Rekomendasi Merk Sarung Bantal Anti-Jerawat

Ilustrasi: tidur di atas bantal (pexels: Ketut Subianto)Ilustrasi: tidur di atas bantal (pexels: Ketut Subianto)

Jerawat merupakan kondisi yang sangat umum dengan melibatkan gangguan dari unit pilosebasea yang memengaruhi jutaan orang di seluruh dunia.[1] Ada banyak faktor yang menyebabkan jerawat, salah satu yang mungkin tidak disadari adalah penggunaan sarung bantal yang kurang tepat. Selain harus menggunakannya secara tepat, ternyata sudah ada beberapa produk sarung bantal anti-jerawat yang bisa Anda pakai.

Sarung Bantal Sebabkan Jerawat

Dilansir dari HuffPost, sarung bantal bisa menjadi salah satu faktor utama penyebab jerawat di kulit wajah. Secara tidak sadar, mungkin Anda menganggap sarung bantal itu bersih dan bebas dari bakteri. Namun, siapa sangka jika pillowcase bisa menjadi sarang bakteri dan kotoran. Kotoran dan bakteri ini tidak hanya berasal dari udara di rumah Anda, tetapi bisa berasal dari dalam diri Anda.

Masih dari sumber yang sama, selama tidur, setidaknya Anda akan berkeringat dan pada bagian kulit wajah serta kepala akan memproduksi minyak untuk melembapkan kulit. Minyak dan keringat ini mampu menempel di permukaan sarung bantal dan mengendap selama berhari-hari.

Diketahui, sisa minyak dan keringat mengandung protein dan asam yang menjadi makanan beberapa jenis bakteri serta menjadi kesukaan tungau. Jika Anda tidak segera mengganti dan mencuci pillowcase Anda, tak heran jika jerawat mulai muncul di kulit wajah. Setidaknya, Anda harus mengganti dan mencuci pillowcase setiap satu hingga dua minggu sekali.

Baca juga:  Faktor Yang Memengaruhi Kadar Vitamin D Dalam Tubuh
Sarung bantal

Sarung bantal

Untuk mencuci sarung bantal juga tidak bisa sembarangan, karena ada beberapa kain yang sulit dibersihkan. Sebaiknya Anda tidak mencampur pillowcase dengan baju dan cucian lain karena bisa menyerap kotoran dari cucian tersebut. Selain itu, Anda perlu merendam sarung bantal dalam air yang sudah dicampur deterjen selama 10 hingga 15 menit sebelum dicuci.

Semakin sering Anda mencuci sarung bantal, semakin bersih bantal yang Anda pakai, sehingga mampu meminimalkan risiko penyebab jerawat. Selain itu, Anda juga harus membersihkan wajah sebelum tidur. Gunakan sabun wajah dan produk pembersih lain untuk mengurangi kadar minyak berlebih saat tidur. Sangat penting memperhatikan kebersihan kulit sebelum tidur supaya tidak ada minyak yang menempel di sarung bantal.

Sementara ada beberapa orang yang terlalu sibuk dan tidak memiliki waktu untuk mencuci sarung bantalnya setiap minggu, sudah ada produk sarung bantal pintar yang berbahan kain yang diklaim anti-jerawat. Berikut rincian beberapa merek pillowcase anti-jerawat yang dapat Anda pakai.

Baca juga:  Bahaya Kandungan Zat Kimia Pada Produk & Tips Menghindarinya

Merk Sarung Bantal Anti-Jerawat

Ilustrasi: tidur di atas bantal (pexels: Liza Summer)

Ilustrasi: tidur di atas bantal (pexels: Liza Summer)

  • Shhh Silk Pillowcases. Ini merupakan salah satu merk sarung bantal anti-jerawat yang terbuat dari kain sutera. Kain sutera diklaim memiliki kemampuan menyerap kelembapan yang rendah dibanding kain katun, sehingga minyak dan kotoran tidak bisa bersarang di bagian dalam serat kain. Kain sutera juga dikenal memiliki tekstur yang halus dan lembut, sehingga tidak mengiritasi kulit sensitif, mudah berjerawat, dan sedang berjerawat.
  • Everlasting Comfort Pillow Protectors. Ini adalah pillowcase yang dipakai untuk mencegah kulit bergesekan dengan alergen atau jamur pada bantal. Seperti yang kita ketahui, bantal yang sering dipakai, tetapi tidak sering dijemur, akan berjamur di bagian permukaannya dan jamur ini diketahui bisa menyebabkan jerawat. Selain itu, sarung bantal ini diketahui tahan air (waterproof) dan hipoalergenik.
  • Peru Pima Pillowcases. Produk ini merupakan sarung bantal yang terbuat dari serat sintetis dan mirip dengan poliester yang bersifat mampu menarik minyak, sebum, dan keringat dari kulit wajah. Selain itu, pillowcase ini diklaim mampu mengatur suhu bantal yang Anda pakai, sehingga Anda terhindar dari rasa gerah dan kedinginan saat tidur.
  • Silvi Anti-acne Pillowcase. Ini merupakan salah satu jenis sarung bantal yang berbentuk lembaran dan terbuat dari sutera asli serta kain silver anti-bakteri. Anda bisa menggunakannya setiap hari dengan mudah, yakni hanya meletakkan pillowcase ini di atas permukaan bantal dan menjadikannya alas kepala saat tidur.
  • Deja Pillowcase. Jika Anda ingin tidur di atas sarung bantal yang bersih setiap hari, tak ada salahnya menggunakan Deja Pillowcase. Sarung bantal ini berbentuk lembaran yang bisa dibolak-balik. Anda hanya perlu membungkus bantal Anda menggunakan sarung bantal ini dan menggunakannya dengan cara membuka permukaan pillowcase seperti buku sebelum tidur.
Baca juga:  Punya Varian Warna Kuning Langsat, Bedak La Tulipe Two Function Cake No 2 Laris di Pasaran

Meskipun produk-produk di atas memiliki kemampuan mencegah jerawat, Anda juga perlu mencucinya. Hal ini karena setiap produk memiliki daya tahan masing-masing dalam menangkal jerawat.

[1] Pratama, Antonius Nugraha Widhi, Maulina Hari Pradipta, Afifah Machlaurin. 2017. Survei Pengetahuan dan Pilihan Pengobatan Jerawat di Kalangan Mahasiswa Kesehatan Universitas Jember. e-Jurnal Pustaka Kesehatan Universitas Jember, Vol. 5(2): 389-393.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: