Apa Sih Perbedaan antara Pembersih Kamar Mandi Vixal Biru dan Hijau?

Membersihkan Kamar Mandi - freepik: @gpointstudioMembersihkan Kamar Mandi - freepik: @gpointstudio

Membersihkan keramik atau porselen kamar mandi memang terkadang menjadi hal yang begitu merepotkan. Karena terkena air dan kotoran setiap hari, biasanya akan muncul kerak yang membuat kamar mandi menjadi kotor dan terasa sulit untuk dibersihkan dengan air dan sabun biasa. Oleh sebab itu, muncul produk-produk pembersih toilet yang dibuat dari bahan kimia khusus seperti Vixal.Vixal mengandung formula hydrochloric acid (HCl) dan terdiri dari beberapa varian yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa di antaranya adalah Vixal kemasan biru, hijau, hingga hitam. Seluruh varian Vixal dijual dengan harga yang cukup ramah di kantong.

Pembersih porselen berbentuk cair mengandung asam klorida HCl ataupun asam sulfat encer (H2SO4). Dalam penggunaannya kita harus sangat berhati-hati mengingat kandungan bahan yang digunakan dalam pembersih porselen tersebut cukup berbahaya. Asam klorida jika terkena tangan akan terasa perih dan sangat berbahaya apabila kena mata atau tertelan. Dalam membersihkan kotoran, pembersih porselen akan bereaksi dengan kotoran tersebut dan menghasilkan gas CO2 yang berbau tidak enak.

Selain berbahan dasar asam klorida, pembersih porselen juga ada yang terbuat dari campuran natrium bisulfit, minyak pini, dan natrium sulfat. Pembersih porselen yang terbuat dari bahan ini ketika dipakai tidak akan mengeluarkan bau.[1]

Baca juga:  5 Jenis Bunga yang Mudah Ditanam di Halaman Rumah

Tentang Vixal

Vixal adalah cairan pembersih porselen yang diklaim dapat menghilangkan dengan cepat segala noda pada toilet, permukaan porselen, keramik, mosaik dan sejenisnya. Dengan bahan aktif asamnya (HCl), Vixal mampu mengembalikan permukaan bersih mengkilap permukaan toilet Anda ataupun permukaan-permukaan lainnya. Tutup botolnya telah dirancang khusus sehingga Vixal dapat langsung dipakai pada area kotor yang diinginkan. Takaran pada tutup botolnya pun membuat pemakaian Vixalmenjadi lebih hemat.

Pembersih Kamar Mandi Vixal - (YouTube: dr. Cahyo EDUKES)

Pembersih Kamar Mandi Vixal – (YouTube: dr. Cahyo EDUKES)

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, Vixal tersedia dalam beberapa varian, yakni kemasan botol berwarna biru, hijau, biru tua, dan juga hitam. Lantas, apa saja keunggulan dari masing-masing varian Vixal tersebut? Menurut informasi dari Unilever selaku produsen Vixal, Vixal Biru merupakan produk pembersih kamar mandi ekstra kuat, Vixal Hijau adalah pembersih kamar mandi yang kuat dan harum, Vixal Hitam merupakan pembersih kamar mandi anti kerak, dan Vixal Biru Tua adalah pembersih toilet kuat dan higienis yang diklaim mengandung disinfektan bleach.

Baca juga:  Kenali Bahaya dan Tanda Toxic Positivity di Kantor

Perbedaan Vixal Biru dan Hijau

Vixal Biru merupakan produk pembersih kamar mandi yang diklaim 10 kali lebih tangguh dalam membersihkan kerak, efektif membunuh kuman, dan juga ampuh membersihkan noda. Cairan Vixal dibuat dengan formula yang bisa membersihkan noda membandel di kamar mandi, memberikan keharuman segar, serta dapat digunakan untuk permukaan dinding, lantai, dan juga porselen kamar mandi.

Sementara itu, untuk Vixal Hijau yang kini berganti warna tutup menjadi ungu (sebelumnya tutup berwarna oranye) secara umum spesifikasinya tidak jauh berbeda dengan yang biru, sama-sama tangguh dalam membersihkan kerak di kamar mandi. Bedanya, Vixal Hijau disebut memberi keharuman yang segar sekaligus mampu menghilangkan bau tak sedap di kamar mandi Anda. Cairannya juga ampuh dalam membersihkan segala noda pada permukaan dinding, lantai, dan porselen di kamar mandi.

Cara Pemakaian Vixal

Buka tutup botolVixal, iris ujung tutup bagian dalam. Pada noda ringan: semprot lantai atau permukaan, diamkan beberapa saat agar formula Vixal bekerja mengangkat kotoran, lalu basuh dengan air. Dapat juga dengan caramembasahi kain lap dengan sedikit Vixal, kemudian gosok noda yang ada dan basuh dengan air.

Pembersih Vixal Biru dan Hijau - shopee.co.id

Pembersih Vixal Biru dan Hijau – shopee.co.id

Pada noda berat: semprot dinding atau permukaan yang bernoda, diamkan beberapa saat, gosok dengan sikat lalu basuh dengan air. Ulangi bila perlu.Supaya lebih aman, sebaiknya selalu gunakan sarung tangan karet ketika hendak menggunakan Vixal dan pastikan untuk tidak mencampurnya dengan pembersih lain.

Baca juga:  Simpel, Ini Cara Mudah Menanam Bunga Wijaya Kusuma

Asam klorida tak hanya bersifat mengikis permukaan keramik/porselen yang kita bersihkan, tetapi juga toksin (beracun) terhadap kesehatan tubuh kita. Terdapat empat potensial jalur kontak antara asam klorida dengan tubuh, yaitu: kulit, saluran pernapasan, mata dan mulut (jika tertelan).

Cairan yang mengandung asam klorida bersifat mengiritasi kulit. Pada kepekatan tinggi, dapat menyebabkan kulit luka-luka bahkan seperti terbakar. Uap dari asam klorida yang terhirup berisiko mengiritasi mata, hidung, dan saluran napas bagian atas. Pada konsentrasi/kepekatan tinggi, bahkan bisa menyebabkan paru-paru luka. Asam klorida yang tertelan bisa menyebabkan organ-organ pencernaan luka.[2]

[1]Partana, CF. 2008. Seri IPA Kimia 2 (hlm 25). Febi A, editor. Jakarta: YudhistiraGhalia Indonesia.

[2]Widyawati, M. 2015. Smart Moms in the Kitchen (hlm 135). Jakarta: Elex Media Komputindo.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: