Resep dan Cara Memasak Rumput Laut Kering Jadi Hidangan yang Lezat

Rumput Laut Kering Jadi Hidangan yang Lezat - www.healthline.com

rumput laut yang beredar di pasaran memang ada bermacam-macam. Beberapa dari Anda mungkin lebih mengenal rumput laut seperti Eucheuma cottonii yang biasanya banyak dimanfaatkan untuk membuat agar-agar atau kerap diolah menjadi es buah atau sebagainya, lalu ada juga nori, hingga rumput laut ‘myeok’ yang oleh orang-orang Korea Selatan kerap diberikan pada seseorang yang baru melahirkan atau sedang berulang tahun.

Rumput laut jenis cottoni memiliki tekstur yang renyah dan rasanya cenderung tawar. Cottoni dikenal kaya akan kandungan serat yang baik untuk melancarkan pencernaan. Rumput laut biasanya dijual dalam kondisi kering agar lebih tahan disimpan hingga 1 tahun, asalkan disimpan di tempat yang kering atau tidak lembap.

Sebelum mengolah rumput laut tersebut, Anda tentunya perlu membersihkan rumput laut kering sampai bersih lalu merendam rumput laut di dalam air tawar selama 2 jam sambil airnya diganti setiap 30 menit sekali. Kemudian jika sudah mengembang, rumput laut bisa ditiriskan untuk kemudian dipotong-dipotong dan dicampur bersama sirup atau buah-buahan lain agar menjadi sajian es rumput laut yang lezat.

Bila sudah melalui perendaman hingga mengembang, rumput laut bisa disimpan dalam rendaman air tawar selama 3-4 hari, namun air rendamannya harus diganti minimum 2 kali dalam sehari. Tetapi jika disimpan dalam freezer, rumput laut tersebut dapat bertahan hingga 1 bulan. Lalu bagaimana cara membersihkan rumput laut kering kemasan jenis myeok yang ukurannya memanjang? Berikut ulasan lengkapnya.

Rumput Laut Kering - indonesian.alibaba.com

Rumput Laut Kering – indonesian.alibaba.com

Cara Membersihkan Rumput Laut

  1. Usahakan untuk membeli rumput laut secukupnya, sejumlah yang ingin Anda olah saja. Jangan membeli rumput laut berlebihan sampai akhirnya bersisa dan terbuang sia-sia.
  2. Tempatkan rumput laut dalam wadah saringan, lalu bilas menggunakan air dingin agar menghilangkan berbagai kotoran yang menempel.
  3. Panaskan air secukupnya dalam panci yang cukup untuk rumput laut Anda, lalu didihkan.
  4. Setelah air mendidih, masukkan rumput laut ke dalamnya dan masak sebentar selama 2 menit saja.
  5. Lalu di sebuah wadah terpisah, siapkan 1 liter air es.
  6. Angkat rumput laut dan letakkan di wadah saringan lalu dan segera siram dengan air mengalir.
  7. Masukkan rumput laut ke dalam air es dan biarkan terendam sekitar 5 menit untuk menghentikan proses memasaknya dan agar rumput laut tidak terlalu lunak.
  8. Setelah itu, angkat dan tiriskan rumput laut. Anda bisa mengolah rumput laut yang telah dibersihkan itu menjadi berbagai resep masakan, entah sup, tumisan, atau sebagainya.

Cara Mengolah Rumput Laut Kering Menjadi Sup ala Korea (Miyeokguk)

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan:

  • 100-200 gram daging sapi cincang (Anda bisa menggantinya dengan daging ayam, udang, atau sesuai selera)
  • 3 siung bawang putih
  • Air secukupnya
  • Garam halus secukupnya
  • Minyak wijen secukupnya

Cara Memasak Sup Rumput Laut:

  1. Tuangkan air putih matang yang telah dingin ke dalam mangkuk, lalu rendam rumput laut kering di dalamnya. Tunggu sampai rumput laut mulai melunak.
  2. Sambil menunggu rendaman rumput laut, Anda bisa mencincang bawang putih sampai halus.
  3. Potong daging menjadi berbentuk kotak atau bisa juga dicincang.
  4. Tuangkan minyak wijen dalam wajan yang telah dipanaskan. Tumis bawang putih sampai wangi, masukkan potongan daging ke dalamnya. Aduk rata.
  5. Tuangkan air secukupnya ke dalam wajan, dan tambahkan pula rumput laut yang telah direndam. Aduk sampai semuanya tercampur sata.
  6. Masukkan bumbu seperti garam dan penyedap secukupnya.
  7. Aduk sekali lagi dan tunggu beberapa menit sampai kuah mendidih.
  8. Angkat wajan dan sajikan sup rumput laut selagi hangat.

Cara Mengolah Rumput Laut Kering Menjadi Tumis Rumput Laut (Wakame Salad)

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan:

  • 1 genggam Rumput Laut kering
  • 4 lembar Beef Burger
  • 2 sdm Mentega
  • 3 siung Bawang Putih
  • 3 siung Bawang Merah
  • 5 buah Cabe Rawit
  • 1 sdm Kecap Ikan
  • 1 sdm Minyak Wijen
  • Garam dan lada bubuk secukupnya

Cara Memasak Tumis Rumput Laut:

  1. Rendam rumput laut kering ke dalam sebuah mangkuk berisi air sampai lunak. Lalu iris tipis.
  2. Potong kecil burger.
  3. Iris tipis bawang putih, bawang merah, dan cabe rawit.
  4. Panaskan mentega dalam wajan. Tumis bumbu iris hingga harum. Lalu masukkan beef burger, aduk rata sampai agak kering.
  5. Masukkan kecap ikan, garam, dan lada secukupnya. Aduk rata.
  6. Masukkan rumput laut, matikan kompor. Aduk rata, lalu yang terakhir masukkan minyak wijen dan aduk lagi sampai semuanya tercampur rata.
  7. Tumis rumput laut pun siap untuk dihidangkan.

Rumput laut jenis myeok kerap diberikan pada ibu yang baru melahirkan bukan hanya sekadar tradisi bagi Korea Selatan, tetapi karena myeok dianggap kaya akan kandungan yang dapat melancarkan ASI (air susu ibu). Hal penting lainnya yang perlu Anda ketahui, semangkuk rumput laut mentah atau rumput laut wakame disebut-sebut mengandung kurang dari 20 kalori.

Cara Memasak Rumput Laut Kering - bahanmakanankorea.com

Cara Memasak Rumput Laut Kering – bahanmakanankorea.com

Rumput laut juga menawarkan sejumlah yang menakjubkan, antara lain dapat membantu mempertahankan atau menurunkan berat badan, membantu mempercepat penyembuhan luka, menguatkan tulang dan gigi, meningkatkan energi, baik dikonsumsi oleh penderita diabetes dan kolesterol, menghindarkan Anda dari pembengkakan kelenjar tiroid, kaya akan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, dan masih banyak lagi.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: