Rekomendasi Produk Toner yang Dikenal Bagus untuk Jenis Kulit Kombinasi

Aplikasi toner untuk perawatan wajah (sumber: today.com)Aplikasi toner untuk perawatan wajah (sumber: today.com)

bahkan kombinasi. Dibandingkan kulit kering atau berminyak, terkadang mencari produk perawatan kulit (skincare) seperti toner untuk kulit kombinasi biasanya lebih sulit. Seperti diketahui, kulit kombinasi ciri-cirinya adalah memproduksi minyak berlebih hanya di area T-zone. Sedangkan bagian wajah di luar T-zone cenderung kering.

Untuk merawat kulit, ternyata tak hanya sekadar membutuhkan facial wash atau pembersih wajah biasa, tetapi juga toner. Toner tak hanya mampu membersihkan sisa-sisa kotoran atau make-up yang masih menempel di wajah, tetapi kabarnya juga mengandung zat aktif yang dapat membantu merawat kulit. Pemilihan toner pun harus disesuaikan dengan jenis kulit Anda.

Jenis-Jenis Toner

Toner pada dasarnya memiliki beberapa fungsi, yakni balancing atau mengembalikan kondisi kulit (pH) setelah proses mencuci wajah, exfoliating atau mengangkat sel kulit mati, hydrating atau memberi hidrasi pada kulit, serta penetration atau mempersiapkan kulit untuk langkah selanjutnya agar produk dapat terserap dengan baik.

Toner yang baik seharusnya bisa mencakup keempat fungsi tersebut. Tetapi tak semua toner dapat langsung memberi sejumlah manfaat itu. Oleh sebab itu, Anda setidaknya membutuhkan 2 jenis toner untuk memenuhi empat manfaat tersebut, yakni Acid Toner dan Hydrating Toner.

Baca juga:  Ini Dia 5 Vitamin Penambah Stamina untuk Wanita

Sebagai informasi, acid toner adalah toner yang memiliki kandungan untuk membantu proses eksfoliasi harian wajah dan di dalamnya mengandung beberapa bahan seperti AHA, BHA, atau PHA. Sedangkan hydrating toner merupakan toner yang membantu mengembalikan kondisi kulit usai proses pembersihan dan memakai acid toner, sekaligus untuk menghidrasi kulit. Hydrating toner juga cukup baik untuk membantu penyerapan produk perawatan kulit selanjutnya.

Menurut Fauzi & Nurmalina (2012), menggunakan toner setelah membersihkan wajah memang menimbulkan efek segar pada kulit. Bukan hanya itu, toner juga bisa mengurangi risiko kulit pecah serta minyak pada kulit. Toner yang paling pas untuk digunakan kulit kombinasi adalah air mawar. Selain itu Anda bisa membuat ramuan sendiri, yaitu menggunakan jus mentimun segar. Lalu, khusus pada area yang berminyak tambahkan sedikit cuka karena bisa membantu menyeimbangkan pH kulit Anda.

Jika tak ingin repot-repot membuat toner sendiri, saat ini juga sudah ada beberapa toner yang dirancang untuk kulit kombinasi. Berikut ulasan lengkapnya.

Baca juga:  Info Lengkap Seputar Jerawat Juvenil: Ciri-Ciri & Cara Mengatasinya

Produk Toner untuk Kulit Kombinasi

La Tulipe Active Hydrating Toner

La Tulipe Active Hydrating Toner (sumber: saveig.com)

La Tulipe Active Hydrating Toner (sumber: saveig.com)

Hydrating toner ini berbahan utama purified water yang juga memiliki kandungan aloe vera dan niacinamide, sehingga tak hanya berfungsi melembapkan, tetapi juga dapat mencerahkan wajah. Produk yang diklaim cocok untuk kulit kombinasi ke berminyak ini dijual seharga Rp27.500

Sensatia Botanicals Sandalwood Dream Facial Toner

Sensatia Sandalwood Facial Toner (sumber: apaceritatami.com)

Sensatia Sandalwood Facial Toner (sumber: apaceritatami.com)

Diformulasikan khusus untuk kulit berminyak dan kombinasi, Sandalwood Dream Facial Toner tanpa alkohol ini membersihkan pori-pori yang tersumbat juga menenangkan kulit. Cendana membantu menyeimbangkan bagian kering dan berminyak pada wajah, sementara manggis menambahkan unsur antioksidan yang menutrisi. Toner berukuran 120 ml ini harganya Rp160 ribu.

Mario Badescu Glycolic Acid Toner

Mario Badescu Glycolic Acid Toner (sumber: buzzfeed.com)

Mario Badescu Glycolic Acid Toner (sumber: buzzfeed.com)

Exfoliating toner yang diklaim ringan ini memiliki kandungan 2% glycolic acid yang lembut, tetapi juga dapat berfungsi untuk mengangkat kotoran di pori-pori, mengencangkan kulit, sekaligus mengangkat sel kulit mati. Di dalam toner seharga Rp439 ribu ini juga mengandung grapefruit dan aloe vera gel yang berfungsi menghidrasi serta menyegarkan kulit. Produk acid toner yang diklaim bebas alkohol ini pun disebut-sebut aman untuk kulit serta mampu menyamarkan kerutan atau garis-garis halus di muka.

Baca juga:  Rekomendasi Handbody (Body Lotion) Untuk Kulit Kering

Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner

Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner (sumber: cupidrop.com)

Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner (sumber: cupidrop.com)

Brand asal Korea Selatan ini belakangan memang sedang nge-hits di Indonesia. Hadir sebagai exfoliating toner untuk kulit kombinasi, Some By Mi menyertakan kandungan salicylic acid di dalamnya serta campuran AHA, BHA, Poly Hydroxy Acid (PHA), niacinamide, dan 10.000 ppm ekstrak tea tree alami untuk menjadikan kulit Anda lebih halus, cerah, serta lembap, dalam jangka waktu penggunaan selama 30 hari secara rutin. Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner kemasan 150 ml dibanderol seharga Rp189 ribu.

Referensi:

Fauzi, Aceng R, Nurmalina Rina. 2012. Merawat Kulit dan Wajah. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: