Resep Bolu Susu Lembang, Praktis dan Mudah

Bolu susu Lembang (sumber: bukalapak)Bolu susu Lembang (sumber: bukalapak)

Kue bolu menjadi salah satu jajanan yang cukup populer. Penggemarnya tidak hanya datang dari kalangan remaja, anak-anak dan lansia juga menyukainya. Dari sekian banyak kue bolu yang ada, kue bolu susu Lembang menjadi pilihan banyak orang. Ini karena rasanya yang legit dengan resep yang sudah turun-temurun.

Bolu sendiri merupakan salah satu hidangan tradisional yang terbuat dari tepung yang diproses dengan cara dikukus atau dioven. Untuk menambahkan rasa serta nutrisi, dalam proses pembuatan bolu, ditambahkan beberapa bahan. Selain itu, bahan tambahan diperlukan untuk menekankan kualitas produk. Karena, kualitas kue bolu ditentukan dari rasa, tekstur, aroma, dan tingkat pengembangan. Tingkat pengembangan adonan pada kue bolu adalah perbandingan tinggi kue yang sudah jadi dengan tinggi adonan yang belum jadi.[1]

Sementara itu, untuk membuat kue bolu susu Lembang yang berkualitas, Anda memerlukan beberapa bahan tambahan. Bahan tambahan, seperti telur dan emulsifier, merupakan faktor utama yang membuat kue menjadi lebih empuk dan mengambang dengan baik. Setelah mengetahui kualitas bolu susu Lembang yang baik, lalu bagaimana cara membuatnya?

Resep Bolu Susu Lembang

Resep bolu susu Lembang (sumber: bukalapak)

Resep bolu susu Lembang (sumber: bukalapak)

  • Siapkanlah bahan A, antara lain 70 gr tepung terigu rendah, 15 gr tepung maizena, dan 1/2 sendok teh baking powder.
  • Siapkan bahan B sebagai faktor pengembangnya, seperti 3 butir telur ayam, 90 gr gula pasir, dan 1 sendok teh emulsifier atau biasa dikenal dengan SP. Selain bahan A dan bahan B, masih ada bahan C dan D. Untuk bahan C, siapkan 70 ml susu UHT full cream, 1 sachet kental manis atau sekitar 3 sendok makan, 30 ml minyak goreng, dan 1 sendok teh pasta vanila atau vanila powder. Sementara, bahan D berupa 10 gr cokelat bubuk dan 2 sendok makan air panas. Bahan D adalah penambah rasa, agar bolu susu Lembang terasa lebih legit dan manis.
  • Siapkan juga bahan untuk membuat vla, seperti 100 ml susu UHT full cream, 1 sachet kental manis atau sekitar 3 sendok makan, dan 1 sendok makan tepung maizena. Untuk topping, Anda bisa menyiapkan keju cheddar parut atau cokelat parut.
  • Siapkan mangkuk atau wadah plastik dan tuang semua bahan A. Aduk semua bahan hingga rata dan sisihkan. Setelah itu, siapkan loyang khusus dengan bentuk persegi panjang. Anda bisa memakai loyang kaca atau aluminium yang ringan. Olesi bagian dasar loyang dengan mentega hingga rata dan taburi sedikit terigu. Agar lebih mudah saat mengangkat kue, alasi bagian dasar loyang dengan kertas roti.
  • Siapkan baskom plastik atau wadah khusus untuk adonan mixer dan tuangkan semua bahan B. Mixer semua bahan dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan kental. Matikan mixer dan tambahkan bahan C. Aduk semua bahan hingga tercampur, dengan kecepatan sedang. Matikan mixer dan tuangkan bahan A ke dalam wadah, lalu mixer lagi hingga rata.
  • Siapkan satu wadah mangkuk berukuran sedang dan bagi adonan yang sudah di-mixer menjadi dua bagian yang sama rata, yaitu adonan 1 dan 2. Pada adonan 2, tambahkan bahan D, dan aduk menggunakan sendok atau spatula hingga berubah warna. Sisihkan dua adonan tersebut dan siapkan kukusan.
  • Anda bisa memakai alat pengukus sederhana seperti dandang dengan tutup yang dibungkus serbet bersih. Ini bertujuan agar uap air tidak menetes ke adonan bolu yang dikukus. Tuang adonan 1 ke dalam cetakan dan kukus selama kurang lebih 15 menit dengan api sedang.
  • Setelah adonan agak padat atau setengah matang, tuang adonan 2 di cetakan dan kukus selama 15 menit atau hingga matang. Setelah matang, angkat loyang dan angin-anginkan roti agar dingin. Sambil menunggu kue bolu susu Lembang dingin, Anda bisa membuat vla.
  • Tuang semua bahan vla ke dalam panci dan masak dengan api kecil. Selama memasak vla, Anda harus mengaduknya hingga mendidih. Ini bertujuan agar vla tidak gosong. Setelah itu, lepas kertas roti yang menempel pada bolu susu dan letakkan bolu di piring saji.
Baca juga:  Sudah Tepatkah Anda Membersihkan Masker Kain? Seberapa Sering?

Setelah Anda berhasil membuat bolu susu Lembang dengan resep di atas, jangan lupa untuk menuangkan vla di atas bolu dan taburi dengan keju parut atau cokelat parut. Potong menjadi beberapa bagian dan hidangkan.

[1] Putri Indri Hapsari. 2015. Tingkat Pengembangan dan Daya Terima Bolu Kukus Berbahan Dasar Tepung Singkong (Manihot Esculenta Crantz) yang Disubstitusi Tepung Daun Katuk (Sauropus Androgynus) (Naskah Publikasi). Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: