Resep & Cara Membuat Bluder dan Bolu Sprite

Roti bolu (sumber: resepkoki)Roti bolu (sumber: resepkoki)

Jajanan seperti roti bluder atau bolu mungkin menjadi salah satu yang Anda favoritkan. Kue-kue tersebut memiliki tekstur yang empuk dan lembut ketika digigit, sehingga membuat siapa saja tergiur untuk menikmatinya. Kue seperti bluder atau bolu sebenarnya juga bisa dibuat sendiri di rumah dengan memanfaatkan resep yang sudah ada. Bahkan, cara untuk membuat bolu mengembang sempurna juga bisa memanfaatkan soda seperti Sprite.

Bluder adalah salah satu jenis roti manis yang mempunyai tekstur sangat lembut dan empuk. Bluder sudah dikenal sejak zaman Belanda. Cita rasa bluder sangat gurih dan lembut karena menggunakan banyak kuning telur. Bahkan dalam resep bluder tempo dulu menggunakan hingga 20 butir kuning telur untuk setiap resepnya! Itu sebabnya sejak dulu bluder dianggap sebagai hidangan istimewa.

Bluder mempunyai bentuk menyerupai jamur karena dicetak dalam cetakan cup. Besar dan tinggi cetakan bisa bervariasi tetapi umumnya dibuat agak tinggi menyerupai gelas. Adonan bluder sangat lembut sehingga perlu penopang agar tidak “ambruk”. Oleh karena itu diperlukan cetakan sebagai penahannya. Pada mulanya isian bluder terbatas pada keju, cokelat, dan plain (tanpa isi), tetapi kini dengan semakin berkembangnya tren, semakin banyak variasi yang bisa dibuat. Tidak hanya isinya, bludergaya baru bahkan dilengkapi berbagai topping sebagai variasi.[1]

Baca juga:  Tips Puasa Yang Aman Untuk Penderita Sakit Maag

Resep Dasar Bluder

Roti bluder (sumber: paxelmarket.co)

Roti bluder (sumber: paxelmarket.co)

Bahan Bluder

  • 500 gram tepung terigu protein tinggi
  • 75 gram gula pasir
  • 1 bungkus (11 gram) ragi instan
  • 200 gram telur (dari 4 butir telur tanpa kulit, bila setelah ditimbang kurang dari 200 gr, tambahkan sedikit susu cair hingga mencapai 200 gram, bila lebih, kurangi sedikit putih telurnya)
  • 100 ml susu cair dingin
  • 80 gram mentega atau margarin
  • 1 sdt garam

Cara Membuat Bluder

  1. Campur tepung terigu, gula, dan ragi instan, aduk hingga rata. Sisihkan.
  2. Aduk telur dan susu cair hingga rata, tuangkan perlahan ke dalam campuran tepung sambil diuleni hingga menjadi adonan yang menyatu.
  3. Masukkan mentega dan garam, uleni hingga menjadi adonan yang kalis. Tutup adonan dengan plastik, istirahatkan/diamkan selama 30 hingga 40 menit.
  4. Kempiskan adonan, kemudian bagi menurut selera. 50-60 gram untuk bluder ukuran standar atau 20-30 gram untuk bluder mini. Bulatkan adonan, tutup dengan plastik, diamkan selama 15 menit.
  5. Gilas adonan, isi dengan bahan isian, letakkan ke dalam cetakan yang telah dioleskan mentega atau margarin, tutup dengan plastik, diamkan selama 60 menit. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan dengan suhu 180°C selama 12-15 menit untuk bluder ukuran standar atau 7-10 menit untuk bluder mini.
  6. Setelah matang, biarkan selama 5 menit dalam cetakan, kemudian keluarkan, dinginkan di atas rak pendingin kue, simpan dalam wadah kedap udara.[2]
Baca juga:  Vitamin Promil untuk Suami Agar Istri Cepat Hamil

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kue yang biasanya dibuat menggunakan Sprite adalah bolu. Sedangkan bluder tidak memerlukan soda sama sekali dalam pembuatannya. Bluder biasanya mengandalkan ragi dan telur yang masih segar sebagai bahan pengembang dan pelembut alaminya. Sebagai gambaran, berikut resep bolu yang menggunakan Sprite.

Resep Bolu Kukus Bintik

Bolu kukus bintik (sumber: yummy.co.id)

Bolu kukus bintik (sumber: yummy.co.id)

Bahan Bolu Kukus Bintik

  • 2 butir telur
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sdt cake emulsifier, misal SP, Ovalet, TBM
  • 250 gram tepung terigu protein sedang, misal Segitiga
  • 250 ml soda manis/Sprite/7UP
  • Pasta pandan, stroberi, dan moka secukupnya
  • 6 sdm cokelat meses, untuk taburan

Cara Membuat Bolu Kukus Bintik

  1. Siapkan cetakan bolu kukus, beri kertas cup dan panaskan kukusan/dandang.
  2. Kocok telur bersama gula dan cake emulsifier selama 7 menit hingga mengembang.
  3. Masukkan tepung terigu dan soda manis bergantian, aduk rata.
  4. Bagi adonan tiga bagian, dan masing-masing beri pasta, aduk rata. Tambahkan cokelat meses, aduk rata.
  5. Tuangkan adonan hingga hampir penuh dan kukus selama 15 menit.
  6. [3]
Baca juga:  Selain Salad, Kol Ungu Dimasak Apa Lagi Ya Biar Enggak Bosan?

Resep bolu kukus Sprite di atas cukup untuk 18 buah cup. Agar air kukusan tidak menetes ke kue, jangan lupa untuk mengalasi tutup dandang dengan serbet bersih.

[1]Ananto, DS. 2020. Bluder Roti Lezat Legendaris. Ayu K, editor. Jakarta: Demedia Pustaka, hlm 4.

[2]Ibid., hlm 18.

[3]Soewitomo, S. 2010. 1000 Resep Masakan & Kue SiscaSoewitomo Yang Paling Dicari. Intarina H &Yudho A, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 748.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: