5 Perlengkapan Umroh Wanita 9 Hari yang Tidak Boleh Dilewatkan

Jemaah umrah wanita di tanah suci (sumber: travelingyuk.com)Jemaah umrah wanita di tanah suci (sumber: travelingyuk.com)

Perlengkapan umroh wanita 9 hari butuh disiapkan jauh-jauh hari sebelum berangkat. Karena ketika sudah berangkat, akan sangat sulit untuk mencari. Jadwal umroh yang sudah ditetapkan akan sangat sulit untuk diubah. Karena itu, butuh persiapan dan dipastikan tidak ada yang tertinggal.

Perlengkapan umroh wanita 9 hari pada biasanya mencakup barang-barang yang akan dipakai selama umroh, baik di Mekkah maupun pakaian sehari-hari waktu istirahat. Belum juga dokumen-dokumen yang butuh disiapkan agar bisa menjalani kegiatan umroh sesuai dengan peraturan di Negara Arab Saudi.

Nah, kira-kira barang apa saja yang butuh disiapkan, yakni perlengkapan umroh wanita 9 hari? Cek yuk ulasannya berikut ini.

1. Perlengkapan umroh wanita 9 hari: Uang riyal

perlengkapan umroh wanita 9 hari

Perlengkapan pertama yang harus disiapkan adalah mata uang riyal. Memang sih, ini bukan termasuk perlengkapan tapi lebih ke kebutuhan. Tapi ya harus disiapkan. Mata uang riyal ini akan berguna ketika nanti di Mekkah apabila ingin membeli sesuatu, misalkan oleh-oleh untuk dibawa ke Indonesia.

Cara penukaran mata uang riyal cukup mudah, bisa dilakukan di Indonesia maupun di Arab Saudi. Kalau ingin segera disiapkan dari sekarang, bisa ditukarkan ke money changer terdekat di kotamu. Apabila ingin selisih lebih murah, maka bisa ditukarkan saat sudah di Mekkah atau Madinah.

Baca juga:  Apa Yang Akan Terjadi Jika Berhenti Konsumsi Pil KB?

2. Panduan doa dan umum

perlengkapan umroh wanita 9 hari

Tidak kalah pentingnya adalah panduan doa. Karena mungkin saja ada doa-doa yang belum dihafal ketika sebeum berangkat. Doa-doa yang cukup beragam dan jumlahnya juga banyak untuk dirapalkan ketika sedang umroh. Dan doa-doa yang ingin segera dikabulkan dalam waktu dekat.

Mengapa perlu menyiapkan doa? Karena di tempat suci, Mekkah dan Madinah, doa akan lebih mudah terkabul. Ibadah di tempat suci juga akan mendapat ganjaran lebih besar dibandingkan ketika ibadah di tempat lain. Selain panduan doa, juga bisa menyiapkan panduan umum seperti tempat wisata di Mekkah atau Madinah.

3. Makan dan minum

perlengkapan umroh wanita 9 hari

Perbedaan kultur dan budaya antara Indonesia dan Arab Saudi juga perlu disiapkan. Perlengkapan umroh wanita 9 hari pun tidak ada salahnya ketika memasukkan opsi makanan dan minuman. Karena kadang kala kita tidak langsung cocok dengan makanan di luar kebiasaan makan dan minum kita sehari-hari, bukan?

Baca juga:  5 Nasehat untuk Wanita tentang Cinta agar Jadi Idola Pria

Nah, untuk mengatasi kendala tersebut, ada baiknya untuk menyiapkan perlengkapan makanan dan minuman. Disarankan untuk jenis makanan yang praktis dan bergizi tinggi agar dapat menyuplai energi untuk beribadah. Makanan kering juga bisa dibawa, bisa dipanaskan ketika di penginapan.

4. Dokumen-dokumen penting

perlengkapan umroh wanita 9 hari

Dokumen yang penting juga butuh disiapkan jauh-jauh hari. Dokumen ini diperlukan untuk aktivitas ke luar negeri. Sama ketika kita bepergian ke luar negeri, tidak hanya saat umroh atau haji. Dokumen-dokumen tersebut meliputi paspor, akta kelahiran, buku nikah, kartu mahram, dan dokumen penting lainnya.

Dokumen ini perlu disiapkan dan dirangkap dengan rapi agar bisa diberikan ke petugas terkait dengan baik. Dokumen penting juga harus dijaga sebaik-baiknya dengan menyiapkan wadah khusus untuk dokumen dengan rapi pula. Selain itu, untuk menjelaskan kondisi kesehatan, bisa disiapkan kartu vaksinansi.

Baca juga:  Sushi, Pantangan Atau Anjuran Bagi Kehamilan Usia 3 Bulan?

5. Pakaian ibadah dan umum

perlengkapan umroh wanita 9 hari

Perlengkapan umroh wanita 9 hari yang tidak kalah pentingnya adalah pakaian ibadah dan umum. Pakaian ibadah ini kerap disebut sebagai pakaian ihram. Pakaian yang wajib dibawa untuk siapapun yang akan beribadah di tempat suci. Untuk wanita, busana gamis yang menutup aurat dan tebal adalah syarat utama.

Sebisa mungkin untuk menyiapkan pakaian ibadah yang tebal, tidak menerawan, nyaman dikenakan dan mampu menyerap keringat. Tetapi juga tidak terlalu berat pula, agar bisa bergerak dengan maksimal. Karena suhu udara di sana cukup ekstrem, disarankan membawa pakaian outer wear seperti kardigan atau jaket.

Itulah tadi ulasan singkat tentang perlengkapan umroh wanita 9 hari yang butuh disiapkan jauh-jauh hari. Hal ini dilakukan agar ibadah umroh yang akan dilakukan bisa lancar dan amalnya diterima oleh Allah Maha Kuasa. Semoga bermanfaat ya.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: