Perhitungan Biaya Nikah Sesuai Budget

perhitungan, biaya, nikah, sesuai, budget, bujet, undangan, dekorasi, katering, konsumsi, gedung, rumah, gambaran, suvenir, hotel, dokumentasi, entertainment, makeup, pengantin, bridal, attire, Rp 50, Rp 100, juta, konsep, standar, vendorResepsi pernikahan untuk dikenang seumur hidup

Pernikahan merupakan salah satu momen berharga dalam hidup, karena sebagian besar orang berharap momen itu terjadi sekali seumur hidup. Dalam menyelenggarakan acara pesta pernikahan atau resepsi, biasanya keluarga kedua mempelai akan membuat pesta semenarik mungkin sehingga berkesan bagi undangan. Dan, pesta pernikahan biasanya identik dengan pengeluaran berlebih.

Oleh karena itu, untuk menyelenggarakan pesta pernikahan, sebaiknya perhitungan biaya nikah sesuai dengan budget. Ada yang berpendapat bahwa komposisi ideal untuk biaya adalah 40 persen untuk katering dan venue, 25 persen untuk dekorasi, 15 persen untuk undangan dan souvenir, 10 persen makeup dan pakaian pengantin, 5 persen dokumentasi, dan 5 persen untuk entertainment atau hiburan.

Pesta pernikahan hendaknya dimulai dari menghitung biaya konsumsi, karena konsumsi dianggap memakan biaya paling banyak. Misalnya, jika Anda ingin mengadakan pesta di gedung, bisa menghitung perkiraan biaya dengan rumus harga katering per porsi x 85 persen x 2 x jumlah undangan. Angka 85 persen merujuk kepada tingkat kehadiran undangan. Kemudian, angka dikali 2 (dua) karena biasanya tamu yang datang membawa pasangan.

Jika rencananya pesta diadakan di rumah, sebaiknya Anda melebihkan kisaran biayanya. Misalnya, Anda menganggarkan sekitar Rp 25 juta, maka Anda perlu siap dana lebih dari itu, bisa Rp 30 juta atau lebih. Lebih baik konsumsi yang dihidangkan berlebih, daripada kekurangan. Jika konsumsi berlebih, Anda masih bisa membagikan kepada tetangga, saudara, atau orang terdekat.

Menurut Endo, selaku co-owner Ananya Wedding dalam mengganggarkan biaya katering atau konsumsi, tentukan dulu bujet Anda. Menurutnya, kisaran harga per kepala untuk katering minimal sekitar Rp 250 ribu, sedangkan katering hotel per kepala sekitar Rp 450 ribu + pajak. Untuk hotel, biasanya minimal atau standar menu adalah buffet dan 2 jenis stall.

perhitungan, biaya, nikah, sesuai, budget, bujet, undangan, dekorasi, katering, konsumsi, gedung, rumah, gambaran, suvenir, hotel, dokumentasi, entertainment, makeup, pengantin, bridal, attire, Rp 50, Rp 100, juta, konsep, standar, vendor

Katering, meliputi konsumsi dan segala jenis peralatan makan

Jika tamu undangan berjumlah 1.000 orang, asumsikan yang hadir sekitar 70 persen hingga 80 persen atau ambil nilai tengahnya yaitu 750 undangan. Lalu, dikalikan dengan dua sehingga menjadi 1.500 orang. Misalnya, satu kepala (orang) sekitar Rp 250.000, dikali 1.500 maka biaya konsumsi di hotel mungkin sekitar Rp 250 ribu x 1.500 = Rp 375 juta ditambah pajak 21 persen.

Kemudian, untuk konsumsi di gedung, misal akan mengundang sekitar 1.000 undangan, dengan asumsi tamu yang akan datang 1.500, maka besar biaya konsumsi sekitar 1.500 x Rp 450 ribu = Rp 675 juta ditambah dengan pajak 21 persen.

Setelah menghitung biaya konsumsi atau katering, biaya yang penting lainnya adalah biaya dekorasi. Untuk dekorasi, Anda mungkin akan dibantu oleh pihak vendor (jika Anda memakai vendor). Konsep yang ditawarkan biasanya merupakan dekorasi standar, yaitu area penerimaan tamu, red carpet untuk tamu, pelaminan, dan area VIP. Sedangkan, untuk area makan tamu biasanya akan dibantu oleh pihak katering. Nominalnya bisa bervariasi, mulai dari belasan juta rupiah hingga puluhan juta rupiah.

Apabila konsep yang diinginkan pengantin ataupun pihak keluarga harus dipenuhi, biasanya pihak vendor akan memasang harga yang sedikit lebih tinggi. Tetapi, Anda harus memerhatikan juga mengenai warna kain, jenis bunga, tenda indoor (apakah modern atau tradisional), dan lainnya.

Berhubung acara yang diselenggarakan adalah pesta pernikahan, maka biaya selanjutnya adalah biaya yang berhubungan dengan pengantin, yaitu bridal attire. Biaya yang termasuk di dalamnya adalah rias pengantin, rambut/hijab, gaun, jas, dan lainnya.

perhitungan, biaya, nikah, sesuai, budget, bujet, undangan, dekorasi, katering, konsumsi, gedung, rumah, gambaran, suvenir, hotel, dokumentasi, entertainment, makeup, pengantin, bridal, attire, Rp 50, Rp 100, juta, konsep, standar, vendor

Gaun untuk pengantin wanita

Untuk mendapatkan makeup yang sesuai keinginan, Anda bisa mencari rekomendasi makeup artist (MUA) dari teman, saudara, atau orang terdekat. Kini sudah lebih mudah, Anda juga bisa melihat contoh-contoh makeup dari Instagram MUA yang Anda inginkan. Biaya makeup hendaknya juga disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.

Biaya yang tidak boleh luput dari perhitungan adalah undangan dan suvenir. Pemilihan undangan cetak bisa dimulai dari pemilihan bahan sampai dengan ukuran undangan. Harga undangan sendiri berbeda-beda. Jika Anda ingin yang lebih terjangkau, mungkin harganya mulai Rp 5 ribuan. Tetapi, untuk yang hardcover bisa mulai dari kisaran Rp 15 ribuan. Beberapa orang ada pula yang lebih memilih undangan yang bisa dibagikan melalui BBM, WA, SMS, atau FB.

Lalu, untuk souvenir, disarankan yang bisa digunakan oleh tamu undangan, dan mudah dibawa ketika datang ke pesta pernikahan. Ide yang bisa diwujudkan misalnya suvenir berupa frame berisikan foto saat di photo booth di area penerimaan tamu.

Selain biaya-biaya yang telah disebutkan di atas, Anda juga bisa melengkapi dengan biaya dokumentasi berupa foto atau video. Tidak lupa, untuk memeriahkan pesta, Anda bisa menambahkan hiburan atau entertainment.

Untuk memudahkan perhitungan biaya nikah sesuai budget, berikut akan diberikan contoh perhitungannya.

Perhitungan biaya nikah

Baca juga:  Marak Beredar Produk Kosmetik Palsu, Amankah Krim Widodari Skincare Asli?
perhitungan, biaya, nikah, sesuai, budget, bujet, undangan, dekorasi, katering, konsumsi, gedung, rumah, gambaran, suvenir, hotel, dokumentasi, entertainment, makeup, pengantin, bridal, attire, Rp 50, Rp 100, juta, konsep, standar, vendor

Pasangan suami istri di dalam mobil pengantin

Budget Rp 50 jutaBudget Rp 100 juta
Katering dan venue= Rp 20.000.000Katering dan venue= Rp 40.000.000
Dekorasi= Rp 12.500.000Dekorasi= Rp 25.000.000
Undangan dan suvenir = Rp 7.500.000Undangan dan suvenir = Rp 15.000.000
Makeup dan pakaian pengantin= Rp 5.000.000Makeup dan pakaian pengantin= Rp 10.000.000
Dokumentasi= Rp 2.500.000Dokumentasi= Rp 5.000.000
Entertainment= Rp 2.500.000Entertainment= Rp 5.000.000

Perhitungan biaya di atas bukan merupakan acuan, tetapi sebagai gambaran. Jika Anda memiliki bujet yang kurang dari nominal di atas, angka-angkanya bisa menyesuaikan. Anda bisa mengurangi nominalnya, atau menghilangkan komponen biaya yang dirasa tidak begitu diperlukan, misalnya biaya entertainment. Begitu juga dengan Anda yang memiliki bujet berlebih, nominal bisa menyesuaikan. Anda juga bisa menambahkan komponen biayanya apabila gambaran di atas dirasa masih kurang.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: