Resep & Cara Mudah Membuat Kue Mentega Sederhana

Kue Mentega Sederhana - www.hungryforever.com

Kue kering memang menjadi salah satu sajian yang dinanti-nantikan dalam beberapa momen penting seperti Hari Raya Lebaran atau bahkan perayaan Natal. Makanan ringan ini cocok untuk menjadi pendamping secangkir kopi atau teh dan bisa membuat obrolan Anda bersama rekan atau keluarga terasa lebih hangat. Ada beragam jenis kue kering yang dikenal oleh masyarakat, mulai dari nastar, kastengel, putri salju, lidah kucing, kue kacang, semprit, atau kue mentega.

Masing-masing kue kering tersebut memiliki rasa dan ciri khas tersendiri. Bagi Anda yang merupakan pemula dan ingin coba-coba membuat kue kering sendiri di rumah, Anda bisa menjajal resep kue kering yang paling mudah terlebih dahulu, misalnya saja kue mentega. Bahan yang digunakan dalam kue mentega pun cukup sederhana dan tak perlu alat bantu yang terlalu merepotkan seperti mixer untuk mengaduk adonan. Agar lebih memahami seputar kue mentega, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Sekilas Tentang Mentega

Menurut Winarni (dalam Sintia, 2018), mentega merupakan emulsi air dalam lemak dengan kira-kira 18% air tersebar rata di dalam 8% lemak susu, dengan sejumlah protein yang bertindak sebagai zat pengemulsi (emulsifier). Jenis lemak mentega memiliki aroma dan rasa yang khas harum karena terbuat dari susu sehingga produk juga akan beraroma harum dan terasa susu. Titik leleh mentega cukup rendah, antara 33-35⁰C.

Masih dari sumber yang sama, secara fisik mentega atau butter memiliki kalori dan lemak jenuh yang lebih banyak dibandingkan margarin. Butter memiliki warna lebih pucat dan aroma harum gurih khas susu, tetapi butter tidak dapat disimpan di luar terlalu lama karena mudah berbau tengik.

Resep Kue Mentega Sederhana - www.taste.com.au

Resep Kue Mentega Sederhana – www.taste.com.au

Sementara itu, dalam buku Kue Kering untuk Hari Istimewa (2011) disebutkan bahwa mentega dan margarin memang serupa tapi tidak sama. Mentega terbuat dari lemak susu sementara margarine terbuat dari lemak nabati yang diberi aroma dan bahan emulsi. Penggunaannya bisa saling menggantikan. Contoh mentega yang beredar di pasaran adalah Orchid, Anchor, dan Wijsman, sementara contoh margarine adalah Blue Band, Palmboom, Forvita, dan lain-lain.

Selain itu, kue yang menggunakan mentega saja rasanya memang akan enak dan renyah. Tetapi kue yang dihasilkan kemungkinan besar menjadi mudah hancur dan bentuknya pun kurang elok lagi. Nah, cara untuk menghasilkan kue yang lezat dan bentuknya tetap utuh adalah dengan menggunakan campuran mentega dan margarine dengan perbandingan 50 : 50.

Resep & Cara Membuat Kue Mentega

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 250 gram margarin Blue Band Cake and Cookie
  • 100 gram gula halus
  • 4 butir kuning telur
  • Vanili bubuk secukupnya
  • Chocolate chip secukupnya

Cara Membuat:

  1. Campurkan bahan-bahan seperti mentega, kuning telur, dan gula halus dalam sebuah wadah. Kemudian aduk campuran bahan tersebut menggunakan sendok hingga benar-benar tercampur rata.
  2. Masukkan pula tepung terigu protein sedang dan vanili bubuk dalam adonan tersebut. Aduk lagi hingga adonan kalis dan tak terasa lengket di tangan.
  3. Anda bisa mulai mencetak adonan dengan cetakan kue sesuai selera. Apabila Anda tak memiliki cetakan kue kering, Anda dapat memanfaatkan sendok makan untuk membentuk adonan bulat.
  4. Letakkan adonan kue yang telah dicetak pada loyang yang telah diolesi dengan margarine dan diberi sedikit tepung terigu supaya tidak lengket ketika diangkat nantinya.
  5. Untuk pemanis, Anda bisa menaburi choco chip di permukaan adonan kue kering yang sudah ditaruh di atas loyang.
  6. Setelah itu, panggang adonan kue dalam oven dengan temperatur 160 derajat celsius selama 25 menit sampai matang dan tekstur kue terasa renyah.
  7. Jika sudah matang, angkat kue dan diamkan sampai uap panasnya hilang. Anda kemudian bisa menyimpannya dalam toples kedap udara supaya lebih tahan lama dan kerenyahannya pun terjaga.

Jika ingin rasa kue mentega buatan Anda lebih legit atau lebih gurih, Anda bisa menambahkan susu vanila bubuk atau bisa juga mengganti taburan choco chip dengan parutan keju atau selai.

Cara Mudah Membuat Kue Mentega Sederhana - www.videoblocks.com

Cara Mudah Membuat Kue Mentega Sederhana – www.videoblocks.com

Referensi:

Baca juga:  Buah Yang Termasuk Dalam Kelompok Berry, Dipercaya Mengandung Antioksidan Terbanyak

Sintia, Novi April. 2018. Pengaruh Substitusi Tepung Beras Merah Dan Proporsi Lemak (Margarin Dan Mentega) Terhadap Mutu Organoleptik Rich Biscuit. Jurnal Tata Boga. 7(2).

Demedia, Tim. 2011. Kue Kering untuk Hari Istimewa. Kharie A, editor. Jakarta (ID): Demedia Pustaka.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: