Pilihan Susu Formula yang Bagus untuk Bayi Usia 0-6 Bulan

Susu Bayi - newbornbaby.com.au Susu Bayi - newbornbaby.com.au

Bayi yang baru lahir sudah seharusnya memperoleh nutrisi yang cukup lewat air (ASI). Bahkan setiap yang baru melahirkan juga dianjurkan untuk memberikan ASI eksklusif hingga 6 bulan. Tetapi kadang ada beberapa kondisi yang menyebabkan para ‘terpaksa’ untuk memberikan sebagai makanan pendamping untuk melengkapi kebutuhan nutrisi putra-putrinya. Lalu seperti apa sebaiknya yang bagus untuk bayi usia 0-6 bulan?

Susu formula yang bagus pada dasarnya bersifat sangat relatif. Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah apakah anak Anda cocok atau tidak mengonsumsi suatu produk susu formula. Susu formula yang cocok dikonsumsi biasanya tidak menimbulkan reaksi alergi atau ketidakcocokan seperti diare, sering batuk, sesak, dan lainnya.

Susu Bayi - newsatjama.jama.com

Susu Bayi – newsatjama.jama.com

Jika berdasarkan pengamatan ternyata bayi Anda menunjukkan reaksi-reaksi tersebut, maka sebaiknya hentikan konsumsi produk dan segera berkonsultasi ke . Berikut ini ada beberapa alternatif susu formula yang dikenal bagus untuk bayi usia 0-6 bulan.

S-26 Promil Gold

S-26 Promil Gold merupakan susu formula premium produksi Wyeth Nutrition yang diklaim memiliki kandungan vitamin berlimpah. Susu ini diperkaya kandungan protein dengan kadar whey (alfa laktalbumin 40%) yang diklaim mudah dicerna . Susu lain biasanya hanya memiliki kadar alfa laktalbumin sekitar 18%.

S-26 Promil Gold juga disebut-sebut memiliki kandungan lemak 100% campuran lemak nabati, sehingga baik untuk tubuh dan bebas gula tambahan (sukrosa). Kelebihan lain dari produk susu S-26 Promil Gold adalah mudah ditemukan di berbagai pusat perbelanjaan seperti swalayan maupun minimarket layaknya Indomaret dan Alfamart.

Sayangnya produk ini hanya tersedia dalam kemasan kaleng, jadi siapkan budget lebih apabila hendak membeli S-26 Promil Gold. Pasalnya sekaleng S-26 Promil Gold Tahap 1 isi 900 gram bisa dijual mencapai lebih dari Rp 300 ribuan. Cukup mahal bukan?

Similac Advance

Similac Advance juga bisa dijadikan pertimbangan bagi Anda yang mencari susu formula bayi 0-6 yang bagus. Berbeda dari S-26, Similac Advance merupakan makanan pendamping, jadi tak bisa dijadikan pengganti ASI atas kehendak Anda sendiri. Konsumsi susu Similac Advance hanya boleh dilakukan atas rekomendasi dokter.

Dalam susu Similac Advance mengandung zat-zat penting seperti AA dan ALA, kalsium, zat besi, vitamin, dan mineral. Di samping itu, Similac Advance juga memiliki kandungan DHA dan AA yang bermanfaat bagi perkembangan otak bayi. Karena rasa dan kandungan Similac Advance disebut-sebut mendekati ASI, merk ini pun kabarnya menjadi susu yang paling dianjurkan oleh dokter spesialis anak dibandingkan merek-merek lainnya.

Terlebih karena Similac Advance memiliki kandungan gula paling rendah dari produk sejenis. Namun jika bicara soal ‘bagus’, tentunya ada harga yang dibayar untuk mendapatkannya. Susu Similac Advance dikenal sebagai susu yang paling mahal di kelasnya. Similac Advance tersedia dalam pilihan ukuran kemasan 400 gram dan 850 gram saja dan hanya bisa ditemui di supermarket besar. Harga sekaleng ukuran 400 gr Rp 140 ribuan, sedangkan yang paling besar (850 gram) Rp 330 ribuan.

Nutribaby Royal

Nutricia Nutribaby Royal adalah produk susu formula untuk bayi umur 0-6 bulan yang diperkaya Omega 3 dan 6, AA dan DHA, laktosa, serta prebiotik dengan serat Frukto Oligo Sakarida (FOS) dan Galakto Oligo Sakarida (GOS) yang diklaim dapat membantu menjaga fungsi saluran pencernaan. Selain itu, Nutricia Nutribaby Royal juga memiliki kandungan 12 vitamin dan 9 mineral yang disebut-sebut dapat menunjang pertumbuhan bayi.

Susu Bayi - polki.pl

Susu Bayi – polki.pl

Di antara merek-merek susu lainnya, Nutricia Nutribaby Royal ternyata disebut-sebut sebagai susu premium yang paling murah di kelasnya. Namun seperti halnya kelemahan susu premium pada umumnya, Nutricia Nutribaby Royal juga tidak menyediakan kemasan kecil bagi Anda yang berencana mencobakan susu ini pada sang buah hati.

Nutricia Nutribaby Royal tersedia varian ukuran 400 gram dan 800 gram saja. Adapun untuk kemasan 400 gram (box) dijual seharga Rp 100 ribuan, sedangkan kemasan kaleng isi 800 gram harganya sekitar Rp 200 ribuan.

Meski ada banyak pilihan susu formula bayi 0-6 bulan yang bagus, ternyata Anda tak bisa hanya sekadar mempertimbangkan berdasarkan mereknya saja, apalagi mengikuti kata orang. Yang perlu Anda perhatikan tentu saja adalah kandungan dalam susu formula tersebut dan kondisi bayi Anda. Urusan harga juga bisa menjadi pertimbangan apabila Anda termasuk orang tua yang ingin lebih cermat dalam mengatur pengeluaran bulanan.

Apalagi bayi Anda lahir prematur, biasanya susu formula yang dianjurkan adalah produk yang memiliki kandungan AA dan DHA. Susu dengan AA dan DHA selama ini dikenal sebagai produk ‘susu kecerdasan’. Namun berdasarkan sejumlah penelitian, rupanya pemberian susu yang mengandung AA dan DHA lebih bermanfaat diberikan pada bayi yang prematur, bukan bayi cukup bulan. Pasalnya tak ada perbedaan yang signifikan bayi cukup bulan setelah mengonsumsi susu dengan AA dan DHA. Oleh sebab itu, ESPGAN, British Nutrition Foundation, dan WHO/FAO hanya menganjurkan AA dan DHA diberikan pada bayi prematur saja.

Hal lain yang juga perlu Anda cermati adalah penambahan kandungan prebiotik atau sinbiotik dalam sufor. Kedua kandungan ini diklaim dapat memperbaiki saluran cerna. Namun penambahan kandungan tersebut sebenarnya tidak terlalu substansial selama bahan dasar susu formula bisa diterima oleh saluran cerna buah hati Anda. Sehingga jangan terburu merasa ‘wajib’ untuk membeli susu yang mengandung prebiotik atau sinbiotik.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: