Rekomendasi Produk Skincare Lokal yang Mengandung Retinol

Ilustrasi: krim perawatan wajahIlustrasi: krim perawatan wajah

Skincare yang baik sebenarnya tak melulu yang bersifat memutihkan atau mencerahkan kulit seperti produk-produk yang mengandung vitamin C. Produk skincare yang mengandung vitamin A atau turunannya seperti retinol pun kini banyak dilirik karena disebut-sebut mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit. Saat ini juga sudah banyak produk lokal yang bagus dan mengandung retinol.

Nama lain dari vitamin A adalah retinoid atau retinol. Vitamin A mudah diserap oleh jaringan dan mampu meningkatkan kandungan air kulit, sehingga manfaatnya bisa dirasakan dengan cepat. Vitamin ini bermanfaat bagi kulit, terutama dalam mengatasi permasalahan jerawat, penuaan dini, dan permasalahan kulit lainnya.

Sementara kekurangan vitamin A sangat berdampak buruk bagi kesehatan kulit, di antaranya yaitu dapat menyebabkan kekeringan, pengeriputan kulit, kerontokan rambut, serta mudah terinfeksi. Salah satu senyawa turunan vitamin A yang sangat bermanfaat bagi kulit adalah retinol. Kandungan retinol dalam produk kosmetik sebaiknya tidak lebih dari 1,6%. Ini merupakan kadar retinol yang aman bagi kulit. Beberapa manfaat penting retinol bagi kulit, di antaranya yaitu:

  • Melepaskan sel kulit mati dan merangsang pembentukan sel baru.
  • Memiliki kemampuan menangkap radikal bebas yang dapat merusak kulit.
  • Meningkatkan sistem imunitas tubuh.[1]
Baca juga:  Rekomendasi Skincare Pembasmi Maskne Paling Ampuh

Vitamin A sangat berperan dalam pembentukan lapisan tanduk. Jika terjadi defisiensi vitamin A, kulit menjadi kering, kasar, mudah mengelupas. Vitamin A terutama terdapat dalam hati, tomat, selada, kentang, wortel, dan brokoli.[2]

Retinoid – seperti Renova, Tazorac, dan produk lainnya yang dijual bebas, yang mengandung retinol – melakukan pengelupasan jauh lebih kuat terhadap lapisan atas kulit, dan juga merangsang produksi kolagen. Ingat, retinoid dan retinol meningkatkan sensitivitas kulit terhadap matahari. Ini berarti Anda harus membubuhkan keduanya sebelum tidur dan rajin-rajin mengoleskan tabir surya di siang hari.[3]

Nah, jika Anda ingin mencoba produk skincare yang mengandung retinol, berikut ini rekomendasi beberapa produk lokal yang bisa Anda pertimbangkan.

Produk Skincare Lokal dengan Kandungan Retinol

Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Avoskin Miraculous Retinol Ampoule (sumber: avoskinbeauty.com)

Avoskin Miraculous Retinol Ampoule (sumber: avoskinbeauty.com)

Produk dengan harga Rp249 ribu ini merupakan ampul pertama yang mengandung 3% Actosome Retinol. Bekerja secara efektif untuk menunda penuaan dini pada kulit. Selain retinol, Avoskin Miraculous Retinol Ampoule juga mengandung peptide, vitamin E, serta ekstrak green tea dan raspberry yang bekerja secara maksimal untuk merangsang regenerasi sel kulit baru sehingga meningkatkan produksi kolagen alami pada kulit. Berfungsi untuk mengecilkan garis halus, menjaga kekenyalan kulit, dan mencerahkan kulit. Tak hanya ampoule, ada juga versi sheet mask dan toner dari Avoskin yang juga mengandung retinol dengan fungsi tak jauh berbeda.

Baca juga:  Apa Benar Minuman Soda Diet 0 Kalori Lebih Sehat?

Somethinc Level 1% Retinol

Somethinc Level 1% Retinol (sumber: sociolla.com)

Somethinc Level 1% Retinol (sumber: sociolla.com)

Alternatif produk lokal lainnya adalah dari Somethinc. Produk ini mengandung retinol 1% dengan teknologi Enkapsulasi Gentinol-200 dengan kemampuan yang diklaim lebih stabil, aman digunakan kulit sensitif, dan diformulasikan dengan pH setara pH kulit, yakni 5-6 sehingga tidak membuat kulit iritasi. Selain itu, Ceramide3 & Hyaluronic Acid dalam retinol ini melindungi kulit dari radikal bebas, anti polusi, dan menjaga kadar air di lapisan kulit. Ada pula kandungan UV absorber untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan memperlambat proses oksidasi. Harganya dibanderol cukup murah, Rp155 ribu saja.

For Skin’s Sake Repair Retinol Overnight Cream

For Skin’s Sake Repair Retinol Overnight Cream (sumber: shopee)

For Skin’s Sake Repair Retinol Overnight Cream (sumber: shopee)

Produk retinol berikutnya yang tak kalah berkualitas adalah dari FSS. Krim malam seharga Rp240 ribu ini diklaim dapat memperlambat penuaan berkat kandungan 0,1% retinol di dalamnya. FSS Repair Retinol Overnight Cream bekerja dengan cara melawan tanda-tanda penuaan dini, menyamarkan garis-garis halus, dan meningkatkan produksi kolagen kulit Anda di malam hari. Pelembab ini dirancang untuk bekerja saat Anda tidur, yakni saat kulit Anda paling mudah menerima nutrisi serta memperbaiki dirinya sendiri.

Baca juga:  Simpel, Ini Cara Mengobati Fungal Acne dengan Shampo Anti Ketombe

Selain produk-produk yang telah disebutkan di atas, masih banyak pilihan retinol lokal lainnya seperti VotrePeau Retinol Serum, Elsheskin Active Rejuvenating Night Serum, hingga Beaussentials Anti-Aging Cream + Vitamin Gel. Produk-produk tersebut bisa Anda temukan di official store masing-masing brand yang ada di situs e-commerce.

[1]Muliyawan, D dkk. 2013. A-Z tentang Kosmetik (hlm 289). Jakarta: Elex Media Komputindo.

[2]Kusumadewi.2002. Perawatan dan Tata Rias Wajah Wanita Usia 40+ (hlm 41-42). Intarina H, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

[3] Birnbaum, C. 2008. Universal Beauty – Panduan Kecantikan (hlm 53). Terjemahan oleh: Martha W. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: