Produk Terbaik untuk Kulit Sensitif

Produk, terbaik, untuk, kulit, sensitif, wajah, dokter, dokter kulit, ruam, kekeringan, perawatan, kering, label, non-comedogenic, pori, jerawat, ruam, gatal, kemerahan, bahan, aroma, wewangian, mengelupas, pengelupasan, riasan, makeup, cara, merawat, tanda, ciri, kategori, gangguan, alergi, alkohol Ilustrasi: merawat kulit wanita (sumber: simpleskincare.com)

yang cepat memerah, , mengalami benjolan, ruam, atau sering mengalami kekeringan, perlu perawatan yang hati-hati agar tetap lembab, dan . Anda dapat memberikan dorongan kulit Anda dengan memilih produk yang dirancang untuk memenuhi kebutuhannya.

Saat menentukan apakah kulit sensitif atau tidak, bisa terlihat dari rutinitas perawatan pribadi, bagaimana cara merawat kulit dan memperhatikan barang-barang yang bersentuhan dengan kulit. Misalnya, deterjen dengan wewangian, produk perawatan rambut yang mengandung alkohol dan sebagainya.

Tanda dan Cara Merawat Kulit Sensitif

Benda-benda yang bersentuhan langsung dengan kulit bisa mempengaruhi kondisi kulit. Pastikan Anda selalu merawat kulit dengan lembut dan kasih sayang. Gunakan selalu produk yang lembut dan bisa menjaga kelembaban kulit. Berikut ini tanda-tanda kulit termasuk kategori kulit sensitif, seperti dilansir Bustle.

Bercak atau ruam muncul dengan mudah

Kalau kulit mudah mengeluarkan bercak atau ruam karena memakai produk tertentu dan kondisi cuaca, artinya Anda mempunyai kulit yang sensitif.

Kulit tidak menyerap wewangian dengan baik

Produk dengan wewangian tidak bereaksi dengan baik pada kulit yang sensitif. Wewangian bisa terlalu kuat dan membuat kulit iritasi

Produk membuat wajah merah atau menyengat

Sebuah tanda sensitivitas pada kulit adalah ketika produk yang dipakai sering menyebabkan wajah menjadi kemerahan atau bahkan menyengat. “Anda tahu, kulit sensitif jika sebagian besar produk yang dipakai menyebabkan kemerahan atau menyengat,” kata Dr. Eleizabeth Tanzi.

Anda memiliki alergi

Ada korelasi antara alergi yang Anda miliki dengan kulit sensitif. Pastikan dengan pemeriksaan pada dokter, apakah alergi bisa menyebabkan masalah pada kulit.

Anda belum mengubah perawatan kulit sejak lama sementara wajah masih iritasi

Jika kulit masih merah atau setelah melakukan perawatan yang sama, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit. Hal ini untuk mengetahui apa yang harus dilakukan untuk menyembuhkan kulit.

Produk, terbaik, untuk, kulit, sensitif, wajah, dokter, dokter kulit, ruam, kekeringan, perawatan, kering, label, non-comedogenic, pori, jerawat, ruam, gatal, kemerahan, bahan, aroma, wewangian, mengelupas, pengelupasan, riasan, makeup, cara, merawat, tanda, ciri, kategori, gangguan, alergi, alkohol

Ilustrasi: iritasi tak kunjung hilang usai perawatan berdurasi lama (sumber: childrenskincare.com)

Kulit sering mengelupas

Kulit yang terkelupas menandakan ada sesuatu pada kelembaban kulit. Pengelupasan yang berlebihan bisa disebabkan karena terlalu sering menggunakan bahan kimia untuk pengelupasan. Selain itu juga bisa disebabkan karena kelembaban kulit berkurang sangat parah. Seimbangkan kulit Anda dengan menggunakan pelembab yang mengandung asam hialuronat.

Kulit terasa gatal

Kulit gatal merupakan kulit kering yang parah. Kembalikan kelembaban kulit dengan dengan menggunakan produk perawatan kulit yang lebih lembut dan menghidrasi kulit untuk mengisi kelembaban kulit.

Kulit memerah

Jika kulit terus memerah, mungkin Anda mengidap rosacea. Masalah kulit sensitif ini dikategorikan oleh kulit yang memerah karena adanya gangguan sedikit pada kulit dan sering disertai dengan benjolan kecil. Ketika Anda mendapat kondisi kulit seperti ini, diskusikan dengan ahli perawatan kulit daripada mendiagnosanya sendiri. Ini adalah cara termudah untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan perawatan yang tepat untuk kulit.

Panduan Sebelum Anda Membeli Produk Skincare

Sebaiknya periksa dengan pakar seperti dokter kulit terlebih dahulu sebelum Anda menambahkan produk ke rutinitas perawatan kulit Anda, terutama jika gejala kulit sensitif Anda bisa parah. Dokter dapat membantu mencari tahu apa pemicu Anda (sehingga Anda dapat mencoba untuk menghindarinya) dan masalah apa yang ingin Anda cegah atau pecahkan. Setelah Anda memiliki gagasan yang lebih baik tentang penyebabnya, Anda dapat memilih produk yang akan sangat peduli dengan kulit Anda.

Jadilah ‘label-waspada’. Seringkali, produk yang mengatakan ‘untuk kulit sensitif’ tidak memiliki persetujuan resmi untuk melakukannya. Sebagai gantinya, uji produk pada area kulit yang kecil. Perhatikan reaksi atau kemerahan apapun. Jika kulit Anda gatal, terbakar, atau berubah menjadi merah dalam waktu 72 jam, produk itu mungkin tidak cocok untuk Anda.

Produk, terbaik, untuk, kulit, sensitif, wajah, dokter, dokter kulit, ruam, kekeringan, perawatan, kering, label, non-comedogenic, pori, jerawat, ruam, gatal, kemerahan, bahan, aroma, wewangian, mengelupas, pengelupasan, riasan, makeup, cara, merawat, tanda, ciri, kategori, gangguan, alergi, alkohol

Ilustrasi: kulit gatal dan terbakar karena skincare tidak cocok (sumber: painresource.com)

Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) dr. Abraham Arimuko, Sp.KK menyarankan untuk melakukan tes alergi bukan langsung di kulit wajah. dr. Abraham menyarankan untuk melakukan use test yakni percobaan dipakai.

“Percobaan dilakukan di belakang telinga. Belakang telinga dianggap yang paling sensitif. Artinya kalau pakai di belakang telinga aman, berarti di wajah kemungkinan aman. Kita bisa tunggu selama tiga hari,” ujar dr. Abraham Arimuko, dilansir Wolipop.

Abraham menegaskan bahwa sebaiknya wanita jangan mudah cepat bosan dengan skin care. Kunci dalam menggunakan produk perawatan adalah sabar karena untuk mendapatkan kulit sehat harus secara bertahap.
Pembersih atau Cleanser
Periksa label juga. Hindari produk exfoliating, karena mungkin memiliki bahan-bahan yang sedikit kasar, baik alami atau buatan manusia. Produk seperti microbreads menghilangkan sel-sel kulit mati dengan gesekan. Abaikan sikat dan lap mandi yang dibuat untuk tujuan yang sama. Anda tidak perlu mengelupas kulit untuk membersihkannya. Hindari pembersih dengan bahan kimia yang mengandung exfoliator, seperti asam salisilat atau asam hidroksi alfa dan beta.

Carilah produk yang:

  • Bukan sabun
  • Tanpa pengharum
  • Bebas alkohol
  • Biasanya, semakin sedikit bahan dalam suatu produk, semakin baik peluang itu tidak akan mengganggu kulit Anda.

Pelembab atau Moisturizer

Mengunci kelembaban adalah kunci untuk memerangi kulit kering, yang sering bisa menjadi penyebab eksim flare atau reaksi kulit sensitif lainnya. Pelembab yang menciptakan penghalang terbaik untuk kulit meliputi:

  • Petroleum jelly
  • Minyak mineral
  • Salep
  • dengan minyak tambahan, seperti zaitun atau jojoba
Produk, terbaik, untuk, kulit, sensitif, wajah, dokter, dokter kulit, ruam, kekeringan, perawatan, kering, label, non-comedogenic, pori, jerawat, ruam, gatal, kemerahan, bahan, aroma, wewangian, mengelupas, pengelupasan, riasan, makeup, cara, merawat, tanda, ciri, kategori, gangguan, alergi, alkohol

Ilustrasi: aplikasi perawatan wajah dengan krim pelembap (sumber: allure.com)

Hindari pewarna dan wewangian dalam pelembab Anda. Krim tebal bekerja lebih baik daripada lotion cair dalam hal menjaga kelembapan kulit. Pilih krim dengan bahan-bahan menenangkan seperti:

  • Polifenol teh hijau
  • Kamomil
  • Aloe

Anda juga dapat mencari pelembab dengan ceramide, yang merupakan asam lemak, atau lipid, yang membantu kulit Anda menahan kelembapan.

Tabir surya

Perlindungan terhadap bahaya sinar matahari dianggap yang paling penting. Selain mencegah kerusakan kulit, tabir surya yang baik dapat melindungi Anda dari sengatan matahari, yang sering membuat masalah kulit sensitif menjadi lebih buruk. Blok terbaik adalah SPF 30 atau lebih tinggi, dan termasuk:

  • Zinc oksida (memiliki cakupan spektrum UVA lengkap), titanium dioksida, atau keduanya
  • Perlindungan broad-spectrum

Periksa bahan-bahan untuk aroma atau wewangian. Jika produk tabir surya Anda memiliki bahan tambahan berupa wewangian, maka jangan aplikasikan pada kulit Anda.

Riasan Wajah atau Makeup

Baik Anda seorang pemakai riasan wajah penuh atau hanya riasan natural, pilih produk yang tidak akan mengganggu kulit Anda. Hindari bahan-bahan seperti:

  • Alkohol
  • Kamper
  • Pewarna
  • Wewangian
  • Asam glikolat
  • Asam laktat
  • Menthol
  • Sodium lauryl sulfate (umum dalam beberapa sabun dan sampo)

Carilah produk berlabel non-comedogenic. Label ini berarti produk tidak akan menyumbat pori-pori Anda dan mungkin memicu ruam atau reaksi.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: