Apa Sih Perbedaan Cokelat Colatta Pastry dan Compound?

Adonan kue (sumber: passionforbaking.com)Adonan kue (sumber: passionforbaking.com)

Cokelat merupakan sebuah makanan manis yang disukai banyak orang di seluruh penjuru dunia. Makanan satu ini melalui proses yang cukup panjang untuk bisa berakhir menjadi cokelat batangan yang siap santap. Bagi Anda yang memiliki kegemaran membuat dessert atau aneka kue, tentu sudah tak asing dengan brand Colatta. Ya, Colatta termasuk salah satu brand cokelat ternama yang memiliki range produk coklat cukup luas, mulai dari cokelat butiran atau choco chip, cokelat blok compound, couverture, pastry, cokelat stick, hingga cokelat glaze. Produk Colatta dijual dengan harga yang bersaing, oleh sebab itu produk Colatta banyak digemari oleh masyarakat.

Cokelat berasal dari pohon kakao yang merupakan tumbuhan asli Brazil. Cokelat diperkenalkan di Indonesia sejak awal abad ke-18. Dengan perkembangan yang cukup pesat, cokelat menjadi salah satu bahan pangan yang permintaannya cukup tinggi.

Cokelat yang proses pembuatannya panjang itu, ternyata mengandung banyak nutrisi, seperti kalsium, potasium, riboflavin, dan vitamin A. Penelitian juga menyebutkan bahwa cokelat mengandung pheno yang sangat baik untuk mencegah penyakit jantung.

Baca juga:  Ide Bisnis & Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga Yang Sukses Berwirausaha

Cokelat dibagi menjadi dua macam, yaitu cokelat couverture dan cokelat compound. Yang membedakan keduanya adalah kandungan lemaknya. Bahan-bahan cokelat couverture terdiri atas kakao massa (cocoa liquor), lemak kakao (cocoa butter), lesitin, gula, vanili, dan susu bubuk (untuk cokelat susu dan putih). Bahan-bahan cokelat compound terdiri atas lemak nabati, lesitin, gula, vanili, dan susu bubuk (untuk cokelat susu dan putih). Secara umum, cokelat juga dibagi menjadi tiga jenis, yaitu cokelat putih (white cooking chocolate compound), cokelat susu (milk cooking chocolate compound), dan cokelat hitam (dark cooking chocolate compound).[1]

Tentang Colatta Pastry

Cokelat Colatta Pastry (sumber: lazada)

Cokelat Colatta Pastry (sumber: lazada)

Colatta Pastry merupakan cokelat compound yang terdiri dari 2 varian, yakni Dark dan White Chocolate. Colatta PastryDark adalah cokelat compound yang memiliki kombinasi rasa pahit dan manis yang seimbang. Tetap unggul dengan karakter khas Colatta yakni hasil yang mengilap dan aplikatif. Cocok untuk aplikasi serut. Sedangkan Colatta Pastry White adalah cokelat compound putih dengan karakter rasa yang creamy dan manis yang dibuat khusus untuk berbagai jenis aplikasi. Colatta Pastry Whitejuga cocok untuk aplikasi serut.

Baca juga:  Makanan ‘Super’ Untuk Wanita

Tentang Colatta Compound

Colatta Compound merupakan produk chocolate compound block yang terdiri dari beberapa varian, yakni Colatta Dark Compound, Colatta Milk Compound, Colatta White Compound, dan Colatta Extra Dark Compound. Masing-masing varian Colatta Compound tersebut memiliki keunikannya sendiri.

Colatta Dark Compound merupakan salah satu varian yang diunggulkan dari seri Colatta dengan rasa cokelat yang pekat. Produk Colatta Dark Compounddikenal luas karena penampilannya yang tetap mengilap walaupun dipanaskan berulang kali. Kemudian, Colatta Milk Compound adalah cokelat susu compound premium dari Colatta. Tetap dengan karakteristik yang diunggulkannya, yaitu dapat dipanaskan berulang kali, multifungsi, dan mempunyai hasil akhir yang mengilap.

Cokelat Colatta Compound (sumber: shopee)

Cokelat Colatta Compound (sumber: shopee)

Sementara itu, Colatta White Compound adalah coklat compound putih yang tetap memiliki rasa yang khas dan kaya dari cokelat compound Colatta, dengan komposisi yang pas, mudah dilelehkan, dan hasil akhir yang mengilap. Nah, untuk Colatta Extra Dark Compound memiliki rasa dan warna cokelat compound yang lebih pekat, sangat sesuai bagi Anda yang menyukai rasa cokelat yang pahit dan aplikasi yang lebih gelap.

Baca juga:  5 Opsi Pekerjaan Freelance Online untuk Ibu-Ibu Rumah Tangga

Perbedaan Colatta Pastry dan Compound

Menurut informasi dari akun media sosial resmi Colatta Indonesia, perbedaan utama Colatta Pastry dengan Colatta Compound ternyata ada pada kandungan cokelatnya. Colatta Compound disebut memiliki kandungan cokelat lebih banyak dibandingkan kandungan coklat yang ada dalam Colatta Pastry.

Meski demikian, baik Colatta Compound dan Colatta Pastry sama-sama produk terbaik dari Colatta yang diklaim telah mengantongi sertifikat halal dari MUI, serta tersertifikasi ISO 9001, ISO 22000, dan HACPP. Produk-produk cokelat dari Colatta cocok untuk berbagai aplikasi, memiliki cita rasa yang khas, serta fleksibel dalam hal pengolahannya. Produk cokelat Colatta bisa dibeli di toko bahan kue atau pusat-pusat perbelanjaan terdekat.

[1] Rumenta, J. 2006. Kreasi Cokelat Khusus Pemula (hlm 1). Yuni H, editor. Depok: Puspa Swara.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: