Rekomendasi Produk Perawatan Terbaik untuk Jerawat Dewasa

Ilustrasi: wajah berjerawat (sumber: benzac.com)Ilustrasi: wajah berjerawat (sumber: benzac.com)

Jerawat merupakan penyakit kulit yang dialami sebagian besar penduduk di dunia dengan jumlah persentase hingga 90%.[1] Selain remaja yang memasuki masa puber, jerawat kerap dialami oleh orang dewasa dan biasanya jerawat dewasa lebih sulit dihilangkan. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir, karena ada produk perawatan kulit yang dikhususkan untuk mengatasi jerawat dewasa.

Penyebab Jerawat Dewasa

Sebelum membahas produk-produk terbaik untuk menghilangkan jerawat pada orang dewasa, tentunya Anda harus mengetahui penyebabnya. Dilansir dari HuffPost, kondisi kulit berjerawat dapat berlanjut hingga usia 30 tahun dan pada beberapa kasus ditemukan wanita berusia 50 tahun yang berjerawat.

Sama seperti jerawat remaja, jerawat dewasa bisa disebabkan hormon yang kurang stabil. Dilansir dari sumber yang sama, perubahan hormon pada remaja berasal dari masa pubertas dan akan cenderung stabil di akhir usia pubertas atau sekitar awal usia 20 tahun. Sementara, perubahan hormonal yang berkontribusi pada jerawat dewasa berasal dari sumber fisiologis yang lebih teratur, seperti siklus menstruasi dan kehamilan. Jerawat hormonal pada orang dewasa bisa dijadikan sebagai indikasi kepekaan seseorang terhadap fluktuasi hormonal alami dalam tubuh.

Seorang dokter kulit di New York bernama Michelle Henry mengatakan, jerawat pada remaja dan orang dewasa adalah hormonal dan genetik, tetapi jerawat dewasa lebih dipengaruhi androgen. Saat seseorang menua dan kehilangan estrogen, jerawat akan muncul di sekitar garis rahang dan ini adalah kondisi yang umum. Selain itu, jerawat pada orang dewasa sering diakibatkan penyumbatan pori-pori akibat penumpukan bakteri yang berlebihan.

Baca juga:  Rekomendasi Merk Lotion untuk Kulit Belang dan Gelap

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati jerawat dewasa selain terapi menggunakan obat secara oral, yakni memakai produk perawatan kulit. Untuk masalah jerawat dewasa, sebaiknya Anda memakai produk-produk yang ringan dengan formula khusus untuk membersihkan pori-pori dari bakteri serta penumpukan sebum. Berikut ini adalah rekomendasi produk perawatan kulit untuk Anda yang berjerawat di usia 20 tahun ke atas atau telah memasuki masa dewasa.

Ilustrasi: perawatan wajah (sumber: pinkvilla.com)

Ilustrasi: perawatan wajah (sumber: pinkvilla.com)

Rekomendasi Produk untuk Jerawat Dewasa

  • CeraVe Acne Foaming Cream Cleanser. Ini merupakan sabun wajah yang dipercaya mampu merawat kulit berjerawat, karena memiliki sifat antiseptik untuk mengurangi jumlah bakteri penyebab jerawat. Produk ini mengandung benzoil peroksida sebagai bahan yang aman untuk kondisi kulit berjerawat.
  • Clinique Acne Solutions Clinical Clearing Gel. Gel pembersih ini konon mengandung asam salisilat yang baik untuk mengurangi jerawat dewasa. Kandungan asam ini mampu membantu proses penyembuhan kulit akibat kerusakan yang ditimbulkan jerawat.
  • Clinique Acne Solutions Cleansing Foam. Ini adalah sabun wajah yang mengandung asam glikolat dan beberapa bahan lainnya untuk mengobati jerawat. Selain itu, produk ini diketahui mampu mencegah timbulnya jerawat sekaligus melembapkan kulit, sehingga kulit tidak kering walaupun Anda memakai sabun wajah secara rutin.
  • Glytone Mild Gel Cleanser. Bagi Anda yang memiliki masalah pori-pori tersumbat, tidak ada salahnya untuk memakai Glytone Mild Gel Cleanser yang mengandung asam glikolat. Produk ini diklaim mampu membersihkan pori-pori dengan baik dengan cara mengelupas bagian permukaan kulit tanpa mengakibatkan kulit kering.
  • CeraVe Hydrating Cream-to-Foam Cleanser. Ini merupakan produk pembersih wajah dengan busa yang lembut dan halus. Produk ini diketahui mampu menghilangkan kotoran, minyak, dan make up dengan mudah, sehingga tidak menyumbat pori-pori. Dalam satu kemasan CeraVe Hydrating Cream-to-Foam Cleanser, mengandung niacinamide dan ceramides yang konon mampu melembapkan dan menenangkan kulit berjerawat.
  • CeraVe Renewing SA Cleanser. Pembersih wajah ini mengandung asam salisilat, niacinamide, asam hialuronat, dan ceramide yang diklaim mampu mengatasi jerawat dewasa. Selain itu, sabun wajah ini mampu melembapkan dan melindungi kulit dari bakteri penyebab jerawat.
  • SkinCeuticals Glycolic Renewal Gel Cleanser. Ini adalah sabun wajah yang mengandung retinol atau asam glikolat. Produk ini konon bisa mengurangi jerawat, mengurangi peradangan, dan menurunkan tingkat produksi minyak di kulit wajah. Selain itu, pembersih wajah ini diklaim mampu membantu mencerahkan kulit wajah dan mengatasi flek.
  • PCA Skin Clearskin Facial Moisturizer. Ini adalah pelembap yang diklaim bisa mengurangi minyak di wajah dan mencegah penyumbatan pori-pori. Anda bisa memakainya setelah menggunakan sabun wajah dan toner. Moisturizer ini diketahui bisa dipakai oleh Anda yang memiliki kondisi kulit berjerawat dan berminyak.
Baca juga:  Seperti Apa Bahaya Asap Vape untuk Bayi dan Ibu Hamil?

Pilihlah salah satu produk di atas untuk mengatasi jerawat di kulit Anda. Namun, yang perlu diingat adalah hasil penggunaan produk pada setiap orang bisa berbeda, tergantung pada kondisi kesehatan kulit masing-masing.

[1] Prayitno, Nanang & Rima Nurisa Brahmani. 2011. Kejadian Jerawat pada Remaja di SMK Yadika 3. Nutrire Diaita, Vol. 3(2): 76-84.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: