Referensi Merk Shampo Bayi Tanpa SLS, Sehat dan Bagus untuk Kulit

Referensi Shampo untuk Bayi - www.amazon.comReferensi Shampo untuk Bayi - www.amazon.com

Ketika membeli produk bayi, seperti shampo, pernahkah Anda memperhatikan komposisinya? Ini bukan hanya perlu, tetapi wajib untuk dilakukan.Karena, shampo bayi harus benar-benar aman dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya, seperti SLS atau biasa disebut dengan Sodium Lauryl Sulfate. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena kini sudah ada banyak produk shampo bayi tanpa SLS yang dijual di pasaran.

Sodium Lauryl Sulfate adalah komponen dominan yang kerap dijadikan sebagai bahan campuran shampo. Meskipun termasuk jenis komponen pembersih yang baik, namun jika konsentrasinya terlalu tinggi atau dipakai oleh orang dengan kondisi kulit sensitif dan bayi, bisa mengiritasi kulit kepala. SLS dapat menjadi iritan di kulit kepala karena dapat menghilangkan beberapa komponen lipid dari kutikula rambut.[1] Lalu, shampo bayi apa saja yang tidak mengandung SLS?

Pure Baby Freshy Wash 2 in 1

Bagi Anda yang ingin menghemat kebutuhan bahan kebersihan bayi, Anda bisa mencoba membeli Pure Baby Freshy Wash 2 in 1. Ini merupakan salah satu produk yang terbilang praktis, karena shampo bisa dipakai untuk mencuci rambut bayi sekaligus sebagai sabun bayi. Sungguh praktis dan ekonomis, bukan?

Baca juga:  Lima Besar Sifat Kepribadian Manusia dan Apa Artinya Bagi Psikolog

Selain dinilai praktis, shampo ini tidak mengandung SLS, sehingga aman untuk kulit si kecil. Meskipun tidak mengandung SLS, shampo tersebut memiliki tekstur yang creamy dan lembut dengan bentuk mirip gel. Busanya memang tidak terlalu banyak, namun inilah ciri produk bayi yang aman dan tidak berbahaya.

Di pasaran sendiri, Pure Baby Freshy Wash 2 in 1 dikemas dalam botol pump berisi 230 ml dengan dua varian aroma segar khas bayi. Baunya yang harum dapat mencegah dan menghilangkan bau asam keringat bayi yang berlebihan. Selain itu, shampo ini memiliki pH 5,5 yang dapat membersihkan kotoran sekaligus melembutkan kulit bayi yang baru lahir.

Pure Baby Freshy Wash 2 in 1 - id.carousell.com

Pure Baby Freshy Wash 2 in 1 – id.carousell.com

Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampo

Bagi Anda yang doyan memakai skincare, pasti sudah cukup familiar dengan merek sabun Cetaphil. Nah, ternyata Cetaphil juga telah merilis produk berupa shampo sekaligus sabun badan khusus untuk bayi yang aman dan tidak mengandung SLS. Selain itu, shampo tersebut mengandung glycerin dan panthenol yang diklaim baik untuk kesehatan dan kebersihan kulit bayi.

Baca juga:  5 Kelebihan Homeschooling Dibandingkan Pendidikan Formal

Karena tidak mengandung SLS dan termasuk produk hypoallergenic, shampo sekaligus sabun bayi tersebut tidak memiliki banyak busa sekalipun Anda memakai produk dalam jumlah banyak. Kandungan glycerin dan panthenol pada produk memiliki peran sebagai penghalus kulit dan menjaga kelembapan kulit bayi. Sehingga, meskipun bayi rajin memakai Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampo, kulitnya tidak kering atau bersisik.

Tidak sulit menemukan Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampo di pasaran, Anda bahkan bisa membelinya di drugstore terdekat atau melalui e-commerce. Produk tersebut dikemas dalam botol dengan ujung berbentuk setengah lingkaran berisi 230 ml. Agar tidak tumpah, bagian atas botol dilengkapi dengan penutup model flip.

Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampo - www.lazada.com.my

Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampo – www.lazada.com.my

Pigeon Baby Shampoo Chamomile Hypoallergenic

Salah satu produsen produk bayi yang juga memproduksi shampo tanpa SLS adalah Pigeon. Dari sekian banyak shampo bayi Pigeon, salah satu shampo yang digemari para orang tua, yaitu Pigeon Baby Shampoo Chamomile Hypoallergenic. Shampo tersebut mengandung ekstrak chamomile dan jojoba oil yang bagus untuk kesehatan.

Baca juga:  Bahaya! Jauhkan Barang Kosmetik dari Jangkauan Anak

Kandungan ekstrak bunga chamomile dan jojoba oil pada shampo diklaim mampu menghaluskan, membantu proses perbaikan, melembapkan, dan menyegarkan kulit kepala bayi. Tak hanya itu, shampo tersebut juga tergolong produk hypoallergenic yang aman untuk kulit kepala bayi yang sensitif.

Tekstur Pigeon Baby Shampoo Chamomile Hypoallergenic sendiri terbilang sedikit cair dan creamy, namun tidak bisa menghasilkan banyak busa. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Dengan busa yang sedikit, shampo bisa membersihkan rambut hingga kulit kepalanya tanpa menimbulkan rasa gatal.

Pigeon Baby Shampoo Chamomile Hypoallergenic - www.bukalapak.com

Pigeon Baby Shampoo Chamomile Hypoallergenic – www.bukalapak.com

Itulah rekomendasi sejumlah produk shampo di pasaran yang tidak mengandung SLS. Pastikan Anda tidak tergiur dengan harga shampo bayi yang murah, tanpa tahu komposisinya. Sebagai orang tua yang baik, pastinya Anda harus cermat dan jeli ketika membeli produk bayi. Perlu Anda ketahui juga, kulit bayi yang sensitif akan lebih baik dirawat dengan memakai produk-produk yang bersifat hypoallergenic.

[1] Sihendra. 2010. Pengaruh Peningkatan Konsentrasi Carboxymethylcellulose Sodium (CMC-Na) sebagai Bahan Pengental terhadap Viskositas dan Ketahanan Busa pada Sediaan Shampo (Skripsi). Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: