Apa Sih Perbedaan Scott’s Emulsion Putih dan Orange?

Suplemen untuk Anak - freepik: @user18526052Suplemen untuk Anak - freepik: @user18526052

Scott’s Emulsion adalah produk suplemen untuk anak yang terbuat dari minyak ikan kod. Dalam produk dengan varian original (botol putih) dan orange ini juga mengandung vitamin A, vitamin D, serta kalsium yang diklaim dapat membantu memelihara kesehatan tubuh serta pertumbuhan tulang dan gigi anak.Lantas, apa sebenarnya perbedaan antara Scott Emulsion putih dan orange?

Sebagai produk legendaris yang telah hadir untuk keluarga Indonesia sejak lebih dari setengah abad yang lalu, Scott’s Emulsion berhasil memasuki hati ibu-ibu di Indonesia bahwa produk yang satu ini baik untuk anak karena terbukti ampuh menambah nafsu makan anak.

Dengan tagline-nya, “Tumbuh besar, tumbuh sehat”, Scott’s Emulsion rajin tampil melalui iklan di TV, radio, dan media cetak. Scott’s juga sering hadir di acara-acara bazaar sekolah dan keluarga. Bentuknya, selain penyebaran brosur juga presentasi di depan para orang tua tentang pentingnya multivitamin Scott’s bagi anak-anak.[1]

Manfaat Scott’s Emulsion Berdasarkan Kandungannya

  • Asam Lemak Omega-3 yang terkandung di dalam minyak ikan cod, biasa dikenal dengan EPA dan DHA. DHA diklaim penting dalam proses perkembangan otak pada bayi sejak di dalam kandungan hingga sesudah dilahirkan, sedangkan untuk EPA lebih berperan dalam pembentukan perilaku dan suasana hati (mood). Di samping itu, keduanya juga diklaim dapat melindungi saraf dan bermanfaat bagi anak-anak yang menderitahiperaktif dan autisme.
  • Vitamin A adalahvitamin yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan bagus untuk memelihara kesehatan mata.
  • Vitamin D adalah vitamin yang penting untuk masa pertumbuhan anak karena disebut-sebut dapat membantu tubuh untuk menyerap kalsium secara maksimal, sehingga vitamin D efektif untuk pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan tulang dan gigi. Selain itu,vitamin D juga berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta pertumbuhan fungsi otot.
  • Kalsium adalah zat yang penting untuk membantu menggerakkan otot dan saraf, serta pembentukan tulang dan gigi yang kuat.

    Scotts Emulsion Putih - id.carousell.com

    Scotts Emulsion Putih – id.carousell.com

Dosis & Aturan Pakai Scott’s Emulsion

  • Anak usia 1-6 tahun: 1 x sehari 1 sendok makan
  • Anak usia 7-12 tahun: 2 x sehari 1 sendok makan
  • Anak usia > 12 tahun: 3 x sehari 1 sendok makan

Produk Scott’s Emulsion dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan.

Perbedaan Scott Emulsion Putih dan Orange

Apabila Anda termasuk orang awam yang baru saja tertarik untuk mencoba produk Scott’s Emulsion, Anda mungkin bingung saat harus dihadapkan pilihan produk yang hendak dibeli. Pasalnya, terdapat dua varian umum Scotts Emulsion yang beredar di pasaran, yakni Scott’s Emulsion original botol warna putih dan Scott’s Emulsion Orange.

Beda utama antara Scott’s Emulsion putih dan orang tentu saja dari segi rasa. Scott’s Emulsion putih merupakan varian rasa original tanpa tambahan perasa apapun, sedangkan Scott’s EmulsionOrange diberi tambahan jus jeruk agar terasa lebih nikmat untuk dikonsumsi, khususnya bagi anak-anak.

Perbedaan berikutnya adalah dari segi kemasan. Sesuai namanya, Scott’s Emulsion Orange dikemas dalam dus dan juga botol yang didominasi warna oranye, sedangkan Scott’s Emulsion Original dikemas dalam box dan botol yang dominan warna putih.

Scotts Emulsion Orange - (YouTube: i e l a - i e l a l a)

Scotts Emulsion Orange – (YouTube: i e l a – i e l a l a)

Kemudian, harga Scott’s Emulsion Orange juga biasanya terpaut sedikit lebih mahal dibandingkan yang original. Sebagai informasi, Scott’s Emulsion Original 200 ml dijual dengan harga Rp47.638 per botol di Apotek K24 dan kemasan 400 ml harganya Rp77.211 per botol. Sementara itu, untuk produk Scott’s Emulsion Vita Orange 200 ml dibanderol seharga Rp48.419 per botol dan yang kemasan besar isi 400 ml harganya Rp77.212 per botol.

Selebihnya, tak ada yang berbeda dari Scott’s Emulsion putih dan orange. Baik varian original dan orange sama-sama mengandung vitamin A 850 IU, vitamin D 85 IU, dalam calcium hypophosphite 414 mg dalam setiap 15 ml produk. Kemudian, keduanya juga dapat diminum dengan dosis yang sama. Meskipun termasuk kategori obat bebas, namun sebaiknya konsumsi Scott’s Emulsion sesuai dengan takaran yang telah ditentukan pada kemasan.

[1]Kartajaya, H dkk. 2005. Strategi Membidik Pasar Ibu. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 54.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: