Pilihan Produk Tabungan di Bank Terbaik untuk Anak & Bayi

Tabungan untuk Anak & Bayi

Kebiasaan menabung memang perlu dibiasakan sejak kecil agar ketika dewasa nanti buah hati Anda terbiasa berhemat dan juga memiliki simpanan untuk masa depan. Bagi Anda yang peduli akan kelangsungan hidup maupun -anak Anda di masa mendatang, tak ada salahnya membukakan rekening tabungan sejak buah hati Anda masih .

kini sudah banyak bank yang menyediakan tabungan khusus anak yang memungkinkan Anda menyimpan uang dan juga menikmati sederet fitur-fitur menarik yang ditawarkan pihak bank. Berikut beberapa pilihan tabungan untuk anak dan bayi yang bisa Anda coba.

TabunganKu BCA

Salah satu orang tua melalui blog pribadinya mengungkapkan pengalaman membuka rekening TabunganKu di BCA. Selain BCA, sebenarnya bank-bank lain di Indonesia juga memiliki produk TabunganKu yang terkenal dengan ciri khas utamanya, tanpa biaya administrasi bulanan (gratis biaya admin), setoran awal yang ringan, dan setoran berikutnya pun tidak terlalu memberatkan.

Tabungan untuk Anak - sekilasjabar.co

Tabungan untuk Anak – sekilasjabar.co

Rekening TabunganKu sebenarnya bukan dikhususkan untuk nasabah anak atau balita, tetapi diperuntukkan bagi umum. Akan tetapi, bila Anda ingin membukakan rekening untuk buah hati Anda, Anda juga bisa memanfaatkan produk TabunganKu dari BCA. Setoran awal pembukaan rekening cukup murah, hanya Rp 20.000 saja, sedangkan untuk setoran tunai minimum berikutnya hanya Rp 10.000. Nantinya Anda juga akan memperoleh suku bunga sesuai penempatan saldo tabungan.

Syarat pembukaan rekening cukup mudah, hanya Akta Kelahiran anak, Kartu Keluarga (KK), KTP dan NPWP wali. Dengan persyaratan tersebut, Anda bisa membukakan rekening tabungan atas nama bayi Anda. yang didapat berupa buku tabungan dan kartu ATM namun dengan batas penarikan tunai hanya 4 kali per bulan. Setelah anak Anda berusia 17 tahun, rekening tersebut wajib ditutup dan diganti rekening baru atas nama anak dan KTP yang dimiliki.

BCA SimPel

Simpanan Pelajar BCA adalah tabungan khusus bagi pelajar PAUD, SD, SMP, dan SMA berusia di bawah 17 tahun dan belum memiliki KTP. Keuntungan BCA SimPel antara lain bebas biaya administrasi, setoran awal pembukaan rekening minimum hanya Rp 5.000 dengan setoran selanjutnya sebesar Rp 1.000, serta memperoleh rekening dan kartu atas nama anak.

Sayangnya rekening SimPel ini tidak mendapat bunga dan batas penarikan tunai di ATM per hari Rp 7 juta serta limit transfer ke rekening BCA di ATM Rp 25 juta per hari. Kemudian jika melakukan transaksi debit ke-5 dalam 1 bulan yang bersangkutan, Anda akan dikenai biaya transaksi Rp 2.500.

Syarat pembukaan rekening pun cukup mudah, untuk anak usia di bawah 12 tahun wajib diwakilkan wali atau orang tua serta melengkapi dokumen berupa Akta Kelahiran atau KK, kartu identitas salah satu orang tua, NPWP orang tua, dan sebagainya.

BRI Junio

Junio adalah produk tabungan BRI yang dikhususkan untuk anak-anak berusia kurang dari 12 tahun dan usia 12-17 tahun. Adapun syarat pembukaan rekening BRI Junio untuk nasabah kurang dari 12 tahun antara lain, belum memiliki identitas, orang tua memiliki rekening tabungan BritAma/Simpedes, Kartu Keluarga/Akte Kelahiran, mengisi form aplikasi pembukaan rekening, setoran awal rekening induk Rp 250 ribu dan tabungan BRI Juni Rp 100 ribu (total untuk bundling = Rp 350 ribu), serta melengkapi dokumen orang tua/wali berupa KTP dan NPWP.

Pilihan Produk Tabungan

Pilihan Produk Tabungan

Tak jauh berbeda, untuk nasabah berumur 12-17 tahun (non-bundling) persyaratannya juga sama. Hanya saja ditambahkan syarat lain seperti sudah memiliki Kartu Pelajar (untuk tingkat SMP dan SMA/sederajat), surat pernyataan orang tua/wali yang mengetahui permohonan pembukaan rekening, fotokopi kartu pelajar yang disahkan sekolah serta aslinya, dan setoran awal Rp 150 ribu.

Ketentuan lain:

Keterangan Nominal
Setoran Selanjutnya Min. Rp 10.000
Saldo Minimum Ditahan Min. Rp 50.000
Biaya Administrasi Bulanan Gratis untuk < 12 tahun 
12 s.d < 17 tahun: Rp 5.000
Biaya Kartu ATM < 12 tahun: Rp 500
12 s.d < 17 tahun: Rp 500
Tambahan Biaya Administrasi Untuk Saldo Di Bawah Minimum Rp 10.000
Suku Bunga Sama dengan suku bunga BritAma
Administrasi Penarikan di Teller <=Rp 5.000.000: Rp 10.000
Saldo Minimum Rp 50.000
Maks Transaksi Antar Cabang Rp 300.000.000 per hari

BNI Taplus Anak

BNI Taplus Anak menawarkan sejumlah keuntungan, misalnya saja buku tabungan dan kartu debit/ATM dengan nama anak, limit transaksi ATM melalui kartu debit/ATM Rp 500 ribu per hari, orang tua memperoleh notifikasi berupa SMS terkait transaksi yang dilakukan anak, bebas biaya administrasi, jika anak sudah mencapai usia 17 tahun rekening akan dikonversi otomatis ke rekening BNI Taplus Muda.

Setoran awal minimal BNI Taplus Anak Rp 100 ribu dan setoran minimal selanjutnya (di counter teller) Rp 10.000. Syarat membuka rekening BNI Taplus Anak, cukup mengisi formulir, melampirkan fotokopi Akta Lahir/Kartu Pelajar/Kartu Keluarga dan KTP/SIM/Paspor orang tua.

BII Maybank SuperKidz

Tak jauh berbeda dari bank lainnya, Maybank juga punya produk tabungan khusus anak-anak bernama SuperKidz. SuperKidz juga menawarkan fitur gratis biaya administrasi dengan setoran awal Rp 100 ribu, saldo minimum Rp 20 ribu, serta anak Anda berkesempatan memperoleh tambahan bunga di awal tahun dari setiap kenaikan saldo rata-rata bulanan dibandingkan bulan sebelumnya.

Persyaratan pembukaan rekening Maybank SuperKidz antara lain cukup mengisi formulir pembukaan tabungan dan surat pernyataan pengoperasian Tabungan SuperKidz, melampirkan bukti identitas orang tua yang masih berlaku, serta Akta Lahir anak (bagi yang umurnya di bawah 17 tahun).

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: