Bagaimana Bentuk Gigitan Serangga Kasur/Kutu Busuk? Ini Cara Mengetahui Gejalanya

Gigitan Serangga Kasur - www.businessinsider.sg Gigitan Serangga Kasur - www.businessinsider.sg

Waspadai jika Anda menemukan beberapa tanda di sekitar tubuh Anda khususnya di bagian punggung berupa garis dan benjolan sebanyak 3 hingga 4 dan menyerupai bekas gigitan. Bisa jadi, itu adalah gigitan dari sejenis serangga kasur seperti tungau atau kutu busuk. Walaupun tidak semua benjolan atau garis merupakan salah satu pertanda bahwa Anda digigit oleh kutu kasur.

Bangun di pagi hari dengan bekas gigitan serangga tampaknya membuat kekhawatiran tersendiri. Ada banyak sekali jenis serangga malam yang dapat menggigit Anda saat tidur jika Anda tidak waspada, seperti nyamuk, laba-laba, dan yang paling mengerikan adalah kutu kasur atau tungau atau bisa juga disebut kutu busuk. Jenis serangga seperti kutu kasur ini menggigit bagian permukaan kulit Anda untuk mendapatkan makanan khusus berupa darah. Setiap serangga kutu kasur yang mengisap darah Anda akan meninggalkan bekas berupa benjolan merah yang bisa Anda lihat ketika bangun tidur. 

Seorang profesor etimologi klinis di Universitas Purdue bernama Timothy Gibb, PhD mengatakan bahwa sulit sekali mengidentifikasi gigitan kutu kasur terlebih ini sama saja dengan mengidentifikasi gigitan dari jenis serangga nyamuk. Hal ini karena reaksi setiap orang dengan gigitan serangga kasur berbeda-beda tergantung dari kekebalan tubuhnya. Selain itu, reaksi yang didapatkan oleh setiap orang terhadap gigitan serangga kasur juga berbeda-beda, bahkan di antaranya tidak merasakan apa-apa setelah digigit hanya bekas benjolan dan ruam merah saja. 

Tetapi ada juga beberapa hal yang menjadi bukti nyata bahwa Anda telah digigit oleh kutu kasur, hal ini dapat dilihat dari penampakan bekas gigitan serta reaksi dan bentuk gejala yang timbul akibat adanya gigitan kutu tersebut.

Bentuk Gigitan Serangga - insectcop.net

Bentuk Gigitan Serangga – insectcop.net

Bentuk Fisik Gigitan Serangga Kutu Kasur

Kunci dari bukti nyata bahwa Anda telah digigit oleh serangga kutu kasur yaitu memiliki sebuah tanda di permukaan kulit seperti benjolan dengan warna kemerahan. Bentuk dari benjolan ini sedikit mirip dengan benjolan ketika Anda digigit oleh serangga hutan yaitu laba-laba. Untuk perbedaan paling mencolok dari bentuk fisik gigitan serangga kutu kasur yaitu benjolan yang muncul tidaklah menyebar melainkan berkumpul jadi satu dan membentuk satu garis di bagian sisi tubuh Anda.

Garis-garis ini terdiri dari 3 hingga 4 gigitan, ini adalah kebiasaan serangga kasur di mana mereka akan menyelidiki terlebih dahulu sebelum menghisap darah Anda untuk menemukan tempat terbaik saat menghisap darah. Di Indonesia sendiri tampaknya tidak semua orang mengetahui gejala ataupun tanda yang timbul jika mereka digigit oleh kutu kasur. Hal ini pun dianggap sebagai salah satu hal biasa yang terjadi. Namun banyak juga orang Indonesia yang sadar akan bahaya gigitan kutu kasur sehingga tak jarang menjemur kasur dan memukul-mukul kasur sudah bukan menjadi salah satu hal yang jarang ditemui. Bahkan menjemur kasur sendiri sudah menjadi salah satu kebiasaan orang Indonesia di beberapa daerah.  

Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk mengidentifikasi apakah Anda memang benar digigit oleh kutu kasur yaitu dengan mencari serangga itu sendiri. Kebiasaan dari kutu kasur yaitu mereka tinggal di daerah tersembunyi di balik kasur. Untuk ciri-ciri bentuk serangga kutu kasur yaitu serangga ini memiliki ukuran tubuh sebesar biji apel dengan warna kecoklatan hingga coklat tua.

Dan sebagai ciri selain berbentuk benjolan berwarna merah, kutu kasur sangat suka menggigit di bagian-bagian tertentu dari tubuh Anda seperti lengan, leher, atau bagian belakang tubuh dan bagian kulit yang tidak tertutup kain. Kutu kasur akan sering menggigit Anda saat tidur dan lebih sering muncul di malam hari. 

Apakah Gigitan Kutu Kasur Menyakitkan?

Sebuah fakta menarik ditemukan oleh seorang profesor bernama Gibb, dalam penemuannya ia berkata bahwa kutu kasur akan lebih aktif pada malam hari tepatnya mulai pukul 02:00 WIB hingga 04:00 WIB. Ini adalah salah satu hal yang normal bagi jenis serangga parasit seperti kutu kasur karena mereka juga harus melindungi diri, mereka juga tidak ingin terlihat oleh manusia karena dapat mengancam kehidupan mereka. 

Cara Mengetahui Gejalanya Gigitan Serangga - www.nidirect.gov.uk

Cara Mengetahui Gejalanya Gigitan Serangga – www.nidirect.gov.uk

Walaupun beberapa orang akan mengatakan bahwa gigitan kutu kasur menyakitkan, tetapi kutu kasur tidak memiliki semacam sengat di bagian tubuhnya seperti lebah. Tidak terlalu menyakitkan, namun gejala yang lebih sering dirasakan yaitu gatal-gatal pada bagian permukaan kulit dengan benjolan merah. 

Gatal-gatal ini disebabkan oleh adanya zat seperti air liur dari kutu yang masuk ke dalam tubuh Anda selama kutu kasur menggigit. Selain itu, kutu kasur juga akan menyuntikkan semacam zat yang hampir mirip dengan obat bius sebelum menggigit sehingga Anda tidak akan merasakan apa-apa saat mereka menggigit permukaan kulit Anda. untuk membuat darah Anda dapat mengalir lebih mudah, kutu kasur juga menyuntikkan antikoagulan sehingga mereka akan mudah ketika menghisap darah Anda. Dan zat-zat bagian dari air liur kutu kasur yang tertinggal di permukaan kulit Anda lah yang menyebabkan rasa gatal setelah Anda bangun tidur. 

Cara Mengobati Gigitan Kutu Kasur

Durasi intensitas dari bekas dan gejala gigitan kutu kasur ini sangat bervariasi untuk setiap orang tergantung dari daya kekebalan tubuh masing-masing. Beberapa orang mungkin akan merasakan gejala gigitan mulai dari benjolan kemerahan hingga rasa gatal selama 24 jam, namun untuk bekas dari gigitan dapat bertahan hingga 5 hari. Bekas yang tertinggal yaitu hanya berupa bentuk fisik dari benjolan kemerahan di permukaan kulit tanpa adanya rasa gatal. 

Untuk mengatasi serta mengobati gigitan kutu kasur yaitu dengan menggunakan obat sejenis salep khusus untuk mengobati gatal akibat gigitan serangga yang bisa Anda dapatkan di apotek. Anda juga dapat menggunakan obat sejenis antihistamine, dan usahakan untuk tidak menggaruk bekas gigitan walaupun gatal karena dapat mengakibatkan infeksi di permukaan kulit Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: