Apa Sih Perbedaan Tanaman Lili Paris dan Spider Plant?

Lili paris (kiri) & spider plant (kanan)Lili paris (kiri) & spider plant (kanan)

Spider plant selama ini sering dianggap sama seperti lili paris. Padahal, kedua tanaman ini rupanya berbeda. Tampilannya sepintas sama, dengan ciri-ciri tanaman berumpun, berumbi, dan memiliki daun tipis yang tumbuh sepanjang tahun. Lantas, apasih perbedaan antara tanaman lili paris dan spider plant?

Perbedaan Lili Paris dan Spider Plant

Tanaman lili paris memiliki ciri daun yang berbentuk pita, memanjang, tipis, dan permukaan halus.[1] Lili paris mempunyai daun berwarna terang dengan dipadu hijau muda di pinggirnya dan berbentuk memanjang dengan lebar kurang lebih 4 cm. Selain itu, tanaman ini berbatang dengan tinggi kisaran 10 cm. Akar serabut dan berumbi. Selain itu, lili paris mempunyai bunga putih dan ditopang tangkai memanjang. Tanaman ini pun berbiji dan cepat bertunas.

Sementara itu, spider plant kabarnya bisa tumbuh setinggi 60 cm. Tanaman ini memiliki akar berdaging, berumbai, panjang akar antara 5 sampai 10 cm. Daun spider plant panjangnya mencapai 20 hingga 45 cm dan lebar daun tampak tipis sekitar 6 hingga 25 milimeter.

Spider plant (sumber: livelyroot.com)

Spider plant (sumber: livelyroot.com)

Lili paris adalah salah satu jenis tanaman hias yang berasal dari jenis semak. Tanaman ini memiliki cara perawatan yang sangat mudah dan simpel, sehingga bisa ditanam oleh orang-orang yang sedang belajar berkebun. Lili paris terlihat cocok ditanam di tempat-tempat minimalis seperti taman dan lain sebagainya. Tanaman ini juga terkenal dengan warna-warnanya yang terang sehingga sangat enak ketika dipandang.

Baca juga:  Digemari Banyak Wanita, Apakah Cat Rambut Henna Halal?

Lili paris biasa juga disebut bulu ayam, karena memiliki daun berbentuk memanjang kecil bertepi putih dan beruas hijau tua. Tanaman ini cocok ditumbuhkan dalam ruangan. Dikenal tahan banting alias tidak rewel. Itu sebabnya, Anda tak perlu repot untuk selalu menyiramnya setiap saat.

Sedangkan spider plant adalah tumbuhan dengan nama ilmiah Chlorophytum comosum. Tanaman ini ini mampu mempunyai tinggi mencapai 60 cm. Sebagai pembersih udara tumbuhan ini mampu menyerap benzena, formaldehida, karbon monoksida, dan xilena serta mampu menyerap bahan kimia pada industri kulit, karet, dan pencetakan.[2]

Salah satu yang sangat membedakan spider plant dengan lili paris adalah anakan yang menjuntai. Ini yang membuat tanaman ini cantik sekali untuk kita taruh di dalam pot gantung.[3] Apabila sudah dipelihara cukup lama, spider plant akan mengeluarkan tanaman kecil yang berbentuk sama dengan tanaman induknya. Tanaman spider plant yang kecil ini nantinya akan menggantung ke bawah seperti anak laba-laba yang menggantung di pohon apabila pot tanamannya digantungkan. Yang lebih menarik lagi, spider plant juga mempunyai bunga berwarna putih yang cantik.

Lili paris (sumber: shopee)

Lili paris (sumber: shopee)

Perbanyakan Lili Paris dan Spider Plant

Bagi lili paris yang terlalu besar dengan memetik atau memotong akarnya menjadi beberapa bagian, masing-masing dengan beberapa helai daun, lalu tanam kembali dengan media tanam yang baru. Atau Anda bisa memetik anakan tanamannya kemudian memasukkannya ke semangkuk air agar akarnya keluar. Jika sudah tumbuh akar, Anda bisa memindahkannya ke pot. Lili paris bisa ditanam di pot gantung atau dijadikan tanaman border atau pinggiran maupun pembatas untuk taman di hunian Anda.

Baca juga:  Apakah Telur Cumi Bisa Dimakan? Apa Kegunaannya?

Dilansir dari Wikipedia, perbanyakan spider plant atau Chlorophytum comosum biasanya terjadi melalui pot planlet, secara informal disebut sebagai ‘spiderettes’, atau ‘pups’, langsung ke tanah pot yang menempel pada tanaman utama atau memotong batang yang sedang berjalan dan kemudian menanamnya.

Tanaman laba-laba mudah tumbuh, mampu tumbuh subur dalam berbagai kondisi. Mereka akan mentolerir suhu hingga 2°C, tetapi tumbuh paling baik pada suhu antara 18°C dan 32°C. Tanaman dapat rusak karena kadar fluoride atau boron yang tinggi.

[1]Fascavitri, A dkk. 2018. Potensi Tanaman Lili Paris (Chlorophytum comosum), Melati Jepang (Pseuderanthemumreticulatum), dan Paku Tanduk Rusa (Platycerium bifurcatum) sebagai Absorben Timbal (Pb) di Udara. Jurnal LenteraBio. 7(3): 188-195.

[2]Haay, CL. “PERBEDAAN TANAMAN HIAS || LILI PARIS & SPIDER PLANT” YouTube, diunggah oleh Chan Lie Haay, 10 Februari 2021, //www.youtube.com/watch?v=9VfZZo3mJTA

Baca juga:  Bukan Hanya untuk Memasak, Ini Sederet Kegunaan Tepung Jagung yang Perlu Anda Ketahui

[3]Razka, M. “Perbedaan Tanaman Lili Paris dan Spider Plant” YouTube, diunggah oleh Mama Razka, 30 Oktober 2020, //www.youtube.com/watch?v=FZy4WfxSWhE

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: