Resep Bolu Pisang Ala Ibu Onih yang Teksturnya Lembut & Wangi

Ilustrasi: resep bolu pisang (sumber: livewellbakeoften.com) Ilustrasi: resep bolu pisang (sumber: livewellbakeoften.com)

Bagi Anda yang sudah pernah ke Sukabumi atau saat ini sedang berada di Sukabumi untuk liburan, rasanya tidak lengkap jika belum mencicipi kelezatan Bolu Pisang Ibu Onihyang ada di Jalan Raya Sukaraja, Gang Mesjid, Sukabumi, Jawa Barat. Bu Onih bukan hanya menawarkan bolu pisang saja, tetapi juga berbagai kue yang tidak kalah lezat seperti bolu tape, bolu durian, bolu gulung, bolu lapis surabaya, hingga brownies. Meskipun sepintas seperti menu sederhana, banyak yang penasaran dengan bagaimana pembuatan Bolu Pisang Ibu Onih. Oleh sebab itu, beberapa resep bolu pisang banyak bertebaran di internet.

Ibu Onih sendiri kabarnya memiliki puluhan cabang outlet Bolu Pisang Ibu Onih yang tersebar di berbagai wilayah, termasuk di Serang dan Pandeglang. Meski produknya home industry, nyatanya Bolu Pisang Ibu Onih yang dibangun sejak tahun 1988 silam ini sudah mengantongi sertifikat halal dari MUI dan diklaim dibuat tanpa bahan pengawet. Meski demikian, wanita yang sudah lebih dari 30 tahun menjalankan bisnis berjualan kue ini mengaku bahwa bolu pisang besutannya tetap bisa awet disimpan hingga seminggu walaupun tidak menggunakan pengawet.

Baca juga:  Apa Sih Perbedaan Cincau dan Cao?

Ibu Onih bercerita bahwa awalnya usaha bolu pisang itu dirintis dari hobinya membuat kue. Kemudian Bu Onih menitipkan satu hingga dua kotak kue di sejumlah warung terdekat. Tak disangka, pesanan terus mengalir dan membuat namanya semakin dikenal oleh masyarakat. Bahkan dalam sehari Ibu Onih mampu membuat bolu pisang hingga 200 bolu.

Harga kue-kue yang dijual Ibu Onih pun relatif terjangkau, hanya berkisar di angka puluhan ribu rupiah saja. Misalnya bolu pisang besar, bolu tape besar, bolu pandan besar, bolu karamel besar, bolu Blueband besar, bolu durian besar, dan bolu ketan hitam yang masing-masing dijual dengan harga Rp37 ribu per box. Kemudian ada juga bolu mini seharga Rp17 ribu, bolu gulung Rp28 ribu, bolu lapis surabaya Rp40 ribu, brownies Onih Rp37 ribu, brownies mika Rp28 ribu, brownies cup Rp22 ribu, lapis legit Rp25 ribu, lapis ketan Rp35 ribu, bapiasopia Rp15 ribu, makaroni Rp13 ribu, dan bolenharganyaRp28 ribu.

Baca juga:  Mudah dan Murah, Ini Cara & Alat yang Dibutuhkan untuk Facial Sendiri di Rumah

Bolu Ibu Onih memiliki ciri khas aroma pisangnya yang sangat kuat dengan tekstur bolen yang lembut namun cenderung padat, sehingga ketika dipotong tidak mudah hancur. Meski sampai saat ini belum ada bocoran seperti apa resep Bolu Pisang Ibu Onih, Anda tetap bisa membuat bolu pisang ala Anda sendiri di rumah. Berikut resepnya.

Resep Bolu Pisang

Bolu pisang (sumber: lintasusaha.com)

Bolu pisang (sumber: lintasusaha.com)

Bahan Bolu Pisang

  • 200 gr mentega
  • 200 gr gula bubuk
  • 5 kuning telur
  • 4 putih telur, kocok kaku
  • 3 buah pisang ambon matang, haluskan
  • 2 sdm air jeruk peras, campur jadi satu dengan pisang yang sudah dihaluskan
  • 225 gr tepung terigu
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdt soda kue

Cara Membuat Bolu Pisang

  1. Kocok gula dan mentega sampai lembut, masukkan kuning telur satu per satu sambil dikocok sampai putih dan naik.
  2. Masukkan bergantian tepung terigu (bersama baking powder dan soda kue yang sudah diayak) dan pisang, aduk perlahan. Terakhir masukkan putih telur, aduk rata.
  3. Tuang ke dalam loyang yang diolesi margarin dan ditaburi tepung.
  4. Panggang dengan api sedang (180°C) selama 50 menit sampai matang.[1]
Baca juga:  Macam-macam Emulsifier Alami untuk Membuat Kue

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Untuk memastikan bolu pisang Anda sudah benar-benar matang, Anda bisa melakukan tes tusuk dengan menancapkan tusuk sate atau tusuk gigi ke bagian tengah bolu pisang. Jika tusuk sate atau lidi setelah ditarik dalam keadaan bersih atau tidak ada adonan yang masih basah, berarti bolu pisang Anda sudah matang dan siap untuk dikeluarkan dari cetakan. Pastikan untuk mengeluarkan bolu pisang dari cetakan dan mengirisnya setelah kondisi bolus sudah agak dingin.

Meski mungkin tidak bisa menandingi kelezatan Bolu Pisang Bu Onih, setidaknya bolu pisang atau banana cake buatan di rumah ini bisa untuk mengobati rindu atau rasa penasaran Anda terhadap oleh-oleh khas Sukabumi tersebut.

[1]Yasa Boga. 1997. Seri Resep Praktis: Kue Dan Bolu (hlm 15). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*