Program Penurunan Berat Badan Yang Berkaitan Dengan Masalah Kesehatan

penurunan, berat, badan, kebiasaan, obat-obatan, online, situs, penelitian, waktu, lama, relatif, aplikasi, di, smartphone, gratis, signifikan, dokter, ahli, nutrisi, terapis, kesehatan, obesitas Ilustrasi: pengidap obesitas

Di Amerika Serikat, ada sekelompok relawan telah bekerjasama dalam menangani berbagai masalah di bidang kesehatan. Salah satunya adalah persoalan obesitas. Tujuan para relawan itu adalah mengidentifikasi cara yang efektif untuk menolong orang dalam menurunkan berat badan.

Proses menurunkan berat badan bukan hanya soal penampilan saja. Namun, hal ini bisa berkaitan dengan pencegahan penyakit, khususnya diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung, di mana semua masalah kesehatan itu ada kaitannya dengan diabetes.

Relawan yang tergabung ke dalam The US Preventive Services Task Force (USPSTF) itu meneliti mengenai operasi atau prosedur lain, lebih berfokus kepada kebiasaan atau hal-hal medis yang berkaitan dengan program penurunan berat badan.

Para relawan itu meneliti 89 kebiasaan dalam program penurunan berat badan dari seluruh dunia, dan termasuk partisipan dari pria atau wanita berbagai etnis yang berumur antara 22 dan 66 tahun. Para partisipan itu memiliki indeks badan antara 25 dan 39.

Apa Saja Yang Ada Dalam Program Penurunan Berat Badan?

Program penurunan berat badan dilakukan selama 12 dan 24 bulan, dan termasuk 12 sesi (face-to-face/berhadapan langsung, berkelompok, atau melalui web). Beberapa spesialis telah dilibatkan seperti terapis kebiasaan, psikologis, ahli diet, ahli dalam gaya hidup sehat, dan lainnya.

Ilustrasi: program penurunan berat badan (sumber: thequint.com)

Para ahli itu nantinya akan bertugas memberikan bimbingan tentang asupan nutrisi yang cukup, aktivitas fisik yang disarankan, dan pemantauan diri, serta komponen psikologis seperti mengidentifikasi hambatan, perencanaan ke depan, pemecahan masalah, dan pencegahan.

Baca juga:  Produk Susu Formula Bayi Yang Bikin Gemuk

Peserta diminta untuk memberikan informasi tentang email dan telepon mereka. Pada dasarnya, itu adalah program intensif yang berfokus pada diet dan perubahan gaya hidup. Program diet dan gaya hidup akan bekerja secara intensif untuk menurunkan berat badan.

Hasilnya, peserta mengalami penurunan berat badan secara signifikan dibandingkan rata-rata antara 1 dan 20 pon, dengan penurunan berat badan rata-rata 5 pon secara keseluruhan, dan kehilangan 5% dari total berat badan mereka pada waktu 12 hingga 18 bulan. Tiga belas percobaan dilakukan untuk mengamati risiko diabetes, dan hasil yang dikumpulkan menunjukkan bahwa peserta memiliki risiko lebih rendah secara signifikan terkena diabetes.

Dari percobaan tersebut, ada hal yang ditekankan oleh peneliti yaitu risiko dapat diminimalkan. Hal itu merupakan pengaruh besar dari kebiasaan, bukan pengaruh dari obat-obatan.

Perbandingan Program Yang Melibatkan Kebiasaan Dengan Obat-Obatan

Hal ini berbeda dari penelitian tentang penurunan berat badan. Sebanyak 35 penelitian dilakukan untuk mencari obat-obatan seperti liraglutide, lorcaserin, naltrexone dan bupropion, orlistat, dan phentermine-topiramate. Obat-obatan itu memiliki kriteria inklusi tinggi dan tingginya tingkat kegagalan. Mengapa? Dikarenakan sebagian besar kontradiksi dan efek samping dari obat-obatan itu cukup serius.

penurunan, berat, badan, kebiasaan, obat-obatan, online, situs, penelitian, waktu, lama, relatif, aplikasi, di, smartphone, gratis, signifikan, dokter, ahli, nutrisi, terapis, kesehatan, obesitas

Ilustrasi: penggunaan pil diet

Penelitian tentang obat-obatan yang berkaitan dengan penurunan berat badan menunjukkan hasil cukup signifikan, berkisar antara 2 hingga 13 pon. Tetapi, pada akhirnya, relawan yang terkumpul dalam USPSTF harus mempertimbangkan efektivitas serta potensi risikonya.

Baca juga:  Hubungan Antara Endometriosis dan Seks yang Menyakitkan

Para relawan menyimpulkan bahwa intervensi perilaku intensif dan multikomponen pada orang dewasa dengan obesitas dapat mengarah pada perbaikan status berat badan secara signifikan dan mengurangi kemungkinan diabetes tipe 2. Diabetes jenis ini dapat menyebabkan kegemukan dan peningkatan kadar glukosa plasma. Dan, bahaya intervensi dari perilaku intensif dan multikomponen (termasuk intervensi menjaga berat badan) pada orang dewasa terbilang kecil bahkan terbilang tidak ada risiko. Pada dasarnya, program yang melibatkan kebiasaan bertujuan untuk mengubah gaya hidup demi menurunkan berat badan, dan risikonya terhadap kesehatan.

Dimana Bisa Mendaftar Program Penurunan Berat Badan?

Mungkin masih sedikit orang yang mengetahui ada program penurunan berat badan yang lebih menekankan kepada kebiasaan. Jadi, bagi sebagian besar orang, daripada mengikuti program, mungkin mereka lebih senang mengeluarkan uang bagi treatment yang hasilnya bisa didapatkan dalam waktu relatif singkat. Hal ini karena program penurunan berat badan memakan waktu cukup lama, dan didasarkan pada pengamatan oleh ahli.

penurunan, berat, badan, kebiasaan, obat-obatan, online, situs, penelitian, waktu, lama, relatif, aplikasi, di, smartphone, gratis, signifikan, dokter, ahli, nutrisi, terapis, kesehatan, obesitas

Ilustrasi: berat badan berlebihan

Sebagai contoh, Program Pencegahan Diabetes/Diabetes Prevention Program (DPP) merupakan program perubahan gaya hidup yang melibatkan kebiasaan dalam tujuan menurunkan berat badan. Program tersebut telah diteliti selama beberapa waktu dan bekerja dengan baik.

Hal itu melibatkan komitmen selama 22 sesi (secara perorangan maupun online) dan seringkali bertemu dengan ahli dalam gaya hidup. Asuransi akan menjamin program itu untuk orang-orang yang memiliki BMI lebih dari 25 dan didiagnosis pra-diabetes. Program DPP tersedia secara gratis di situs resminya, dan siapa saja bisa mengakses program itu.

Baca juga:  Mengusung Teknologi Lock + Clear, Benarkah Pond's Acne Solution Daily Expert Moisturizer Ampuh Basmi Jerawat Dalam Tiga Hari?

Namun, program itu membutuhkan banyak persyaratan selama waktu yang cukup lama, dan perusahaan asuransi tidak akan menjamin program itu selama belum diakui oleh CDC. Untuk menemukan program DPP di situs online, Anda bisa mencari tentang registrasi di CDC.

Apa Yang Anda Lakukan Jika Tidak Bisa Mengakses Program Penurunan Berat Badan?

Jika Anda tidak bisa menemukan atau mengakses program penurunan berat badan secara online, ada cara lain yang bisa dilakukan. Anda masih bisa menghubungi dokter dan membuat program sendiri. Anda bahkan bisa berkonsultasi dengan ahli nutrisi atau terapis. Anda juga bisa bertanya kepada orang sekitar mengenai informasi berkaitan dengan program penurunan berat badan. Bisa jadi Anda tergabung ke dalam suatu kelompok yang memiliki tujuan sama.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi di smartphone. Ada sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 2016, di mana hasil dari aplikasi penurunan berat badan telah digunakan selama 6 hingga 9 bulan, dan menunjukkan rata-rata penurunan berat badan yang signifikan sebanyak 2,2 pound. Beberapa aplikasi gratis yang tersedia antara lain MyFitnessPal, Lose It, Noom, Weight Watcher, dan Fooducate.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: