Rekomendasi Tempat Makan Malam Populer di Jogja

Makanan Khas Yogya - (Sumber: jajanjogja.com)Makanan Khas Yogya - (Sumber: jajanjogja.com)

Kota Yogyakarta, atau dikenal familiar dengan sebutan Jogja merupakan Kota yang terletak di Pulau Jawa dengan segudang keunikannya. Disebut unik lantaran Anda dapat menikmati dan melihat berbagai tradisi Jawa yang begitu kental di Kota ini. Keunikan tersebut dapat dilihat juga dari tata letak kota hingga masyarakatnya.

Kota Jogja yang merupakan Ibukota Daerah Istimewa Yogyakarta ini terkenal dengan Istana Sultan Yogyakarta atau Keraton Yogyakarta di mana keluarga Sultan masih tinggal di Keraton tersebut. Istana ini terbuka untuk umum, namun tidak semua bagian bangunan dapat dimasuki oleh pengunjung. Banyak bagian bagian dari kota ini yang memiliki sentuhan budaya Jawa, dan hal inilah yang membuat pengunjung selalu ingat dengan karakteristik yang ada.

Selain banyaknya tempat wisata yang disajikan oleh Culture city ini, pengunjung atau wisatawan juga kerap dimanjakan dengan kuliner khas Jogja yang memiliki cita rasa yang nikmat, seperti yang paling terkenal adalah Gudeg. Gudeg dan makanan khas Jogja lainnya dijajakan di hampir semua wilayah di Jogja dari pagi hingga malam hari. Berikut adalah rekomendasi beberapa tempat makan malam di Jogja yang bisa Anda datangi ketika berlibur ke Kota Jogja.

Gudeg Mercon Bu Tinah

Berbicara tentang kuliner di Jogja, tidak lengkap jika tanpa membahas Gudeg, karena Gudeg merupakan salah satu ikon yang tidak dapat dipisahkan dengan kota Jogja. Meski banyak penjual Gudeg yang tersebar di beberapa titik, namun Gudeg mercon Bu Tinah ini sangat populer di kalangan masyarakat, umumnya mahasiswa yang menyukai kuliner pedas.

Sate Klatak Pak Bari

Sate Klatak - (Sumber: bakpiakinanthi.com)

Sate Klatak – (Sumber: bakpiakinanthi.com)

Tempat makan malam ini berada di pasar Jejeran, Jalan Imogiri Tim, Jogja. Jika Anda berencana untuk menikmati sajian sate nikmat ini disarankan untuk datang lebih awal. Karena jika telat sebentar saja, Anda harus rela mengantre. Antrean Sate Klatak ini terbilang cukup panjang karena banyak rasanya yang nikmat membuat banyak orang ingin menikmati sajian sate khas Jogja ini. Jam operasi Sate Klatak Pak Bari ini mulai dari pukul 5 sore hingga pukul 2 pagi.

Gudeg Pawon

Istilah Pawon atau yang memiliki arti dapur, digunakan untuk memperjelas cara pembelian menu makanan Gudeg ini, di mana pembeli harus mengambilnya di pawon (dapur). Cita rasa Gudeg pawon ini memang sangat lezat, hal tersebut yang menjadikan alasan pembeli rela untuk mengantre. Tempat kuliner yang berlokasi di Jalan Janturan UH/IV No.36, Umbulharjo ini beroperasi pada malam hari, yaitu pukul 10 malam.

Selain Gudeg, kuliner khas yang tidak bisa ditinggallkan saat berlibur ke Kota Jogja adalah Angkringan. Umumnya semua angkringan di Jogja dijadikan tempat “nongkrong” mahasiswa serta masyarakat yang lainnya ketika malam hari. Hampir semua titik di Jogja terdapat angkringan, seperti salah satunya Angkringan Kopi Jos yang berada tidak jauh dari stasiun Tugu, Yogyakarta.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: