Rekomendasi Sabun Cuci Muka Untuk Kulit Kering dan Berjerawat

merawat, kulit, kering, dan, berjerawat, produk, pembersih, muka, sabun, cuci, kandungan, pelembap, alami, bebas, pewangi, alkohol, rekomendasi, Wardah, Garnier, The Body Shop, Sariayu Ilustrasi: kulit wajah berjerawat & sensitif (popsugar.com)

Sebagian besar orang sudah tidak heran apabila salah satu masalah kulit yaitu jerawat sering dialami oleh pemilik jenis kulit berminyak. Pada kulit yang berminyak, timbulnya jerawat disebabkan karena kelebihan minyak wajah yang bercampur dengan bakteri yang bisa menyebabkan jerawat.

Tetapi, bagaimana dengan kulit kering tetapi berjerawat? Bagaimana bisa terjadi? Menurut dr. Eddy SpKK mengatakan bahwa jerawat dapat disebabkan adanya gosokan berulang yang dilakukan di seputar wajah, terutama di daerah yang paling sering digosok keras.

Pemakaian scrubbing, facial, penggunaan pelembap atau minyak yang melembapkan dengan kapas, biasanya dilakukan untuk mengatasi kulit kering. Ketika kulit wajah jadi kering, terkadang kulitnya jadi mengelupas. Karena dianggap mengganggu penampilan, kulit yang kering dan terkelupas ini akhirnya dilepas paksa.

Inilah yang pada akhirnya akan membuat kulit jadi kemerahan dan luka yang tak kasat mata. Luka ini akan merangsang produksi sebum (kelenjar minyak) yang berlebihan. Seperti yang telah diketahui, sebum yang berlebihan dan kondisi kulit yang kotor akan menyebabkan infeksi bakteri kulit dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Untuk menghindari meningkatnya risiko timbul jerawat pada kulit kering, maka Eddy menyarankan untuk tidak menggosok kulit terlalu keras saat scrub atau facial. Anda perlu melakukan dengan lembut. Dengan cara yang lembut, sel kulit mati bisa mengelupas.

merawat, kulit, kering, dan, berjerawat, produk, pembersih, muka, sabun, cuci, kandungan, pelembap, alami, bebas, pewangi, alkohol, rekomendasi, Wardah, Garnier, The Body Shop, Sariayu

Ilustrasi: perawatan wajah (Pinterest: Lourdes Jaramillo)

Merawat kulit kering dan berjerawat, dapat dimulai dengan memilih produk pembersih muka (sabun cuci muka) yang tepat. Untuk kulit kering, sabun muka yang disarankan yaitu produk dengan kandungan pelembap alami dan bebas pewangi atau alkohol. Misalnya, sabun dengan kandungan minyak bunga matahari, cocoa butter, atau minyak zaitun.

Sebaiknya hindari sabun yang mengandung deterjen atau anti-bakteri. Kedua bahan tersebut dianggap dapat membuat iritasi kulit, sehingga kulit cenderung meradang, dan dapat mengurangi produksi minyak alami di kulit. Jika memiliki kulit kering, selain memilih sabun yang cocok, Anda juga sebaiknya menghindari mandi dengan air panas.

Untuk memudahkan Anda dalam mencari sabun muka yang cocok, berikut ini akan disajikan beberapa rekomendasi produk, di antaranya:

Wardah Essential Facial Wash with Seaweed Extract. Sabun pembersih wajah tersebut mengandung pH seimbang, yang tidak menyebabkan kulit menjadi bertambah kering atau iritasi. Brand tersebut mengklaim bahwa sabun wajah itu mampu mengangkat kotoran secara maksimal tanpa membuat wajah menjadi kering.

Setelah pemakaian, kulit akan terasa bersih, segar, lembap. Wardah Essential Facial Wash tersebut juga bisa dikombinasikan dengan Wardah Essential Facial Massage Cream. Produk tersebut merupakan krim untuk memberikan pijatan lembut pada wajah agar Anda merasa lebih rileks.

Garnier Light Complete White Speed Multi Action Brightening Scrub. Produk tersebut mengandung kurang lebih 1000 microbeads dan sari lemon yang dapat mencerahkan wajah dari satu tingkat pemakaian pertama.

L’oreal Dermo Expertise Hydra Fresh Mild Foam. Sabun wajah tersebut memiliki pH sebesar 6,5, sehingga dinilai cocok digunakan untuk kulit kering. Produk dari L’oreal itu dapat membersihkan wajah dengan tetap menjaga kelembapan kulit.

merawat, kulit, kering, dan, berjerawat, produk, pembersih, muka, sabun, cuci, kandungan, pelembap, alami, bebas, pewangi, alkohol, rekomendasi, Wardah, Garnier, The Body Shop, Sariayu

Ilustrasi: pemakaian sabun wajah (naturallabeauty.com)

Sariayu Facial Scrub Mawar. Produk lokal ini mengandung sedikit alkohol. Butiran scrubnya dianggap halus (tidak berasa kasar). Sariayu facial scrub mawar akan membantu mempertahankan kecantikan kulit dengan menghilangkan sel kulit muka yang sudah mati sehingga bisa membuat kulit wajah Anda beregenerasi.

The Body Shop Vitamin E Gentle Face Wash. Produk tersebut mengandung vitamin E yang berfungsi sebagai pelembap wajah alami. Pembersih wajah tersebut dinilai ringan dan aman digunakan. Setelah Anda membersihkan wajah menggunakan produk tersebut, wajah akan terasa lebih halus, lembut, dan sehat.

Produk pembersih wajah di atas tentu saja bukan merupakan produk mutlak, Anda masih bisa memilih produk dari brand lain. Asal Anda mengetahui kandungan apa saja yang ada di dalam produknya yang baik untuk merawat kulit kering dan berjerawat.

Untuk mendapatkan produk pembersih wajah yang tepat, Anda mungkin saja akan mengalami trial and error. Maksudnya adalah mungkin saja Anda akan merasa tidak cocok dengan produk pembersih brand A. Lalu, mencoba lagi produk lain dari brand B, begitu seterusnya hingga Anda menemukan produk yang cocok.

Selain itu, keberhasilan orang lain dengan kulit sejenis, bukan berarti itu juga berlaku untuk Anda. Produk A yang dipakai dan cocok digunakan teman Anda misalnya, belum tentu cocok digunakan di kulit wajah Anda. Walaupun, kulitnya sama-sama kering dan berjerawat.

Sementara itu, selain produk pembersih yang tepat, Anda juga perlu memerhatikan produk lainnya. Salah satunya obat jerawat. Bagi pemilik kulit yang rentan berjerawat, produk skin care dengan kandungan benzoyl peroxide atau salicylic acid tentu sudah bukan hal yang asing lagi. Meskipun kedua bahan ini ampuh melawan jerawat, namun efek yang ditimbulkan bisa menjadi masalah baru bagi pemilik kulit kering.

merawat, kulit, kering, dan, berjerawat, produk, pembersih, muka, sabun, cuci, kandungan, pelembap, alami, bebas, pewangi, alkohol, rekomendasi, Wardah, Garnier, The Body Shop, Sariayu

Ilustrasi: pemakaian sabun wajah (wisegeek.com)

Tetapi, Anda tidak perlu khawatir, masih ada alternatif lain yang bisa digunakan para pemilik kulit kering. Yaitu, produk skin care dengan kandungan galactoarabinan. Kandungan ini dikenal ampuh mengeksfoliasi sekaligus menjaga kulit dari peradang karena bersifat anti inflamasi. Agar kelembapan semakin maksimal kombinasikan juga dengan skin care berbahan hyaluronic acid.

Dalam menggunakan obat jerawat, mungkin saja Anda akan merasa kulit terasa kering. Oleh karena itu, Anda tidak bisa melupakan peran pelembap. Menjaga kelembapan wajah perlu jadi perhatian juga bagi pemilik kulit acne-prone yang cenderung kering.

Daripada harus selalu menggunakan produk pelembap yang punya tekstur berat, Anda juga bisa memilih produk dengan formula efektif bertekstur ringan yang mudah menyerap. Selain tidak menyumbat pori-pori wajah, produk yang punya tekstur ringan cenderung lebih mudah meresap pada kulit. Pilih produk dengan kandungan jojoba dan zinc, kedua formula ini dikenal ampuh melembapkan kulit namun tidak menyebabkan jerawat pada wajah.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: