Pil KB Andalan untuk Kecantikan Ternyata Benar Ada! Apa Saja Manfaatnya?

Pil KB (sumber: pewtrusts.org)Pil KB (sumber: pewtrusts.org)

Pil KB termasuk salah satu alat kontrasepsi yang dinilai efektif untuk mencegah kehamilan. Tak hanya berfungsi sebagai kontrasepsi, Andalan juga kabarnya memiliki produk pil KB yang bermanfaat untuk kecantikan. Berbeda dari pil KB pada umumnya, pil KB Andalan satu ini memiliki kandungan hormon khusus yang disebut-sebut berkhasiat membuat kulit wajah lebih mulus bahkan terbebas dari jerawat.

Tentang Pil KB

Seperti diketahui, pil KB di pasaran ada beberapa macam, yakni yang mengandung hormon tunggal dan kombinasi. Dalam kondisi tidak menyusui, pil KB kombinasi merupakan pilihan pertama karena lebih efektif. Selain itu pil KB kombinasi juga bisa membuat siklus haid menjadi lebih teratur. Adapun pil KB jenis tunggal justru bisa menyebabkan perubahan pola menstruasi jika dikonsumsi oleh wanita yang tidak menyusui.

Semua jenis pil KB tidak boleh diminum saat hamil sebab kandungan hormon pil ini mungkin bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan organ reproduksi janin. Mungkin Anda bertanya: hamil kok minum pil KB? Hal seperti ini bisa saja terjadi tanpa disadari.

Baca juga:  Rekomendasi Skincare Lokal untuk Kulit Kering

Seorang wanita yang minum pil KB biasanya akan merasa yakin (99%) dirinya tidak hamil. Faktanya, mungkin saja ia termasuk ke dalam 1% yang hamil. Apalagi jika ia tidak minum pil ini secara disiplin. Sehingga, ketika ia telat haid sampai beberapa bulan, ia mungkin hanya akan menganggap telat haid itu sebagai gangguan siklus menstruasi biasa. Karena tidak mencurigainya sebagai kehamilan, ia akan terus minum pil KB. Dalam kondisi seperti ini, pil KB bisa mengganggu pertumbuhan janin yang tidak diharapkan itu.

Oleh sebab itu, ketika seorang perempuan tidak datang bulan dua kali, sebaiknya ia segera melakukan uji kehamilan. Ini penting untuk memastikan apakah telat haid itu hanya gangguan pola siklus menstruasi ataukah kehamilan. Jika ia hamil, pemakaian kontrasepsi harus dihentikan karena hormon dalam pil KB mungkin bisa mengganggu perkembangan organ reproduksi janin.[1]

Pil KB Andalan untuk Kecantikan

Andalan sebenarnya memiliki beberapa varian pil KB, yakni pil KB Andalan standar yang berisi levonorgestrel (hormon progestin) dan etinilestradiol (hormon estrogen), kemudian ada pil KB Andalan FE yang disertai zat besi, Andalan Laktasi untuk ibu menyusui, Andalan Postpil atau mini pil (pil KB darurat), serta pil KB Elzsa yang berfungsi untuk kecantikan sekaligus kontrasepsi.

Baca juga:  Kaya Manfaat, Ini Cara Membuat Masker Tomat dan Gula

Pil KB Elzsadiklaim sebagai produk pil KB premium dari Andalan yang mengandung kombinasi cyproterone acetate dan ethinylestradiol. Cara kerjanya sama dengan pil KB kombinasi pada umumnya, yakni menghambat ovulasi, mengentalkan lendir serviks, serta menipiskan endometrium sehingga sel telur yang telah dibuahi akan sulit melekat. Namun di samping itu, ada bonusnya, kulit Anda diklaim akan jadi glowing.

Progestin generasi baru yang terkandung dalam pil KB Andalan Elzsa seperti cyproterone acetate justru memiliki efek antiandrogenik. Progestin jenis ini diklaim mampu menekan kadar androgen dalam tubuh. Dampaknya, kulit wajah pun menjadi lebih mulus, halus, bebas jerawat, dan glowing. Tak heran jika pil KB dengan progestin antiandrogeniksering digunakan oleh dokter kulit sebagai salah satu terapi jerawat yang terkait hormonal. Pil KB ini juga kerap diresepkan oleh dokter kandungan untuk mengatasi sindrom polikistik ovarium atau PCOS.

Baca juga:  Tips Gunakan Steamer Wajah di Rumah dan Hal yang Tidak Boleh Dilakukan

Pada saat Elzsa diminum, peningkatan fungsi kelenjar sebasea yang berperan penting dalam terjadinya jerawat dan seboreaakan berkurang. Setelah 3-4 bulan terapi, efflorensi jerawat diklaim akan sembuh. Umumnya, kelebihan lemak di rambut dan kulit lebih dulu hilang.Untuk pengobatan jerawat, Elzsa hanya dapat digunakan apabila terapi topikal atau pengobatan dengan antibiotik sistemik tidak berhasil.

Jadi, apabila kulit Anda cenderung berminyak dan mudah berjerawat, Anda bisa mempertimbangkan untuk konsumsi pil KB yang mengandung progestin antiandrogenik, seperti Elzsa. Produk pil KB Andalan Elzsa ini terdiri dari pil 21 hari, jadi ada 7 hari Anda “libur”. Produk pil KB Andalan Elzsa untuk kecantikan ini sudah tersedia di apotek dengan harga Rp121.149 per strip. Pastikan untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika hendak mengonsumsi Elzsa.

[1]Sholekhudin, M. 2014. Buku Obat Sehari-hari. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: