Pilihan Masker Alami Yang Diklaim Berkhasiat Untuk Memutihkan Wajah

Wajah Putih Alami - (Sumber: weheartit.com) Wajah Putih Alami - (Sumber: weheartit.com)

Untuk mendapatkan kulit yang putih perlu dilakukan beberapa perawatan. Misalnya dengan cara perawatan memakai bahan kimia. Biasanya cara ini adalah dengan menggunakan krim-krim yang diklaim bisa memutihkan wajah. Produk semacam itu biasanya menjanjikan dapat memutihkan wajah dalam waktu yang singkat.

Dalam setiap hasil yang diperoleh dalam waktu yang singkat, perlu diperhatikan juga risiko dari penggunaan krim perawatan itu, karena ada kandungan bahan kimianya. Anda dituntut harus pintar memilah produk yang baik untuk kulit Anda.

Cara untuk memutihkan wajah selain menggunakan produk berbahan kimia, adalah dengan menggunakan bahan alami. Salah satunya adalah dengan menggunakan masker. Beberapa masker dari bahan alami dipercaya dapat membuat kulit wajah menjadi lebih putih. Sebelum menggunakan masker sebagai pilihan perawatan, penting juga memperhatikan kebersihan kulit wajah Anda.

Kelebihan yang dimiliki masker alami adalah karena bahan-bahan dasarnya yang terbuat dari bahan yang alami sehingga meminimalisir kandungan kimia yang berisiko untuk kulit wajah.

Dalam memutihkan wajah secara alami, Anda tidak disarankan untuk berekspektasi akan terwujud dalam waktu yang singkat. Sebagian besar dari masyarakat telah mengenal beberapa bahan yang dipercaya dapat memutihkan. Diantaranya beras dan bengkuang. Dua bahan ini memang sudah lama dikenal memiliki manfaat tersebut.

Masker Jeruk Nipis - (Sumber: merdeka.com)

Masker Jeruk Nipis – (Sumber: merdeka.com)

Akan tetapi, selain kedua bahan tersebut, masih ada beberapa bahan yang mempunyai khasiat yang sama, yaitu memutihkan wajah. Di antaranya:

  • Yoghurt. Bahan ini dikenal kaya akan asam laktat dan memiliki sifat memutihkan yang memperlakukan pigmentasi kulit dengan menekan produksi melanin. Asam laktat ini mengandung AHA (alpha hydroxy acid). Zat ini berfungsi untuk membersihkan serta mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga dapat mencerahkan kulit. Anda dapat membeli yoghurt di supermarket terdekat.
  • Jeruk nipis. Jeruk nipis diketahui memiliki kandungan vitamin C yang berguna untuk mencerahkan kulit secara bertahap. Caranya adalah dengan membelah jeruk nipis menjadi dua bagian, kemudian oleskan pada wajah. Anda juga bisa memeras jeruk terlebih dahulu, kemudian baru dioleskan ke wajah.

Jeruk nipis ini pada awalnya akan menimbulkan rasa perih. Akan tetapi, ini merupakan reaksi yang wajar. Namun, apabila Anda merasakan dampak yang lain seperti kulit wajah menjadi panas, atau timbul banyak jerawat, maka disarankan untuk berhenti memakainya.

  • Kentang. Di dalam kentang terkandung mineral seperti fosfor, kalium, sulfur yang baik untuk kesehatan kulit wajah. Cara menggunakan kentang sebagai masker yaitu mengupas kentang terlebih dahulu. Kemudian haluskan (Anda bisa menggunakan blender atau parutan). Setelah halus, campurkan dengan madu. Lalu, oleskan pada wajah dan diamkan sekitar 20 menit. Selanjutnya, bilas dengan air hangat.
  • Tomat. Buah tomat mempunyai khasiat memutihkan kulit. Tetapi, penggunaannya sebaiknya dibarengi dengan jeruk nipis/lemon. Cara menggunakan tomat sebagai masker adalah haluskan tomat (dapat menggunakan blender atau parutan). campurkan tomat yang sudah diblender tadi dengan tiga tetes air lemon, atau sedikit air putih. Lalu aduk hingga tercampur rata. Kemudian oleskan pada wajah. Tunggu hingga mengering, lalu bilas dengan air hangat.
  • Lemon. Buah ini selain digunakan sebagai bahan utama minuman, atau makanan, dapat juga digunakan sebagai bahan masker untuk kecantikan. Anda dapat melakukan langkah-langkahnya yaitu belah lemon menjadi dua bagian. Setelah itu, Anda dapat mengoleskan lemon pada area wajah. Penggunaan lemon tidak disarankan setiap hari, karena biasanya reaksi yang diberikan di kulit wajah itu perih. Sama seperti jeruk nipis, apabila Anda merasakan sensasi selain perih, maka sebaiknya hentikan penggunaan, atau segera bilas wajah Anda.
  • Pepaya. Selama ini pepaya dikenal sebagai buah yang dapat membantu pencernaan menjadi lebih lancar. Akan tetapi, pepaya juga bermanfaat untuk kecantikan.

Kandungan enzim pada buah pepaya berfungsi untuk menghilangkan radikal bebas yang ada pada wajah. Selain itu, bahan yang terkandung di dalam pepaya yang mirip dengan alpha hydroxy acid ini dapat memutihkan wajah Anda.

Masker Pepaya - (Sumber: cleanandclear.co.id)

Masker Pepaya – (Sumber: cleanandclear.co.id)

Cara membuat masker pepaya yaitu siapkan buah pepaya  sebanyak 3 sendok makan yang diblender, ⅓ cangkir kecil oatmeal, dan 1 sendok makan madu murni. Lalu, campurkan semua bahan tersebut, aduk hingga tercampur rata. Sebaiknya bersihkan wajah Anda terlebih dahulu sebelum memakai masker. Setelah wajah bersih, oleskan masker pepaya yang sudah jadi ke wajah. Diamkan sekitar 10-15 menit. Setelah itu bilas wajah Anda menggunakan air hangat.

  • Mentimun. Mentimun memiliki kandungan antioksidan tinggi dan 95% air yang mampu memberi manfaat seperti melembapkan, mencerahkan, sekaligus mengencangkan kulit wajah. Mentimun juga dapat digunakan untuk mengatasi kulit terbakar akibat sinar matahari, iritasi, hingga mengatasi wajah kusam. Untuk mendapatkan kulit yang putih, Anda juga dapat membuat mentimun menjadi masker. Langkah membuatnya yaitu siapkan ½ mentimun, dan 1 sendok makan yoghurt. Kemudian, potong mentimun menjadi kecil dan blender hingga halus, sehingga menyerupai pasta. Lalu, campurkan mentimun yang sudah halus dengan yoghurt dan aduk hingga merata. Aplikasikan pada permukaan wajah. Diamkan selama 15-20menit hingga meresap. Setelah itu, bilas dengan air hangat.
  • Buah alpukat. Buah ini mengandung vitamin A, C, dan E yang dapat mencerahkan kulit, menyamarkan noda pada wajah. Selain itu alpukat juga dapat meregenerasi sel kulit mati sehingga kulit menjadi halus. Kandungan bioten dan kolagen pada alpukat mampu menjaga kelembapan serta kekencangan kulit. Buah ini selain nikmat dikonsumsi, baik secara langsung, dijadikan bahan campuran dalam kue, makanan, atau dibuat jus. Alpukat dapat bermanfaat membuat kulit menjadi putih dengan menjadikannya masker. Caranya yaitu, pertama-tama, siapkan alpukat yang matang terlebih dahulu. Belah menjadi dua, dan ambil daging buahnya. Tekan-tekan dengan sendok atau garpu hingga halus, atau Anda dapat menggunakan blender. Tambahkan satu sendok madu asli. Madu berfungsi sebagai pembunuh kuman, pengencang kulit, mengurangi pembengkakan. Setelah itu, campurkan satu sendok yoghurt. Campurkan semua bahan. aduk hingga merata. Kemudian oleskan ke wajah Anda. Diamkan kurang lebih 10-15menit, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

Bahan alami selanjutnya adalah ubi ungu. Belum banyak yang tahu bahwa ubi ungu kaya akan karbohidrat kompleks, serat makanan dan beta karoten (karotenoid vitamin A) serta mengandung kadar mikronutrien yang seimbang.

Ubi ungu dapat digunakan sebagai pencerah wajah, karena kandungan vitamin A-nya. Ubi ungu mentah dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah, dengan cara:

  1. Ubi ungu diparut, kemudian dioleskan ke wajah.
  2. Diamkan selama 30-45 menit hingga masker mengering.
  3. Setelah itu bilas menggunakan air hangat.

Salah satu bahan alami lainnya yang sudah terkenal juga dengan khasiatnya sebagai pemutih adalah susu. Susu merupakan sumber kalsium. Susu mengandung asam laktat yang dapat mengurangi pigmentasi kulit, sehingga menjadikan kulit lebih cerah. Anda dapat memanfaatkan susu sebagai masker, dengan cara:

  1. Siapkan susu sapi atau kambing hangat sebanyak 1 mangkuk dan kain lap bersih.
  2. Rendam kain lap dan peras, gosokkan kain secara lembut ke kulit wajah.
  3. Celupkan kembali dan gosok dengan lembut, ulangi proses sebanyak 4-5kali.

Sebagai catatan, dalam penggunaan masker, disarankan untuk menghindari area mata dan bibir, karena area tersebut biasanya sensitif. Jadi, untuk meminimalisir risiko ketika menggunakan masker sebaiknya hindari area sensitif tersebut. Selain itu, untuk memaksimalkan hasil dari penggunaan masker alami, Anda dapat menggunakannya secara rutin 2-3 kali seminggu.

Masker Ubi Ungu - (Sumber: majalah.stfi.ac.id)

Masker Ubi Ungu – (Sumber: majalah.stfi.ac.id)

Apabila diperhatikan, bahan-bahan alami seperti di atas dapat Anda temukan pada produk-produk perawatan kulit yang mengklaim dapat membantu mencerahkan kulit. Bahan-bahan alami itu seperti alpukat, mentimun,tomat, lemon, susu dapat Anda temui juga di masker sachet sekali pakai atau biasa disebut sheetmask yang saat ini sedang menjadi tren di kalangan perempuan.

Terdapat hal yang perlu diperhatikan, yaitu waktu untuk mendapatkan kulit putih yang diinginkan. Karena ingin mendapatkan hasil yang cepat, tidak jarang beberapa orang menggunakan produk yang diklaim dapat memutihkan wajah dalam waktu singkat, misalnya 2 atau 7 hari.

Tetapi, sebaiknya Anda berhati-hati apabila menemukan produk yang mengklaim hasil yang seperti itu. Hal tersebut dikarenakan dianggap dapat memiliki dampak buruk dalam jangka panjang. Sehingga, supaya terhindar dari dampak buruk atau negatif, lebih baik Anda menggunakan bahan alami, atau menggunakan produk secara rutin.

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: