Sering Dikira Produk Impor, Pisang Sunpride Sebenarnya Jenis Pisang Apa?

Ilustrasi: buah pisang (unsplash: Brett Jordan)Ilustrasi: buah pisang (unsplash: Brett Jordan)

Pisang di Indonesia sangat banyak jenisnya, salah satunya adalah pisang Cavendish. Pisang Cavendish memiliki nilai ekonomi yang tinggi, terutama untuk komoditas ekspor.[1]Buah pisang varian Cavendish (Musa acuminata AAA group) merupakan spesies buah pisang yang dapat ditemukan secara luas di Asia Tenggara.[2]Sebagian dari Anda mungkin masih bingung, sebenarnya pisang Cavendish ini merupakan jenis pisang apa? Di Indonesia, pisang ini lebih dikenal dengan sebutan Pisang Ambon Putih.[3] Pisang Cavendish di Indonesia diproduksi oleh brand Sunpride.

Pisang Cavendish merupakan komoditas buah tropis yang sangat populer di dunia karena mudah dijumpai, bernutrisi tinggi, dan rasanya yang enak. Pisang Cavendish dalam dunia agrikultur modern banyak dikembangbiakkan menggunakan metode kultur jaringan. Keunggulan bibit pisang hasil kultur jaringan dibandingkan dengan bibit dari anakan adalah bibit kultur jaringan terbebas dari penyakit seperti layu moko akibat Pseudomonas solanacearum dan layu panama akibat Fusarium oxysporum cubense.

Sementara itu, pisang Cavendish Sunpride sendiri adalah pisang asli Indonesia yang ditanam di kebun milik grup Gunung Sewu Kencana yang berada di Lampung dan Blitar. Pisang Cavendish banyak dianggap sebagai buah impor karena kulit pisang yang relatif mulus serta warnanya yang kuning cerah. Kulit pisang Cavendish Sunpride yang mulus diklaim sebagai hasil dari perawatan sejak pembibitan, penanaman, panen, proses pengepakan hingga pengiriman yang memiliki standar tinggi demi menjaga kualitas produk hingga ke tangan konsumen.

Baca juga:  Katalog Ukuran Cooker Hood Modena untuk Dapur Bersih dari Asap

Varian pisang Cavendish Sunpride tersedia dalam bentuk satu sisir, Pisang Cavendish cluster, Pisang Cavendish Single, Pisang Cavendish pack Mini Banana, serta Pisang Cavendish Sunpride Highland Banana yaitu Pisang Cavendish yang diklaim pertama dan satu-satunya di Indonesia yang ditanam di dataran tinggi di atas 700 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Dilansir dari situs resminya, perkebunan berkelas dunia ini telah mampu menghasilkan pisang berkualitas tinggi yang juga telah menembus pasar ekspor. Standar internasional telah dipraktikkan Perkebunan Gunung Sewu Kencana Group dengan menerapkan konsep daur ulang dengan sistem Zerowaste –Reducing, Reusing and Recycling– sehingga membuat perkebunan ini mendapat sertifikasi Global GAP.

Pisang Sunpride jenis Cavendish (sumber: biggo.id)

Pisang Sunpride jenis Cavendish (sumber: biggo.id)

Global G.A.P adalah standar untuk menerapkan sistem pertanian yang baik dengan mengadopsi praktik-praktik budidaya yang aman dan berkelanjutan yang sudah dikenal dan diakui oleh semua retailer penting di seluruh dunia dan telah menjadi referensi kunci dalam penerapan sistem pertanian yang baik dalam global market place.

Baca juga:  Cara Membuat Makanan Kucing Seperti Whiskas Varian Dry Food dan Wet Food

Pisang Cavendish Sunpride kabarnya tidak menggunakan rekayasa genetik seperti GMO. Selain itu, demi memastikan tidak ada residu pestisida, logam berat dan formalin yang berbahaya jika dikonsumsi oleh konsumen, Pisang Cavendish Sunpride secara konsisten setiap 6 bulan sekali diuji oleh lembaga SUCOFINDO untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi dengan rasa terbaik yang terjaga keamanan pangannya.

Pisang Cavendish memiliki ciri yang bisa dilihat seperti bagian daging buah dari pisang ini yang berwarna putih kekuningan, kemudian rasanya manis agak asam, dan teksturnya lunak. Kulit buah pisang Cavendish agak tebal berwarna hijau kekuningan sampai kuning dengan permukaan halus.

Kandungan Kalori Pisang Cavendish Sunpride

Pisang cavendish tidak hanya terkenal karena rasanya yang lezat tapi juga khasiatnya yang bermanfaat untuk tubuh. Buah ini disebut memiliki banyak kandungan gizi, yaitu riboflavin, mangan, vitamin A, vitamin B6, niacin, serat, protein, vitamin C, besi, kalium, folat, dan magnesium.

Baca juga:  Ide Bisnis & Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga Yang Sukses Berwirausaha

Buah pisang Cavendish memiliki ukuran yang pas, tidak terlalu kecil, juga tidak terlalu besar. Tingkat kekenyangannya pun pas di perut. Tak heran jika pisang Cavendish seperti besutan Sunpride ini banyak dikonsumsi untuk orang-orang yang sedang berdiet. Dalam satu biji pisang Cavendish ukuran 18-20 cm, setidaknya terdapat kandungan makanan 105 kalori, 14,4 gram gula, 3,1 gram serat, dan 1,3 gram protein yang kombinasinya disebut-sebut cocok bagi pelaku diet.

[1]Widayatmo, AN &Anggi N. 2019. Identifikasi Morfologi Aksesi Pisang Cavendish pada Fase Pembibitan dan Produksi di Lampung. Buletin Agrohorti. 7(2): 138-144.

[2]Nurrahmah, A dkk. 2017. Pengaruh Pengemasan Buah Pisang Cavendish (Musa acuminata AAA Group) dalam Plastik Vakum terhadapKondisi Fisik, Fisiologis, dan Ekspresi Gen Selama ProsesPematangan Buah. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni, Bandung: 19-20 April 2017.

[3]Nisa C, Rodinah. 2005. Kultur Jaringan Beberapa Kultivar Buah Pisang (Musa paradisiacal L.) dengan Pemberian Campuran Hormon NAA dan Kinetin. Bioscientiae. 2: 23-36.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: