Persiapan Sebelum Si Kecil Lahir

hal, sebelum, bayi, si, kecil, melahirkan, persalinan, pasangan, keuangan, peralatan, daftar, barang, sewa, beli, sahabat, bioskop, salon, biaya, rumah, sakit, dokter, anak, berkas, IMD Ilustrasi: merayakan kabar gembira menjelang kelahiran

Persiapan memiliki dapat terasa luar biasa, terutama jika kelahiran ini merupakan pertama. Daftar barang yang harus dibeli atau hal apa saja yang harus dilakukan tampaknya akan cukup panjang. Sulit untuk memprioritaskan proyek mana yang benar-benar penting. Ditambah dengan ketidakpastian mengenai tanggal kapan tepatnya si kecil benar-benar akan lahir.

Hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Si Kecil Lahir

Bagi Anda yang sedang mempersiapkan diri untuk menyambut buah hati, mungkin perlu menyiapkan beberapa hal di bawah ini:

Instal Kursi Mobil

Anda harus memiliki kursi khusus di mobil (car seat) sebelum Anda dapat meninggalkan rumah sakit nantinya. Kursi mobil mungkin sedikit membingungkan untuk dibeli dan sulit dipasang. Beberapa orang merekomendasikan untuk memiliki car seat dan dipasang pada usia 35 minggu .

Pelajari CPR Pada Bayi

Jika Anda belum bersertifikasi CPR, mengambil kelas CPR bayi dapat memberi Anda tingkat kepercayaan tambahan dalam pengasuhan dan dapat menyelamatkan hidup bayi Anda. Anda dapat mendaftarkan diri ke rumah sakit terdekat, pusat komunitas, atau tempat yang menyediakan training CPR. Jika Anda tidak dapat hadir, Anda dapat memesan video instruksional kepada pelatih.

Persiapkan Diri Anda Untuk Kedatangan Bayi, Bukan Hanya Kelahiran

Di masyarakat, sebagian besar akan menghabiskan banyak waktu untuk fokus pada kehamilan dan kelahiran. biasanya banyak membaca buku dan mengambil kelas yoga sebelum proses . Sebab, adalah pengalaman yang menantang, maka butuh banyak persiapan sebelum benar-benar .

hal, sebelum, bayi, si, kecil, melahirkan, persalinan, pasangan, keuangan, peralatan, daftar, barang, sewa, beli, sahabat, bioskop, salon, biaya, rumah, sakit, dokter, anak, berkas, IMD

Calon orang tua mengikuti kelas konsultasi (sumber: parents.com)

Selain membaca buku khusus persalinan, Anda juga harus membaca tentang perawatan bayi. Pelajari beberapa bab pertama pada buku-buku bayi dan soroti apa saja hal yang normal dalam memberi asupan makanan bayi, kencing, buang kotoran, dan tidur. Minta Anda untuk membacanya juga. Disarankan juga jangan lupa untuk memilih dokter anak.

Cerdas Memilih Peralatan Bayi Anda

Memasuki toko bayi bisa menjadi sesuatu yang membingungkan. Mungkin disebabkan karena terlalu banyak pilihan. Ketika Anda membuat daftar barang yang harus dimiliki, Anda bisa bertanya kepada seseorang yang baru-baru ini memiliki bayi untuk membantu Anda menyeleksi atau menambahkan daftar barang Anda.

Sewa Atau Beli

Menjamurnya tempat penyewaan barang bayi membuat Anda punya pilihan untuk membeli atau menyewa boks bayi, stroller, dan car-seat. Menyewa bisa menguntungkan karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk barang yang mahal harganya, sebentar dipakainya. Pilih metode yang paling pas untuk Anda.

Melapisi Kasur

Pelapis kasur tahan air bukan hanya perlu dipasang pada tempat tidur anak untuk menghindari ompol bayi merembes ke atas kasur, melainkan juga untuk melapisi tempat tidur Anda. Ini untuk berjaga-jaga jika air ketuban pecah pada saat Anda terlelap. Pelapis kasur tahan air juga berguna jika kelak Anda hendak memindahkan bayi dari dalam boksnya dan mengajaknya tidur siang bersama di atas kasur besar.

Daftar Ulang Rumah Sakit

hal, sebelum, bayi, si, kecil, melahirkan, persalinan, pasangan, keuangan, peralatan, daftar, barang, sewa, beli, sahabat, bioskop, salon, biaya, rumah, sakit, dokter, anak, berkas, IMD

Periksa kehamilan di rumah sakit

Bukan hanya sekolah, terkadang klinik atau rumah sakit pun memerlukan prosedur daftar ulang untuk menjamin ketersediaan tempat bagi Anda. Untuk menjamin proses persalinan berjalan lancar, tidak ada salahnya Anda mengkonfirmasikan kembali kehadiran dokter atau dokter pengganti untuk membantu proses persalinan serta jenis ruangan yang dikehendaki pada saat-saat menjelang hari H.

Cek Berkas

Cek dan kumpulkan dalam satu tempat, KTP, buku nikah, kartu keluarga, serta akta kelahiran Anda dan pasangan untuk memperlancar proses pembuatan akte kelahiran bayi. Klinik atau rumah biasanya menyediakan layanan jasa pengurusan akta kelahiran. Ada baiknya Anda pertimbangkan untuk memanfaatkan layanan tersebut.

Konfirmasi IMD

Mayoritas klinik dan rumah sakit telah menjadikan IMD (Inisiasi Menyusu Dini) sebagai bagian dari prosedur rutin pasca persalinan. Namun Anda tetap perlu mengkonfirmasi ada tidaknya IMD di rumah sakit yang akan menjadi tempat Anda bersalin. Ada baiknya Anda pun menanyakan secara detail mengenai proses yang akan dijalani agar bisa mempersiapkan diri.

Perlakuan Terhadap Tali Pusat

Umumnya, penjepitan dan pemotongan tali pusat pada bayi dilakukan segera setelah ia lahir. Tapi kini, penelitian menyatakan bahwa penundaan pemotongan tali pusat berguna menurunkan risiko anemia pada bayi Anda. Meski demikian, penundaan terlalu lama juga meningkatkan risiko jaundice (sakit kuning) pada bayi. Karenanya, bicarakan dengan pasangan serta dokter atau bidan mengenai perlakuan yang hendak Anda terapkan pada tali pusat kelak.

Kencan Dengan Pasangan

Ilustrasi: kencan dengan pasangan

Pernah mendengar istilah babymoon? Ini adalah ajang bulan madu yang dilakukan menjelang kehadiran sang buah hati. Tujuan dari babymoon adalah untuk menikmati saat romantis bersama pasangan, sebelum waktu berduaan dan jam tidur Anda terpangkas habis. Tak perlu jauh dan lama, cukup menghabiskan akhir pekan berdua untuk menguatkan hubungan Anda dan pasangan.

Pergi Dengan Sahabat

Sudah lama tidak menikmati girls day out dengan para sahabat? Kini adalah momen yang pas untuk melakukannya. Entah sekadar nongkrong di kafe, nyalon bareng, pergi ke bioskop, atau ide lainnya akan terasa menyenangkan dan ampuh meredakan berbagai keluhan kehamilan yang Anda rasakan. Telepon para sahabat sekarang juga, karena setelah si kecil hadir, Anda mungkin tidak akan punya cukup banyak waktu luang untuk melakukannya.

Mantapkan Keuangan

Mulailah mengurangi membeli barang-barang yang tidak perlu, menunda keinginan membeli tas baru atau gadget baru misalnya. Fokuskan keuangan Anda untuk kebutuhan bayi, syukur-syukur jika bisa menabung. Hitung perkiraan biaya ekstra tersebut dan alokasikan dari mana sumber pendanaannya.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: