Referensi Menu & Cara Melakukan Diet Mayo Saat Menjalankan Ibadah Puasa

Diet Mayo Diet Mayo

Melangsingkan atau menguruskan badan sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara, entah dengan cara yang instan atau dengan berproses selama beberapa waktu. yang sehat biasanya dimulai dari membiasakan gaya hidup sehat terlebih dahulu agar Anda bisa melanjutkan tersebut dalam jangka panjang. Masyarakat perkotaan sejak beberapa waktu belakangan mulai mengenal istilah mayo yang disebut-sebut efektif menurunkan berat badan. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan mayo? Amankah mayo dilakukan saat puasa?

Dilansir dari laman Alodokter, dr. Devika Yuldharia menjelaskan bahwa diet mayo adalah pengaturan yang didasarkan pada buku terbitan Mayo Clinic. Diet mayo bertujuan untuk memperbaiki pola hidup sehat dan menurunkan risiko diabetes, hipertensi, jantung, dan tidur. Diet mayo dilakukan dengan program pengaturan makanan disertai olahraga sehingga penurunan berat badan bisa berlangsung secara sehat dan maksimal.

Pengaturan makanan dalam diet mayo adalah dengan cara mengurangi makanan yang berminyak dan bergaram tinggi selama 14 hari dan minum air dalam jumlah banyak, mengurangi kalori hingga per harinya berjumlah 1.200 kalori, serta berolahraga setiap hari secara bertahap antara 5-30 menit.

Diet mayo meliputi 2 fase, antara lain fase Lose It, yakni penurunan berat badan yang diharapkan antara 2-5 kg dalam 2 minggu dengan pembiasaan diri untuk melakukan pola hidup sehat dan fase Live It, dengan target penurunan berat badan 0,5-1 kg per minggu dengan komitmen terhadap diet yang telah dijalankan supaya bisa beralih ke tahap jangka panjang.

Menu Diet Mayo

Menu Diet Mayo

Saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan, menurut dr. Devika Anda boleh saja tetap melakukan diet mayo asalkan Anda mampu menjalaninya dan tidak sampai membuat badan menjadi lemas. Prinsip diet mayo saat puasa agar berhasil adalah dengan tetap mengedepankan pembatasan jumlah kalori, makanan asin, dan berminyak. Akan tetapi untuk waktu olahraga yang tepat sebaiknya dilakukan menjelang waktu berbuka, yakni sekitar 30 menit sebelum buka puasa supaya tidak membuat Anda merasa lemas dan kehausan.

Selama menjalani diet mayo saat puasa, dr. Devika juga menganjurkan untuk makan makanan yang mengandung pemanis alami seperti kurma atau jus buah tanpa gula ketika berbuka puasa. Kemudian Anda juga disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung kadar gula terlalu tinggi, minum air putih minimal 8 gelas yang terbagi ketika sahur dan buka puasa, lalu beri jeda sekitar 1-2 jam setelah berbuka baru kemudian makan malam dengan menu makanan sehat dan bergizi.

Pada hari biasa, diet mayo biasanya menjadwalkan Anda untuk makan menu khusus diet mayo sebanyak 3 kali sehari, yakni pagi, siang, dan malam. Namun saat berpuasa Ramadan, maka menu diet mayo hanya dimakan 2 kali saja, yakni pada saat sahur dan buka puasa saja. Berikut ini contoh resep menu diet mayo selama 13 hari yang enak dan bisa Anda coba saat puasa.

HariPagi (Sahur)Sore (Buka Puasa)
18Nasi Merah

Telur Dadar

Cake

Sayur campur

Bumbu pecel

Melon

Meat ball dengan saus bulgogi

Burger

Pudding

Pepaya

29Daging giling dengan saus kari

Yoghurt

Puding

Pisang

Chicken Katsu dengan saus tomat

Kentang rebus

Sayur campur

Buah

310Sate 3 tusuk

Buah dan sayur

Saus

Cake

Sayur

Ayam panggang + saus

Kacang merah

Buah-buahan

Pudding

411Susu rendah lemak

Pudding

Pepaya

Pisang

Chicken Katsu + saus kari

Brownies

Buah-buahan

512Roti/Sandwich

Siomay

Sayur campur

Buah

Daging panggang + saus bulgogi

Cake

Pudding

Buah-buahan

613Ayam panggang + saus kari

Buah-buahan

Pudding

2 telur rebus

Energy bar (bisa Soy Joy, Fruit Bar, atau bisa juga membuat sendiri)

Pudding

Cake buah-buahan

7Nasi merah

Telur dadar

Cake

Sayur campur

Bumbu pecel

Melon

Puasa. Jika sangat lapar bisa makan 1-2 buah pisang.

Jika Anda vegetarian atau vegan, Anda bisa mengganti menu daging atau telur dengan sayuran atau semacamnya. Untuk olahan sayur, Anda bisa mencoba memasak wortel mentah yang diparut kemudian diberi perasan jeruk nipis agar rasanya lebih segar. Kemudian bisa juga mengombinasikan 1 ikat bayam dengan tomat, dan telur rebus.

Referensi Diet Mayo

Referensi Diet Mayo

Pada hari-hari pertama menjalani diet mayo mungkin akan terasa cukup berat karena lidah Anda belum terbiasa kehilangan atau tidak mengecap rasa asin. Solusinya, pada menu olahan daging seperti daging ayam, Anda bisa mengukusnya dengan sedikit unsalted butter agar terasa agak gurih di lidah. Perlu diketahui bahwa contoh menu di atas sifatnya tidak mengikat dan bebas Anda kembangkan sendiri selama masih berpatokan pada prinsip menjalani diet mayo, yakni mengurangi garam dan minyak.

Apabila Anda menginginkan referensi menu diet mayo lainnya yang murah meriah dan simple, Anda bisa langsung mengakses situs resmi diet.mayoclinic.org. Hal lain yang perlu Anda perhatikan, durasi diet mayo yang dianjurkan adalah 13 hari dan hanya dapat dilakukan 1 kali dalam setahun. Anda juga harus berhati-hati terhadap bumbu pelengkap yang mengandung garam tersembunyi seperti kecap, saus sambal, terasi, mayonaise, dan sebagainya. Konsumsi air sebanyak 2 liter sehari sebaiknya tidak dengan air es, melainkan air minum dengan suhu standar saja.

Meski terkesan sederhana, diperlukan tekat dan komitmen yang tinggi dalam menjalani diet mayo. Pasalnya jika dalam 2 minggu Anda sempat ‘cheating’ atau mengonsumsi makanan yang mengandung garam sehari saja di hari ke-7 misalnya, maka Anda harus mengulang lagi diet mayo Anda dari hari pertama. Cukup menantang bukan?

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: