Rahasia Diet Yang Berhasil: Gabungan Dari Pola Makan, Asupan Nutrisi, dan Konsistensi

Pola Makan Sehat Diet - (Sumber: pinterest.com) Pola Makan Sehat Diet - (Sumber: pinterest.com)

Berat badan ideal merupakan hal yang diinginkan, baik oleh kaum pria maupun . Terlebih untuk kaum , berbagai cara dilakukan seperti sedot lemak, atau treatment lain yang disediakan di klinik kecantikan dan . Tentunya cara ini didukung dengan teknologi yang sudah berkembang, sehingga hasilnya dapat dilihat secara instan.

Selain cara yang instan, ada cara yang sudah dikenal luas dapat mengurangi berat badan (bagi yang berlebihan berat badan) atau bagi yang ingin menjalani program hidup sehat. Cara ini disebut dengan . Sayangnya, mungkin sebagian orang tidak mengetahui bagaimana yang baik, seperti pemilihan yang seharusnya dikonsumsi.

Hal yang membuat diet menjadi rumit salah satunya adalah menghitung asupan makanan, kalori dan lain sebagainya. Persoalan tersebut lebih susah daripada menentukan seberapa banyak vitamin C yang diperlukan tubuh setiap hari atau melihat kandungan vitamin dan mineral di sebuah botol kemasan jus.

Salah satu yang harus diperhatikan dari diet adalah berfokus kepada asupan seimbang yang terkandung dalam buah-buahan dan sayuran, roti gandum, kacang-kacangan, produk berbahan dasar susu, makanan laut, daging tanpa lemak, dan lain-lain.

Untuk memberikan dasar supaya diet dapat memperoleh asupan yang seimbang dan cukup, ada dua tips yang dapat diikuti, yaitu:

  • Rendah gula. Minuman seperti softdrink, minuman berenergi, dan jenis minuman manis lain mengandung 12 sendok makan gula dalam setiap kemasannya, dengan tidak adanya nutrisi yang bermanfaat. Jenis minuman di atas tidak baik untuk kesehatan, karena dapat memicu timbulnya penyakit diabetes, obesitas, gangguan hati dan kondisi kronis lainnya. Sebaiknya memilih minuman yang rendah gula, atau jika ingin meminum kopi atau teh, bisa memilih yang tanpa gula. Minuman yang paling baik yang bisa disarankan adalah air putih.
  • Menghindari olahan karbohidrat. Roti, sereal, cemilan, dan potato chip merupakan makanan yang mengandung gula, yang tidak baik untuk tubuh. Lebih disarankan memilih makanan seperti biji-bijian, sereal dengan tinggi serat, nasi merah, gandum, buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan. Aturan umum yang baik adalah dengan memilih makanan yang setidaknya mengandung satu gram serat untuk setiap 10gram karbohidrat. Lebih baik jika setiap satu gram serat untuk setiap 5 gram karbohidrat.

Cara mudah dalam mengukur kebutuhan asupan untuk tubuh pada saat diet, cukup mengukurnya dengan kepalan tangan, sebanyak itu porsi protein yang sebaiknya dikonsumsi. Satu telapak tangan setara dengan satu dada ayam atau dua potong tempe. Untuk sayuran, porsinya kurang lebih juga bisa diukur dengan kepalan tangan, misalnya brokoli atau bayam. Menggunakan ukuran tersebut membuat Anda mendapatkan cukup protein untuk memelihara massa otot serta menyebabkan tidak cepat lapar.

Selain perlu memperhatikan kandungan di dalam makanan yang bagus untuk diet, ada hal lain juga yang harus dijalani supaya tujuan Anda berhasil. Ahli nutrisi mengungkapkan bahwa ada beberapa alasan mengapa orang gagal diet. Beberapa diantaranya adalah kurangnya usaha, komitmen, dan disiplin diet. Banyak ahli nutrisi mengatakan bahwa klien mereka kurang jujur mengenai apa saja yang mereka makan dan apa saja yang mereka lakukan.

Ahli diet asal California, Ana Reisdorf, mengungkapkan bahwa satu kliennya datang padanya dan mengatakan bahwa tak ada perubahan berarti meski ia sudah makan salad setiap hari. Saat ditanya apa isi salad tersebut, klien tersebut mengatakan bahwa isinya termasuk keju, susu kental manis, mayonaise dan tambahan gula. Ini bukan salad yang sehat.

Orang yang gagal menjalankan diet biasanya kurang berkomitmen terhadap program yang sedang dijalankan. Pada awal memulainya, niat untuk menjalankan program ini begitu besar, tetapi karena tidak memperlihatkan hasil dalam waktu singkat, tidak jarang membuat mereka menyerah.

Dengan konsisten menjaga pola makanan sehat, Anda bisa merasakan hasilnya. Seperti yang terjadi pada pasangan suami-istri di California, Amerika Serikat.Mereka telah menjalani program diet selama 9 tahun, dan mengatakan hal tersebut (diet) membuatnya lupa terhadap rasa lapar. Pasangan tersebut mengaku hanya makan tiga kali dalam seminggu, yang disebut dengan diet Breatharians, berupa sepotong buah dan kaldu sayuran. Hal itu juga dilakukan selama sang istri sedang hamil. Walaupun sedang diet, ia tidak merasa lapar selama masa kehamilan dan melahirkan seorang anak yang sehat. Berkat ketelatenannya menjalankan diet, sang istri pun merasakan perubahan setelah melahirkan anaknya, yaitu berat badannya kembali seperti semula dengan cepat.

Pola Makan Sehat Diet - (Sumber: gymaholic.co)

Pola Makan Sehat Diet – (Sumber: gymaholic.co)

Ketelatenan, komitmen, kandungan nutrisi dan memilah makanan yang seharusnya dikonsumsi adalah beberapa syarat diet dapat dikatakan berjalan dengan baik. Untuk beberapa orang dengan jam terbang tinggi, atau yang bekerja di kantoran dengan agenda padat, lupa untuk makan siang atau sarapan merupakan hal yang biasa. Hal ini dianggap kesempatan besar untuk yang sedang menjalankan program diet.

Tetapi, biasanya orang-orang akan berpikir, menunda makan siang atau sengaja tidak sarapan untuk bisa menyantap makanan berat di sore harinya. Sebuah studi mengatakan bahwa kamu diharuskan menghindari makan sebelum jam 3 sore. Hal ini dikarenakan rasa lapar dikontrol oleh circadian rhytims atau jam internal tubuh. Ketika Anda menunda makan, maka tubuh akan kesulitan memproses kalori. Sebagai gambaran, ketika berangkat dari rumah Anda sudah membawa bekal berupa salad, karena Anda menunda memakannya, maka salad menjadi tidak menarik untuk dikonsumsi, dan menginginkan makanan berlemak atau manis yang dapat memicu kenaikan berat badan.

Hal tersebut bukan berarti makan siang sebelum jam 3 sore dapat membuat berat badan Anda menurun. Tentu saja ini tergantung pada apa yang dikonsumsi. Selain memperhatikan pola makan, mengatur kandungan asupan makanan juga penting dilakukan, seperti yang telah dijelaskan di atas.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: