Sekilas Mirip, Apa Saja Perbedaan Dumbell dan Barbel?

Olahraga angkat beban

Untuk menjaga kesehatan tubuh dan membuat bentuk tubuh menjadi lebih berotot, kebanyakan orang memilih latihan otot menggunakan dumbell dan barbel. Jika Anda masih awam dengan alat olahraga tersebut, mungkin Anda akan berpikiran bahwa keduanya sama. Namun, tahukah Anda bahwa dumbell dan barbel adalah benda yang berbeda?

Dumbbell (sering ditulis dumbell atau dumbel) dan barbel merupakan benda yang umum ditemukan di pusat kebugaran atau gym. Banyak orang yang memakainya sebagai alat untuk meningkatkan massa otot. Dumbbell biasanya juga dijadikan sebagai alat pembelajaran olahraga di sekolah-sekolah.

Salah satu jenis latihan olahraga di sekolah yang sering memakai dumbbell adalah arm swings. Ini merupakan teknik untuk meningkatkan kelentukan togok dan kekuatan otot lengan. Saat Anda mengangkat dumbbell dengan tangan, secara otomatis otot-otot bahu, lengan, persendian, ligamen, dan tendon di sekitar lengan serta punggung akan bergerak dengan beban tertentu.[1] Sehingga, otot-otot di bagian tangan dan bahu akan lebih terbentuk.

Dibandingkan dumbbell yang biasa dipakai untuk pelajaran olahraga, barbel lebih sering dipakai untuk melatih atlet. Barbel juga memiliki fungsi yang sama dengan dumbel, yaitu menguatkan dan meningkatkan massa otot. Meskipun memiliki fungsi yang sama, keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok, terutama dilihat dari bentuk bebannya.

Baca juga:  Sakit kepala berulang pada Anak-Anak dan Remaja

Bentuk Beban Dumbbell dan Barbel

Dumbbell

Dumbbell

Memang, ada barbel yang berukuran kecil dan bentuknya mirip dengan dumbbell. Namun, barbel memiliki bagian ujung yang bisa dibongkar-pasang. Anda bisa mengubah beban di bagian ujung kanan dan kiri barbel dengan cara memutarnya. Sementara itu, beban pada dumbbell tidak bisa diubah.

Anda tidak bisa membongkar-pasang bagian ujung dumbbell karena alat ini dibentuk tanpa besi putar dan hanya berisi semen atau besi sambungan. Sehingga, untuk menyesuaikan beban dumbbell dengan kekuatan otot Anda, Anda memerlukan lebih dari 1 alat dengan beban yang berbeda.

Bagian ujung barbel tidak hanya bisa dibongkar-pasang, tetapi juga bisa ditambah hingga 2 atau 3 kali lipat beban minimal. Bentuk beban barbel yang lebih menyerupai lempengan besi, mudah diputar dan dipasang kembali. Ini karena ada lubang ulir di bagian tengah lempengan. Bentuk beban pada barbel berbeda dengan dumbbell yang lebih terlihat seperti bulatan dan tidak memiliki lubang ulir.

Baca juga:  Cara Tepat Menanam Bunga Mawar dengan Stek Batang

Tangkai Dumbbell dan Barbel

Di pasaran, dumbbell dijual dalam berbagai macam warna dan desain. Ada dumbbell dengan desain simpel yang tangkainya hanya berupa besi atau plastik, dan ada juga dumbbell dengan tangkai berupa semen. Diameter tangkai dumbbell juga bervariasi, namun secara umum tidak lebih besar daripada ukuran genggaman tangan orang dewasa.

Sementara itu, barbel memiliki tangkai yang terbuat dari besi dengan berbagai macam ukuran panjang. Ada barbel yang berukuran satu depa orang dewasa dan ada juga barel yang berukuran kurang dari satu depa anak-anak. Untuk tangkai barbel, sudah pasti berbahan besi dan tidak tersedia dalam material lain. Ini karena tangkai harus bisa membawa lempeng besi yang berat saat diangkat.

Barbel

Barbel

Cara Menggunakan Dumbbell dan Barbel

Karena ukuran tongkat yang berbeda, cara memakai dumbbell dan barbel juga berbeda. Dumbbell dipakai dengan cara menggenggam bagian tongkat yang ada di tengah alat. Anda hanya perlu mengangkatnya sesuai dengan pergerakan tangan yang seperti engsel ke atas dan ke bawah.

Sementara itu, barbel dipakai dengan teknik khusus dan tidak boleh sembarangan. Untuk mengangkat barbel, Anda bisa mencoba dalam posisi jongkok atau terlentang menghadap atas. Dalam posisi tersebut, tangan harus sejajar dengan tubuh dan tidak boleh meleset. Kesalahan kecil dalam mengangkat barbel bisa berakibat fatal, seperti keseleo, cedera otot, hingga tercekik.

Baca juga:  Tak Cuma untuk Pelengkap Kopi, Ini Sederet Manfaat Lain dari Fiber Creme

Karena cara penggunaan dumbbell yang lebih mudah dibanding barbel, tak heran banyak orang yang menggunakannya tanpa harus ke gym. Anda bisa memakai alat tersebut di rumah dengan posisi duduk sambil melihat film kesukaan Anda. Ini berbeda jika Anda ingin mencoba memakai barbel, karena Anda harus berkonsentrasi penuh dan didampingi oleh ahlinya.

Itulah beberapa perbedaan dumbbell dan barbell. Selain itu, dumbbell biasanya dijual dengan harga yang lebih murah dan bisa dibeli secara mudah di toko dibandingkan barbel yang biasanya punya harga lebih mahal dan harus pesan dulu jika ingin membelinya.

[1] Fitriani, Dwi Ulin, I Nyoman Kanca, Ni Putu Dewi Sri Wahyuni. 2017. Pengaruh Pelatihan Dumbbell Arm Swings terhadap Kelentukan Togok dan Kekuatan Otot Lengan. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, Vol. 5(1): 40-50.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: