Rekomendasi Produk Toner yang Punya Fungsi Untuk Atasi Masalah Jerawat

Ilustrasi: aplikasi toner pada wajah (sumber: follain.com) Ilustrasi: aplikasi toner pada wajah (sumber: follain.com)

Mencuci wajah merupakan langkah awal yang sangat penting dalam merawat kulit wajah. Tetapi terkadang membersihkan dengan air saja tidaklah cukup untuk membuat kulit wajah benar-benar bersih. Anda pun membutuhkan produk penyelamat yang satu ini yaitu toner.

Siapa perempuan yang tidak mengenal toner? Produk skin care yang satu ini adalah produk wajah yang terbuat dari bahan dasar air dan memiliki kandungan spesifik untuk kebutuhan wajah. Banyak sekali kegunaan toner. Selain mampu menghilangkan minyak dan mengangkat sisa-sisa makeup, toner juga dapat mendinginkan, melembutkan, memperbaiki kulit wajah, mengurangi tampilan bintik hitam bekas jerawat, dan kemerahan karena jerawat.

Nah, bagi pemilik kulit berjerawat, toner memang sangat ampuh untuk mengatasi jerawat dan membersihkan kulit. Dengan fungsi toner yang luar biasa ini, kami akan merekomendasikan beberapa produk toner untuk kulit berjerawat yang bisa Anda pilih sebagai produk andalan Anda. Apa saja? Simak ulasan berikut ini. 

Some by Mi Miracle Toner

Sempat booming, produk yang berasal dari Korea Selatan ini memang dikhususkan untuk kulit berjerawat karena kandungan AHA, BHA, PHA, Niacinamide, dan Tea Tree Oil-nya yang mampu mengatasi bakteri penyebab jerawat dan juga menyamarkan bekas jerawat yang membandel. Buat Anda yang memiliki kulit yang sedikit sensitif, toner ini diklaim akan sangat cocok karena tak memberikan efek perih dan sangat aman.

Some by Mi Miracle Toner (sumber: shopee.co.id)

Some by Mi Miracle Toner (sumber: shopee.co.id)

Innisfree Bija Trouble Skin

Diperkaya dengan alkohol alami yang berasal dari ekstrak minyak bija dengan salicylic acid yang merupakan perpaduan bahan untuk mengatasi kulit berjerawat dan menenangkan peradangan pada kulit. Toner yang satu ini diklaim cocok untuk Anda yang memiliki tipe kulit berjerawat yang cukup parah karena cara kerjanya yang mengeksfoliasi kulit mati sehingga kulit menjadi lebih bersih.

Innisfree Bija Trouble Skin (sumber: shopee.co.id)

Innisfree Bija Trouble Skin (sumber: shopee.co.id)

COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner

Siapa yang tak kenal dengan brand skincare yang satu ini? Cosrx memang dikenal sebagai brand skincare yang lebih fokus untuk merawat kulit yang bermasalah. Produk toner yang satu ini merupakan salah satu dari rangkaian produknya. Kandungan AHA/BHA-nya tak hanya mampu menghilangkan berbagai jenis komedo dan jerawat, tetapi juga dapat menjaga kelembapan kulit Anda juga. 

COSRX AHABHA Clarifying Treatment Toner (sumber: thehappysloths.com)

COSRX AHABHA Clarifying Treatment Toner (sumber: thehappysloths.com)

Mario Badescu Glycolic Acid Toner

Walaupun toner yang satu ini diklaim dapat digunakan oleh semua jenis kulit, namun toner dari Mario Badescu ini sangat cocok bila digunakan oleh jenis kulit berjerawat. Karena kandungan glycolic acid dan ekstrak grapefruit-nya yang dapat mengangkat sel kulit mati dan mengganti dengan sel kulit baru. 

Mario Badescu Glycolic Acid Toner (sumber: spicee.net)

Mario Badescu Glycolic Acid Toner (sumber: spicee.net)

Benton Aloe BHA Skin Toner

Aloe BHA Skin Toner dari brand Benton ini tak hanya dapat bekerja dengan melakukan eksfoliasi pada kulit wajah, tetapi kandungan lidah buayanya dapat menenangkan kulit yang meradang sekaligus mengempeskan jerawat yang membandel pada kulit Anda. Gunakan toner ini jika Anda ingin menggunakan produk toner dengan tekstur ringan.

Benton Aloe BHA Skin Toner (sumber: blanja.com)

Benton Aloe BHA Skin Toner (sumber: blanja.com)

Wardah Acnederm Pore Refining Toner

Sesuai namanya, toner ini juga dibuat khusus bagi kulit berminyak dan berjerawat. Mengandung witch hazel dan ekstrak aloe vera yang dapat membersihkan pori-pori dari kotoran yang menyumbat. Toner ini dapat mengontrol kelebihan minyak di wajah, mengurangi kemerahan, namun tetap melembapkan kulit.

Wardah Acnederm Pore Refining Toner (instagram: @bloraku)

Wardah Acnederm Pore Refining Toner (instagram: @bloraku)

The Body Shop Tea Tree Toner

Seri tea tree dari The Body Shop memang sudah sangat dikenal mampu mengatasi masalah jerawat, termasuk toner-nya. Toner ini berguna untuk mengobati dan mencegah jerawat, sekaligus mengurangi minyak di wajah. Kaya akan tea tree oil yang membersihkan dan menyegarkan kulit.

The Body Shop Tea Tree Toner (sumber: beautyfrontline.com)

The Body Shop Tea Tree Toner (sumber: beautyfrontline.com)

Emina Ms Pimple Acne Solution Face Toner

Nah, yang satu ini adalah salah satu dari rangkaian acne solution terbaru Emina. Face toner ini memiliki ekstrak witch hazel untuk mengurangi minyak berlebih dan membuat kulit segar. Formulanya ringan dan nggak mengandung alkohol, sehingga aman dipakai oleh kulit berminyak dan kulit berjerawat.

Emina Ms Pimple Acne Solution Face Toner (sumber: id.carousell.com)

Emina Ms Pimple Acne Solution Face Toner (sumber: id.carousell.com)

Toner bahkan mampu mempersiapkan kulit Anda sebelum memakai serum dan perawatan anti-aging. Tujuannya agar kandungan dari bahan-bahan tersebut lebih maksimal terserap ke kulit wajah. Sayangnya untuk sebagian orang, masih bingung bagaimana cara memakai toner.

Cara Pakai Toner yang Benar

Meskipun bertujuan untuk menyerap dan mengontrol seluruh kotoran dan minyak yang ada di dalam pori-pori wajah, toner bukan hanya cocok untuk kulit yang berminyak atau berjerawat saja. Tapi ada pula toner yang dibuat untuk jenis kulit kering, sensitif, dan kombinasi. Bagaimana ya cara memakai toner yang benar? Berikut informasinya.

Pakailah toner setelah membersihkan wajah

Baca juga:  Penyebab Rambut Rontok Tidak Biasa pada Wanita dan Cara Mengatasinya

Cara memakai toner yang pertama, bersihkan wajah terlebih dulu menggunakan pembersih wajah sesuai dengan jenis kulit Anda. Pastikan wajah sudah benar-benar bersih. Bila Anda menggunakan make-up, sebaiknya bersihkan dulu sisa makeup menggunakan makeup remover, lalu lanjutkan dengan produk pembersih wajah.

Pastikan tangan bersih

Setelah membersihkan wajah, jangan lupa mencuci tangan sebelum menggunakan toner. Hal ini karena toner akan berfungsi secara maksimal jika tangan dalam keadaan bersih, sehingga kotoran dari tangan tidak akan menimbulkan kotoran baru.

Gunakan kapas

Cara memakai toner selanjutnya adalah dengan menuangkannya satu hingga tiga tetes ke kapas. Pastikan produk yang ada di kapas cukup untuk seluruh wajah Anda, tapi sebisa mungkin jangan sampai terlalu basah. Usapkan kapas yang telah diberi toner ke seluruh wajah dan leher. Usap kapas yang telah diberi toner ke arah atas wajah dan beri tekanan yang cukup agar wajah menjadi segar.

Pakai toner pada pagi dan malam hari

Baca juga:  Studi: Peminum Alkohol Berisiko Terkena Kanker, Termasuk Kanker Kulit

Pakailah toner secukupnya karena jika berlebihan, justru akan membuat wajah memproduksi minyak berlebih dan berisiko timbul jerawat. Gunakan toner pada pagi dan malam hari saja, khususnya bagi yang memiliki kulit berminyak. Sementara yang memiliki kulit kering, gunakan toner hanya pada malam hari untuk mengurangi penyumbatan pori-pori. Pakailah toner setelah Anda membersihkan wajah, sebelum menggunakan perawatan wajah dan serum. Toner dapat dijadikan pelindung terhadap kotoran dan minyak.

Pakailah pelembap

Jangan lupa setelah menggunakan toner, pakailah pelembap sesuai jenis kulit wajah. Dengan menjaga kulit tetap lembap dan halus, tentu kulit wajah akan lebih sehat.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: