  6. Setelah semua proses selesai, tiriskan kecambah kedelai.
Baca juga:  Manfaat Tepung Ganyong dan Cara Mengolahnya

Kecambah kedelai pun siap diolah menjadi beragam menu masakan istimewa, agar lebih segar simpanlah di dalam lemari es. Jika tak ingin repot, sebenarnya, Anda dapat langsung membeli kecambah kedelai atau tauge di pasaran dengan harga bervariasi tergantung tempat pembelian.

Harga Kecambah Kedelai (Tauge) di Pasaran

Tauge kedelai (sumber: maangchi.com)

Tauge kedelai (sumber: maangchi.com)

Varian Kecambah Kedelai (Tauge)Harga (Rp)
Tauge Bangkok kecambah kedelai per pack3.500
Toge Kecambah Kacang Kedelai Fresh Segar per pack4.000
Fresh box sayur kecambah kedelai 100 gr5.000
Sayur Kecambah kedelai (tauge) pendek 250 gr7.500

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Tak sulit menemukan kecambah kedelai (tauge), karena tersedia di pasaran maupun toko kelontong terdekat. Harga kecambah kedelai yang ditawarkan juga bervariasi tergantung jenis dan tempat Anda membeli. Sebelum membeli, pastikan kecambah kedelai masih segar.

Baca juga:  Waspada Paparan Sinar UV Berlebihan Bisa Merusak Mata!

Untuk memastikan kecambah kedelai tetap segar dan awet, pisahkan terlebih dulu kecambah yang bagus dari kotoran. Selain kulit kacang dan ekor hitam, tauge yang sudah lembek dan tidak segar juga wajib dipisahkan serta dibuang, supaya tidak mempercepat pembusukan tauge segar lainnya. Terdapat beberapa cara yang dilakukan untuk menyimpan tauge agar tetap segar di dalam kulkas.

Anda dapat memasukkan kecambah kedelai ke wadah berisi tisu dapur dan tutup rapat. Cara lainnya yakni dimasukkan ke plastik berisi air dan diikat rapat. Jika Anda memiliki wadah tertutup, akan lebih baik menyimpan tauge ke dalamnya bersama air dan jeruk nipis. Cara tersebut dapat membuat kesegaran tauge bertahan hingga 4 hari lamanya.

[1] Mashudi. Bercocok Tanam Palawija. (Jakarta: Azka Press, 2007), hlm. 25

[2] Rusilanti dan Clara. Sehat dengan Makanan Berserat. (Jakarta: AgroMedia, 2007), hlm.19

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: