Rekomendasi Bahan Alami untuk Masker Organik

Wanita menerapkan masker wajah (sumber: healthline.com)Wanita menerapkan masker wajah (sumber: healthline.com)

Memiliki kulit indah dan cantik ternyata tidak harus mahal. Pasalnya, saat ini sudah ada banyak cara untuk mendapatkan kulit wajah indah menggunakan bahan-bahan alami. Ada beberapa rekomendasi bahan alami untuk masker organik buatan sendiri yang bisa Anda dapatkan dengan mudah dan cepat. Bahkan, Anda bisa mendapatkannya di minimarket terdekat.

Papri Sarkar, MD, seorang dokter kulit di Brookline, mengatakan, bahan organik untuk membuat masker saat ini bisa Anda dapatkan di supermarket atau halaman rumah Anda. Bahan alami tersebut tentunya tidak hanya berupa herbal atau rempah-rempah, tetapi juga produk bahan makanan olahan.

Minyak Kelapa

Salah satu bahan yang mudah ditemukan di minimarket maupun apotek untuk masker, yaitu minyak kelapa. Minyak kelapa sendiri awalnya digunakan sebagai bahan perawatan untuk rambut. Hal ini karena minyak kelapa memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti vitamin E, antioksidan, kaprilat, kaprat laurat, miristat, palmitat, stearat, oleat, dan linoleat.[1]

Daun pegagan/centella asiatica (sumber: theshonet.com)

Daun pegagan/centella asiatica (sumber: theshonet.com)

Dengan kandungan nutrisi yang lengkap, minyak ini tidak hanya bisa digunakan untuk merawat rambut. Anda bisa menggunakan minyak kelapa untuk merawat kulit wajah Anda. Masker minyak kelapa diklaim cocok untuk Anda yang memiliki kondisi kulit kering, kasar, kusam, dan mengelupas. Ini akan membantu melembapkan kulit wajah dan mengatasi gejala peradangan atau nyeri akibat pengelupasan kulit.

Baca juga:  Rangkaian Produk Perawatan Jafra Untuk Kulit Berjerawat

Meskipun begitu, perlu digarisbawahi, minyak kelapa tidak disarankan bagi Anda yang memiliki jerawat atau memiliki kondisi kulit wajah berminyak.  Pasalnya, minyak kelapa yang digunakan sebagai masker pada kulit wajah berminyak atau berjerawat, dapat memperparah kondisi kulitnya.

Centella Asiatica

Salah satu jenis herbal yang mudah ditemui dengan gratis, yaitu daun centella asiatica. Daun ini lebih dikenal sebagai pegagan, yang biasa tumbuh di area lahan kosong atau di pekarangan rumah. Daun pegagan sendiri memiliki bentuk daun yang bundar dan lebar, dengan ukuran kecil-kecil. Tanaman ini sering dijumpai menggerombol dan berada di bawah pohon atau di area yang teduh.

Daun pegagan/centella asiatica (sumber: theshonet.com)

Daun pegagan/centella asiatica (sumber: theshonet.com)

Dilansir dari WebMD, daun pegagan sering digunakan sebagai bahan campuran dalam menu masakan Asia. Selain itu, centella asiatica juga sudah cukup populer di kalangan produsen kosmetik dan skincare. Daun pegagan memiliki banyak kandungan nutrisi dan memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi.

Sebagai masker wajah, daun pegagan memiliki manfaat untuk menghilangkan noda bekas jerawat, menyembuhkan jerawat, menyembuhkan luka di kulit, memudarkan flek hitam, dan mencerahkan kulit. Anda bisa menggunakannya sebagai bahan masker organik, dan memakainya setiap 3 hari sekali.

Baca juga:  Rekomendasi Produk Pembersih Wajah Untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat

Teh Hijau

Green tea menjadi salah satu bahan masker yang populer saat ini. Untuk membuat masker green tea, Anda memerlukan bubuk teh hijau. Jika Anda tidak memilikinya, Anda bisa membeli di minimarket terdekat dengan produk berupa teh hijau siap seduh. Anda bisa memanfaatkan produk teh hijau kantung agar lebih praktis.

Bubuk teh hijau untuk masker (sumber: levitatingmonkey.com)

Bubuk teh hijau untuk masker (sumber: levitatingmonkey.com)

Ambil 2 hingga 3 kantung teh hijau siap seduh, lalu buka kantungnya dan tuangkan ke dalam mangkuk. Tambahkan sedikit air panas hingga menjadi agak kental, setelah itu dinginkan sebentar. Oleskan masker teh hijau pada kulit wajah hingga merata, lalu tunggu sekitar 20 menit, bilas menggunakan air hingga bersih.

Masker teh hijau ini diklaim cocok untuk Anda yang memiliki kulit berminyak atau berjerawat. Teh hijau memiliki kandungan polifenol berupa flavonoid sebagai zat antioksidan untuk melindungi kulit dari zat radikal bebas.[2] Selain itu, teh hijau mampu membantu mengurangi kadar minyak di kulit dan menyembuhkan jerawat dengan cepat.

Shea Butter

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan sedang berjerawat, Anda bisa mengatasinya dengan shea butter. Cara membuat masker shea butter tidaklah sulit, Anda hanya perlu menambahkan sedikit air mawar atau madu dengan bahan tersebut. Shea butter diklaim cocok untuk kulit sensitif karena tidak menimbulkan efek samping.

Shea butter (sumber: saruna.rs)

Shea butter (sumber: saruna.rs)

Untuk saat ini, tidak sulit menemukan shea butter dengan berbagai macam merek. Anda bahkan bisa menemukannya di minimarket terdekat atau secara online. Shea butter sendiri memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan peradangan, rasa nyeri, dan rasa gatal akibat jerawat.

Baca juga:  Berbagai Jenis Produk Eyeliner Beserta Tampilan Kreasinya

Rekomendasi bahan-bahan alami di atas juga dapat dikombinasikan dengan bahan alami lainnya, seperti madu, air perasan jeruk lemon, dan ekstrak buah-buahan. Untuk hasil pemakaian masker organik dengan bahan-bahan alami tersebut, tentunya tidak sama untuk setiap individu, tergantung pada kondisi kesehatan kulit masing-masing.

[1] Abast, Mevy Alvionita dkk. 2016. Analisis Asam Lemak dalam Minyak Kelapa Murni Menggunakan Derivatisasi Katalis Biasa. Jurnal MIPA UNSRAT Online Manado, Vol. 5(1): 29-31

[2] Anindita, Reza dkk. 2012. Potensi Teh Hijau (Camellia Sinensis L.) dalam Perbaikan Fungsi Hepar pada Mencit yang Diinduksi Monosodium Glutamat (MSG). Buletin Anatomi dan Fisiologi Universitas Diponegoro, Vol. 20(2): 15-23.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: