Referensi Merek Matte Foundation Untuk Kulit Berminyak Beserta Harganya

Foundation Wajah untuk Kulit Berminyak Foundation Wajah untuk Kulit Berminyak

Tiap manusia memiliki kelenjar sebasea pada jaringan kulit terdalamnya. Kelenjar ini dapat memproduksi minyak guna menjaga kesehatan kulit. Namun, kelenjar ini bekerja terlalu aktif pada orang yang memiliki jenis kulit berminyak. Pada wajah, minyak berlebih dapat terlihat jelas pada zona T (dahi, hidung, dan dagu).

Bagi pemilik wajah dengan tipe kulit berminyak, ada tantangan tersendiri saat harus berdandan. Umumnya, yang terjadi adalah riasan terlihat ‘cakey’ dan cepat luntur. Oleh karena itu, perlu jeli dalam memilih produk makeup yang tepat, tidak ketinggalan untuk produk foundation sebagai alas riasan. Kualitas dan jenis foundation akan menentukan hasil riasan akhir Anda.

Kini, di pasaran, sudah ada berbagai jenis foundation yang dapat dipilih. Tetapi, tidak seluruhnya cocok digunakan untuk jenis kulit berminyak. Sebagian besar makeup artist atau blog kecantikan menyarankan tipe kulit tersebut untuk menggunakan foundation yang memberikan hasil akhir matte (tidak mengkilap).

Foundation matte dianggap mampu menahan minyak di wajah selama Anda memakainya. Sehingga, riasan Anda terlihat tidak berminyak di beberapa bagian, misalnya dahi, hidung, dan dagu.

Sebelum mengetahui apa saja merek foundation matte yang cocok digunakan di kulit berminyak, ada baiknya Anda mengetahui beberapa tips berdandan supaya makeup Anda tetap awet, yaitu:

  • Mengoleskan primer pada zona T sebelum memakai foundation, bedak, dan produk lainnya. Sebelum menggunakan primer, Anda harus mencuci muka terlebih dahulu. Gunakan sabun muka yang mengandung glycolic acids atau salicylic acid. Kandungan ini bisa mengurangi kelebihan minyak pada wajah.
  • Disarankan untuk memakai produk makeup yang berlabel oil-free mulai dari primer, foundation, BB cream, tabir surya, blush on, dan bedak.
  • Agar terhindar dari bahaya sinar Ultraviolet (UV), Andaa bisa memakai tabir surya. Ada teknik yang bisa Anda lakukan agar tabir surya tidak membuat wajah berminyak. Caranya dengan menekan wajah yang telah dioleskan tabir surya dengan tisu. Setelah itu, Anda bisa menggunakan produk makeup.
  • Beberapa jam setelah memakai makeup, mungkin akan terlihat seperti ada riasan yang ‘pecah’ pada riasan mata. Untuk menghindari hal itu, hindari penggunaan concealer pada kelopak mata. Dianjurkan memakai primer khusus kelopak mata agar eye shadow dapat melekat dengan sempurna. Pilih juga produk riasan mata yang tahan lama dan tahan air.
  • Jika ingin mengoleskan pelembap, disarankan memakai produk dengan tekstur ringan seperti serum. Pelembab dalam bentuk serum bisa melembapkan kulit tanpa harus membuatnya terlihat berminyak.
  • Selama ini mungkin Anda berpikir, semakin banyak bedak yang dipakai, maka semakin terbebas pula wajah dari minyak. Tetapi pemikiran itu salah, justru terlalu banyak bedak yang Anda bubuhkan akan semakin merangsang pori-pori pada kulit wajah untuk memproduksi lebih banyak minyak. Jadi, bubuhkan bedak pada area yang berminyak saja. Disarankan untuk memilih jenis bedak yang memiliki formula matte translucent.

Jangan lupa untuk menyiapkan kertas minyak di dalam tas. Kertas ini bisa menjadi penyelamat ketika minyak pada wajah sudah mulai terlihat. Cara memakai kertas minyak yang benar adalah dengan menekan pada area yang berminyak. Hindari menggosok-gosokan kertas minyak pada kulit wajah.

Baca juga:  Selain Diminum, Bisakah Kapsul Natur E Digunakan Untuk Masker?

Setelah mengetahui tips supaya makeup Anda awet, kini ada beberapa merek produk matte foundation yang disarankan digunakan untuk kulit berminyak, di antaranya:

Ultima II Wonderwear Makeup. Ultima II Wonderwear Makeup Foundation hadir dengan kemampuan medium coverage. Dengan daya tahan hingga 18 jam, Anda tidak perlu khawatir saat dituntut untuk tampil makeup seharian. Foundation ini bebas minyak, tidak mengandung wewangian dan yang terpenting foundation ini non-comedogenic, jadi tidak menyebabkan pori-pori tersumbat atau timbul jerawat saat Anda harus menggunakan makeup seharian.

Ultima II Wonderwear Makeup - (Sumber: femaledaily.com)

Ultima II Wonderwear Makeup – (Sumber: femaledaily.com)

Cover Girl Outlast Stay Fabolous 3 in 1 Foundation. Anda bisa memilih Cover Gil Outlast Fabulous 3 In 1 Foundation. Hadir dengan 3 fungsi dalam 1 produk, yaitu primer, concealer dan foundation, produk ini akan membuat riasan terlihat lebih flawless dan tahan seharian.

Rimmel London Stay Matte Foundation. Rimmel London Stay Matte Foundation ini juga menarik untuk Anda pilih. Dengan formula yang ringan, foundation akan menyerap pada kulit sekaligus membantu mengontrol minyak berlebih. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengucapkan selamat tinggal pada tampilan pori-pori besar.

Maybelline Fit Me! Matte Poreless Foundation. Maybelline Fit Me! Matte Poreless Foundation memiliki formula micro-powder yang bisa mengontrol produksi minyak berlebih sehingga wajah bebas kilap seharian. Foundation ini bisa membuat tampilan pori-pori yang mengecil akan memberi efek flawless pada wajah Anda. Selain itu, produk ini juga telah teruji secara dermatologis, dan juga bersifat non-comedogenic, serta sudah dilengkapi dengan SPF 18.

Neutrogena Skin Clearing Oil-Free Makeup. Satu-satunya liquid foundation yang memiliki formula MicroClear ini tidak hanya menutupi kekurangan pada wajah namun juga mencegah sekaligus mengatasi breakout/jerawat pada kulit. Teknologi MicroClear akan memaksimalkan kekuatan salicylic acid untuk mengatasi minyak berlebih dan pori-pori tersumbat di wajah.

Neutrogena Skin Clearing Oil-Free Makeup - (Sumber: makeupwdstyle.blogspot.co.id)

Neutrogena Skin Clearing Oil-Free Makeup – (Sumber: makeupwdstyle.blogspot.co.id)

Selain produk dari luar, ada beberapa rekomendasi produk foundation merek lokal, di antaranya La Tulipe Cover Foundation for Oily Skin, Wardah Luminous Creamy Foundation Extra Cover, Mineral Botanica Original Loose Foundation), Viva Liquid Foundation, PAC Creamy Foundation Pallete, dan Makeover Ultra Cover Liquid Matt Foundation.

Untuk informasi harga beberapa rekomendasi foundation di atas, baik dari merek lokal maupun dari luar, akan disajikan pada tabel berikut ini.

Daftar Harga Foundation

Baca juga:  Gizi Super Cream Beauty Perfect with Mangosteen, Krim Anti Aging dengan Ekstrak Buah Manggis
Nama Produk Harga (Rp)
Viva Liquid Foundation 6.300
La Tulipe Cover Foundation for Oily Skin 30.000-40.000
Wardah Luminous Creamy Foundation Extra Cover 35.000-40.000
Mineral Botanica Original Loose Foundation 50.000
Rimmel London Stay Matte Foundation 120.000
Makeover Ultra Cover Liquid Matt Foundation 135.000
Maybelline Fit Me! Matte Poreless Foundation 155.000
Ultima II Wonderwear Makeup 190.000
Neutrogena Skin Clearing Oil-Free Makeup 195.757
Cover Girl Outlast Stay Fabolous 3 in 1 Foundation 210.000
PAC Creamy Foundation Pallete 412.500

Beberapa merek foundation matte tersebut dapat dijadikan sebagai referensi Anda dalam memilih produk yang sesuai dengan kulit berminyak. Harga yang tercantum pada tabel mungkin saja berbeda dengan tempat Anda membeli produk.

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: