Rekomendasi Produk Penumbuh Rambut Atasi Hair Loss

Ilustrasi: rambut rontok (sumber: health.com)Ilustrasi: rambut rontok (sumber: health.com)

Rambut rontok (hair loss) bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari genetik, kekurangan nutrisi, hingga stres.[1] Untungnya, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hair loss dan salah satunya adalah memakai produk perawatan rambut. Lalu, apa saja produk penumbuh rambut yang bisa mengatasi hair loss?

Jenis Kerontokan Rambut Akibat Stres

Dilansir dari HuffPost, stres berlebihan merupakan salah satu penyebab utama rambut rontok. Stres biasanya dialami ketika Anda merasa tidak nyaman dengan keadaan sekitar. Sebagai contoh, saat terjadi pandemi COVID-19, banyak orang kehilangan pekerjaan dan harus berada di rumah, sehingga rutinitas menjadi berubah dan membuat tidak nyaman.

Masih dari sumber yang sama, secara umum, ada dua jenis gangguan rambut rontok yang dialami akibat stres, yakni pattern hair loss dan telogen effluvium. Pattern hair loss merupakan kerontokan rambut yang bisa dialami oleh pria dan wanita secara alami ketika stres. Ini ditandai dengan perubahan dan berkurangnya rambut terminal yang tebal menjadi rambut vellus yang halus dan tipis secara permanen.

Sementara, telogen effluvium merupakan salah satu jenis kerontokan rambut yang memiliki gejala sama dengan pattern hair loss, bedanya ini tidak bersifat permanen. Kerontokan rambut seperti ini bisa sembuh dengan sendirinya jika Anda sudah tidak stres. Meskipun begitu, untuk menumbuhkan rambut setelah sembuh dari telogen effluvium, membutuhkan waktu yang cukup lama.

Baca juga:  Manfaat Bubuk Kopi untuk Wajah & Cara Membuatnya

Dilansir dari halodoc, ternyata stres bisa memicu risiko kerontokan rambut jenis lain, seperti alopecia areata dan trikotilomania. Alopecia areata adalah kebotakan akibat masalah emosional dan stres. Gejalanya, Anda akan mengalami peradangan atau penyakit autoimun. Sementara itu, trikotilomania adalah salah satu bentuk gangguan psikologis, ketika pasien memiliki kebiasaan menarik rambut. Kebiasaan ini tidak hanya memicu kerontokan rambut, tetapi juga kebotakan dalam jangka waktu lama.

Ilustrasi: rambut rontok (sumber: holistichair.co.nz)

Ilustrasi: rambut rontok (sumber: holistichair.co.nz)

Mengobati kebotakan akibat rambut rontok memang tidaklah mudah. Ada beberapa cara cepat yang bisa Anda lakukan seperti tanam rambut di batok kelapa. Namun, cara ini terbilang mahal dan membutuhkan waktu penyembuhan yang lama. Sebagai solusi lainnya, Anda bisa mencoba menggunakan produk penumbuh rambut seperti berikut.

Produk Penumbuh Rambut untuk Rambut Rontok

  • Nutrafol Women. Ini adalah salah satu produk penumbuh rambut dengan bahan aktif berupa marine collagen, sensorik ashwagandha, saw palmetto, curcumin, tocotrienol complex, horsetail, resveratrol, dan ekstrak kelp. Berdasarkan review konsumen, produk ini bisa membuat rambut Anda tumbuh kembali dalam waktu relatif cepat. Selain itu, produk ini diklaim memiliki sifat anti-inflamasi untuk mencegah peradangan akibat kulit kering di kepala.
  • Women’s Rogaine 5% Minoxidil Foam. Ini adalah produk perawatan rambut rontok sekaligus penumbuh rambut dengan kandungan aktif minoksidil. Menurut konsumen, produk ini bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi kebotakan akibat pattern hair loss pada pria maupun wanita. Selain itu, juga diklaim mampu menumbuhkan rambut rontok akibat kemoterapi.
  • Viviscal Extra Strength Dietary Supplement. Berbeda dengan produk penumbuh rambut lainnya yang berbentuk liquid, ini adalah suplemen penumbuh rambut berbentuk kapsul. Dalam satu kapsul suplemen ini, mengandung bahan aktif berupa AminoMar C marine complex dan biotin. Menurut review konsumen, produk ini mampu menebalkan rambut dan menumbuhkan rambut. Selain itu, suplemen ini diklaim mampu mencegah kerontokan rambut, karena memiliki kandungan antioksidan tinggi dan vitamin C.
  • Keranique Hair Regrowth System. Ini merupakan paket perawatan rambut yang terdiri dari sampo, serum, tonic, dan kondisioner, dengan kandungan bahan aktif berupa minoxidil. Produk ini diklaim mampu mengatasi dan mencegah gejala kebotakan berupa rambut rontok. Selain itu, menurut review konsumen, produk ini bisa membuat rambut menjadi tampak lebih bervolume dan mengembang.
  • Vegamour GRO Hair Serum. Ini adalah serum penumbuh rambut yang memiliki komposisi bahan aktif berupa red clover, mung bean, curcuma longa, nicotiana benthamiana, dan caffeine. Produk ini bekerja dengan cara menutrisi dan merangsang pertumbuhan rambut.
Baca juga:  Bisakah Obat Dexteem Plus Digunakan untuk Mengatasi Jerawat?

Selain memakai produk penumbuh rambut, untuk mengatasi rambut rontok Anda perlu mengganti pola hidup Anda menjadi lebih sehat. Konsumsilah makanan yang mengandung banyak vitamin E dan K untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, hindari penggunaan penutup kepala dalam waktu yang lama, karena bisa membuat rambut menjadi lembap dan mudah patah atau rontok.

[1] Sari, Dani Kartika & Adityo Wibowo. 2016. Perawatan Herbal pada Rambut Rontok. MAJORITY Medical Journal of Lampung University, Vol. 5(5): 129-134.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: