Persiapan Umroh untuk Wanita: Siapkan 5 Hal Ini!

Persiapan umroh untuk wanita

Persiapan umroh untuk wanita agaknya akan lebih repot dibandingkan pria. Namun tidak apa-apa, kami akan mencoba memberikan referensi untukmu. Umroh ini bisa dipersiapkan jauh-jauh hari, dan memang sebaiknya seperti itu. Supaya nantinya tidak ada satu hal pun yang terlewatkan apabila ingin umroh ke Mekkah.

Ada banyak persiapan umroh untuk wanita yang bisa kamu siapkan sejak sekarang. Persiapan ini meliputi persiapan mental, persiapan fisik, hingga persiapan perlengkapan yang sebaiknya dibawa saat umroh. Persiapan ini sangatlah mutlak dan harus dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari-H keberangkatan.

Nah, kira-kira persiapan apa saja yang perlu disiapkan sekarang untuk umroh? Buat bunda yang ingin menyiapkannya mulai dari sekarang, berikut ulasan yang telah kami rangkumkan. Cek yuk!

1. Persiapan umroh untuk wanita: siapkan fisik prima

Persiapan umroh untuk wanita

Sebelum jauh mempersiapkan hal-hal yang bersifat teknis, mulailah terlebih dulu untuk menyiapkan hal-hal yang berhubungan dengan fisik. Fisik alias ketahanan tubuh akan sangat diuji saat kita melakukan umroh selama beberapa hari. Cuaca yang ekstrem dan iklim yang berbeda, tentu akan mempengaruhi fisik kita.

Baca juga:  Fungsi Krim Siang dan Malam Pond’s Flawless White Beauty

Untuk itulah, berlatih fisik menjadi hal penting yang harus dilalui sebelum mempersiapkan beberapa hal lainnya sebelum umroh. Tidak peduli pria atau wanita, semuanya harus mempersiapkan kondisi fisik yang prima. Menjaga pola makan, meminum air mineral, olahraga, hingga berpikir positif menjadi kuncinya.

2. Menjaga pola hidup yang sehat

Persiapan umroh untuk wanita

Masih berhubungan dengan latihan fisik agar memiliki fisik yang prima, menjaga pola hidup yang sehat juga menjadi bagian di dalamnya. Pola hidup yang sehat tentu dimulai dengan asupan makan yang bergizi, 4 sehat 5 sempurna. Makan tidak boleh telat, dan harus disesuaikan jam makannya setiap hari.

Selain menjaga pola makan, menjaga pola tidur juga harus dilakukan. Tidak boleh begadang, kalaupun boleh tidak sering. Harus cukup tidur agar pikiran bisa fresh dan badan menjadi bugar kembali. Kebugaran tubuh tetap dijaga dengan olahraga baik gym maupun kardio. Supaya tubuh kita mendapat asupan oksigen yang cukup.

3. Menunda haid dengan melakukan check-up ke dokter

Persiapan umroh untuk wanita

Menunda haid juga penting untuk dilakukan oleh wanita sebagai persiapan umroh untuk wanita. Sangat tidak boleh menginjakkan kaki di tempat ibadah apabila wanita sedang datang bulan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui siklus haidd sang wanita itu sendiri, dan sebisa mungkin mencegah atau menundanya.

Baca juga:  Dampak Negatif Menonton Tayangan Pornografi

Maka untuk mencegah hal tersebut, bisa dilakukan dengan check-up kepada dokter. Mungkin alternatif lain juga bisa diterapkan, yakni dengan penggunaan pil atau bahkan suntik KB. Asal semua dilakukan dengan panduan langsung dari dokter, insya Allah aman-aman saja dan boleh dilakukan.

4. Siapkan mental

Persiapan umroh untuk wanita

Selain persiapan fisik, pola hidup, dan mencegah haid, persiapan mental juga penting untuk dilakukan. Persiapan umroh untuk wanita tidak akan berhasil apabila mental yang dimiliki sangat lemah. Luruskan niat untuk beribadah. Bukan untuk pamer ke orang-orang kalau kita sedang melakukan ibadah umroh di tanah suci.

Mental positif inilah yang harus dibandung sejak dini. Tidak boleh ada rasa sombong sedikitpun untuk bermaksud pamer kepada orang-orang. Atau bahkan agar bisa dicap baik. Semua ibadah harus dilakukan dengan niat untuk menyembah Allah Yang Maha Kuasa, bukan yang lainnya. Siapkan mentalmu, ya!

Baca juga:  Sederet Produk Pelembab Untuk Atasi Kulit Kering Pada Bayi

5. Siapkan perlengkapan

Persiapan umroh untuk wanita

Perlengkapan yang harus dibawa tentu tidak cukup pakaian atau makanan saja. Butuh perlengkapan yang lengkap misalkan sajadah, atasan mukena, baju ihram, baju non ihram, celana panjang, rok, jaket, kerudung panjang, pakaian dalam hingga kaos kaki. Semua harus disiapkan dengan baik dan tak boleh terlewat.

Itu baru pakaian. Belum lagi obat-obatan pribadi bagi siapapun yang memiliki alergi atau sakit yang mudah kambuh lagi. Perlengkapan ini setidaknya harus disiapkan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Apabila sudah hari-H keberangkatan, semua tinggal dibawa dengan koper dan siap sedia.

Itulah tadi beberapa persiapan umroh untuk wanita yang sebaiknya mulai disiapkan sejak sekarang. Karena apabila persiapan kita belum matang dan sudah mendekati hari keberangkatan, kita sendiri lah yang akan merasa grusa-grusu. Segala sesuatu yang dipersiapkan sejak dini akan berjalan lancar. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: