Ingin Menghilangkan Milia? Ini Produk Kecantikan Penghilang Milia yang Bisa Dicoba

Perawatan Menghilangkan Milia - www.shutterstock.comPerawatan Menghilangkan Milia - www.shutterstock.com

Beberapa dari Anda mungkin pernah atau sedang memiliki milia. Sepintas tampilan milia menyerupai jerawat. Walaupun kabarnya tak menyebabkan masalah yang terlalu serius, kehadiran milia di sekitar mata atau pipi biasanya bisa sangat mengganggu kepercayaan diri seseorang. Oleh sebab itu orang-orang yang memiliki milia biasanya mencari berbagai macam cara untuk menghilangkan milia. Apabila Anda datang ke dokter, biasanya milia dihilangkan dengan bantuan jarum khusus. Selain dengan datang ke dokter, Anda juga bisa menghilangkan milia sendiri dengan bantuan produk-produk kecantikan.

Menurut Windiyati & Tjahjono (2019), milia adalah proses keratinisasi kulit yang terjadi pada ujung folikel rambut. Penyebabnya adalah akumulasi sebum pada folikel rambut. Kondisi ini biasanya menyertai kulit yang kering. Milia berbentuk kecil, keras, dan berwarna putih. Perawatan yang dilakukan untuk membersihkan milia yaitu dengan menggunakan sebuah jarum steril yang ditembuskan pada kulit lapisan atas kutikel untuk membebaskan milia.

Untuk menghindari kemunculan milia, Anda sebaiknya dapat mulai membersihkan wajah secara benar, misalnya saja dengan menggunakan teknik double cleansing, produk-produk yang menggunakan asam salisilat, menggunakan produk yang berbahan retinol, melakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit dengan bantuan exfoliator kimia, atau semacamnya. Nah, agar tidak penasaran, berikut ini rekomendasi produk kecantikan penghilang milia yang mungkin bisa Anda coba.

St. Ives Blemish Control Apricot Scrub

Produk St Ives Blemish Control Apricot Scrub dijual dengan harga sekitar Rp69 ribuan di pasaran. Exfoliator ini memiliki scrub yang mengandung 2% salicylic acid yang diklaim mampu membersihkan pori-pori kulit secara lembut dan mencegah datangnya jerawat. St. Ives Blemish Control Apricot Scrub pun diklaim memiliki formula yang sudah teruji secara dermatologis, tidak mengandung paraben, minyak, dan juga tak menyebabkan alergi.

St. Ives Blemish Control Apricot Scrub - id.carousell.com

St. Ives Blemish Control Apricot Scrub – id.carousell.com

Himalaya Herbals Purifying Neem Scrub

Merupakan produk yang dirancang untuk membuat wajah bersih dan terbebas dari masalah kulit. Produk ini mengandung Neem yang dikenal dengan manfaat anti bakterinya yang dapat menjernihkan kulit dengan menghilangkan masalah kulit yang disebabkan oleh bakteri. Produk ini juga diperkaya oleh Apricot, secara lembut mengangkat komedo dan sel kulit mati. Wajah pun tampak halus, bersih, segar, dan bebas dari masalah kulit. Himalaya Herbals Purifying Neem Scrub dibanderol dengan harga mulai Rp25 ribu.

Himalaya Herbals Purifying Neem Scrub - gorgeousmantra.com

Himalaya Herbals Purifying Neem Scrub – gorgeousmantra.com

First Aid Beauty FAB Skin Lab Retinol Serum

Tak hanya menggunakan produk eksfoliator, Anda pun bisa mencoba produk yang mengandung retinol untuk menghilangkan milia. Salah satu produk retinol yang juga banyak direkomendasikan adalah First Aid Beauty FAB Skin Lab Retinol Serum. Produk ini diklaim cocok untuk kulit sensitif karena tak akan menimbulkan iritasi atau kemerahan. Di dalamnya mengandung retinol dan peptide untuk mencegah garis halus dan penuaan dini di kulit.

First Aid Beauty FAB Skin Lab Retinol Serum - (Youtube: No BS Beauty)

First Aid Beauty FAB Skin Lab Retinol Serum – (Youtube: No BS Beauty)

Tsubu Night Pack

Produk lain yang tak kalah recommended adalah Tsubu Night Pack. Produk yang berbentuk mirip salep ini adalah produk buatan Jepang yang dibanderol dengan harga sekitar Rp370 ribu. Tsubu Night Pack memang tak seperti produk lain yang bisa ditemukan dengan mudah di drugstore atau toko kosmetik, tetapi biasanya lebih banyak dijual secara online. Tak hanya diklaim dapat menghilangkan milia, Tsubu Night Pack pun disebut-sebut bisa menghilangkan skin tag atau bercak-bercak merah, wart (kutil), hingga menyamarkan kantung mata yang hitam. Krim ini bekerja dengan cara mengeringkan milia. Setelah milia atau kutil mengering, maka kulit akan terkelupas dengan sendirinya.

Tsubu Night Pack - my.carousell.com

Tsubu Night Pack – my.carousell.com

COSRX AHA/BHA Clarifying Toner

COSRX AHA/BHA Clarifying Toner adalah produk skincare asal Korea Selatan yang diklaim dapat membantu mencegah timbulnya komedo, mengangkat sel kulit mati, sekaligus menghaluskan wajah. Produk seharga Rp200 ribu ini bekerja dengan baik untuk berbagai permasalahan wajah yang timbul karena kurang tidur, pengaruh lingkungan dan juga untuk kulit berjerawat. Selain itu juga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, memperbaiki dan menghaluskan tekstur wajah, sekaligus mengembalikan kondisi kulit wajah.

Perlu Anda ingat bahwa setiap orang bisa memunculkan reaksi yang berbeda-beda setelah penggunaan produk-produk tertentu. Apabila Anda merasa tidak cocok atau mengalami iritasi usai mencoba suatu produk, sebaiknya segera hentikan pemakaian dan memeriksakan kondisi Anda ke dokter agar memperoleh penanganan yang tepat.

COSRX AHA/BHA Clarifying Toner - www.ranioktavia.com

COSRX AHA/BHA Clarifying Toner – www.ranioktavia.com

Referensi:

Baca juga:  Teknik Pelekatan Yang Baik & Cerita Di Balik Proses Menyusui

Windiyati, Tjahjono Mayasari. 2019. Perawatan Kecantikan Kulit. Lystiani N, editor. Jakarta (ID): Gramedia Pustaka Utama.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: