Perawatan Wajah Dengan Jeruk Nipis Yang Kaya Antioksidan Agar Awet Muda

Perawatan Wajah Dengan Jeruk Nipis Agar Awet Muda - vradiofm.com

Ketika berkomunikasi dengan orang lain, wajah menjadi fokus utama. Akan sangat mengganggu jika Anda memiliki kulit wajah yang kusam dan berjerawat. Kulit wajah yang halus, cerah dan sehat adalah dambaan setiap orang, terutama wanita. Tentu saja, karena kulit yang cerah dan halus dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Untuk mendapatkan kulit wajah idaman, sepertinya saat ini orang-orang berlomba-lomba untuk mencari produk kecantikan terbaik yang dijual di pasaran. Namun, produk kecantikan yang dijual di pasaran tentu tidak terlepas dari bahan kimia. Tapi jangan khawatir, karena Anda bisa mempertimbangkan jeruk nipis sebagai bahan alami untuk perawatan wajah. Selain bisa meminimalisir risiko ketidakcocokan pada kulit Anda, harganya juga relatif murah dan ekonomis.

Jeruk nipis memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C. Kandungan tersebut akan membantu kulit Anda agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. Bukan hanya berfungsi untuk memutihkan kulit wajah, tetapi kandungan vitamin C pada jeruk ini pun mampu menangkal radikal bebas. Ternyata manfaat jeruk nipis untuk perawatan wajah sangat banyak, bukan?

Di pasaran saat ini banyak sekali produk kecantikan ataupun skincare yang beredar, terutama untuk bagian wajah. Klaimnya pun tak tanggung-tanggung, mulai dari mencerahkan wajah secara instan tanpa efek samping hingga memutihkan wajah secara maksimal dalam hitungan hari. Anda harus waspada dengan klaim-klaim semacam itu, karena hasil yang instan biasanya tidak baik untuk jangka panjang bagi kulit Anda. Apalagi biasanya produk-produk skincare yang dijual di pasaran memiliki efek ketergantungan, yang mana jika Anda sewaktu-waktu berhenti memakainya malah membuat keadaan wajah Anda kembali seperti semula atau bahkan lebih parah.

Banyak orang meremehkan jeruk nipis sebagai alternatif untuk mencerahkan dan memutihkan kulit. Padahal, bahan alami yang satu ini lebih sehat dan minim atau bahkan hampir tidak ada efek samping. Walaupun tidak menjanjikan hasil secara instan, tetapi jeruk nipis untuk merawat wajah Anda patut dicoba. Berikut ini perawatan wajah menggunakan jeruk nipis yang bisa Anda praktekkan di rumah dan telah kami rangkum dari beberapa sumber.

Jeruk Nipis Yang Kaya Antioksidan - www.thekitchn.com

Jeruk Nipis Yang Kaya Antioksidan – www.thekitchn.com

Variasi Masker Berbahan Jeruk Nipis 

Masker Jeruk Nipis Tanpa Campuran

Anda bisa segera memakai buah jeruk nipis untuk masker wajah tanpa campuran bahan lainnya. Kandungan dalam jeruk nipis tergolong ampuh untuk menghilangkan wajah kusam dan membuat kulit wajah menjadi lebih kenyal.

Cara MembuatSaran Penggunaan
  • Peras sari jeruk nipis secukupnya. 
  • Gunakan sari jeruk nipis sebagai masker pada wajah secara merata. 
  • Pijat lembut dan perlahan agar wajah tidak iritasi.
  • Kemudian diamkan selama 15 menit sebelum membilasnya.
Lakukan 3 kali seminggu secara rutin untuk hasil lebih maksimal.

Masker Jeruk Nipis dan Mentimun

Mentimun yang biasa Anda temui dalam menu lalapan ternyata bisa dipakai untuk melembabkan kulit wajah secara alami. Kandungan mineral dalam mentimun bisa juga meredakan kulit yang meradang karena jerawat. Irisan mentimun juga bisa dimanfaatkan sebagai masker pencerah wajah dan bisa menghilangkan komedo membandel pada kulit wajah. 

Manfaat mentimun yang lain adalah bisa mengurangi jumlah produksi minyak di wajah. Khasiat dan manfaat yang terkandung dalam mentimun sangat cocok dikombinasikan dengan jeruk nipis. Gabungan kedua bahan ini akan efektif mengatasi kotoran wajah akibat polusi karena mengandung antioksidan dan antibakterial.  Berikut cara membuat masker jeruk nipis dan mentimun.

Cara MembuatSaran Penggunaan
  • Haluskan mentimun dengan cara diblender dan peras jeruk nipis.
  • Gabungkan mentimun dengan tetesan sari jeruk nipis dalam satu wadah. 
  • Aduk rata lalu oleskan pada wajah seperti masker.
  • Biarkan selama 20 menit lalu bilas wajah dengan air dingin.
Lakukan secara teratur 2-3 kali seminggu.

Masker Jeruk Nipis dan Yoghurt

Yoghurt memiliki kandungan probiotik yang tinggi. Zat tersebut bisa membunuh bakteri di area wajah. Probiotik juga bisa membuat wajah jadi lebih lembab. Padukan yoghurt dengan jeruk nipis untuk mendapatkan hasil maksimal pada wajah Anda. Kombinasi kedua bahan ini mampu menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Kombinasi keduanya bisa juga untuk menghilangkan kerutan di wajah dan juga mengencangkan kulit.

Cara MembuatSaran Penggunaan
  • Bersihkan wajah dengan memakai air hangat supaya pori-pori kulit terbuka. 
  • Campurkan yoghurt tawar dengan air perasan jeruk nipis. 
  • Aduk adonan hingga menjadi seperti pasta lalu oles pada wajah secara merata. 
  • Biarkan 20 menit lalu cuci wajah Anda hingga bersih. 
Lakukan cara ini sekali seminggu.

Masker Jeruk Nipis dan Madu

Madu yang berasal dari lebah merupakan bahan yang sering dipakai dalam makanan dan minuman. Namun ternyata madu tidak hanya baik untuk dikonsumsi, melainkan juga berkhasiat untuk kesehatan bagi wajah Anda. Kombinasikan madu dengan jeruk nipis sebagai masker. Paduan madu dan jeruk nipis mampu menghilangkan bintik hitam pada wajah. Dua bahan alami ini bisa juga dapat mencerahkan serta melembabkan wajah Anda. Cara membuatnya juga sangat mudah, simak tulisan berikut ini.

Cara MembuatSaran Penggunaan
  • Ambil 1 sdm madu murni dan 1 sdm perasan jeruk nipis. 
  • Campur madu murni dan sari jeruk nipis dalam satu wadah.
  • Oleskan merata pada wajah seperti masker dan diamkan kurang lebih selama 20 menit. 
  • Bilas dengan air dingin agar pori-pori wajah kembali menutup.
Lakukan secara teratur 2-3 kali seminggu untuk hasil maksimal.

Masker Jeruk Nipis dan Pisang Ambon

Pisang Ambon selain nikmat untuk dikonsumsi ternyata bisa juga dipakai untuk perawatan kulit wajah. Buah ini memiliki banyak kandungan untuk menghaluskan dan melembabkan kulit Anda. Tanda penuaan dini, keript hingga komedo pun diklaim bisa berangsur-angsur menghilang dengan memakai masker pisang ini. Kombinasikan Pisang Ambon dan jeruk nipis untuk menjadi masker wajah. Gabungan dua bahan alami ini mampu mencegah tumbuhnya jerawat. Wajah bisa lebih lembab tanpa minyak berlebihan. Langsung saja kita simak cara membuat maskernya di bawah ini.

Perawatan Wajah Dengan Jeruk Nipis - (Youtube: Jessy Paparazi)

Perawatan Wajah Dengan Jeruk Nipis – (Youtube: Jessy Paparazi)

Cara MembuatSaran Penggunaan
  • Haluskan Pisang Ambon yang matang dan peras jeruk nipis secukupnya. 
  • Campurkan sari jeruk nipis dengan Pisang Ambon yang sudah dihaluskan. 
  • Aduk hingga berbentuk pasta lalu oles pada seluruh wajah secara merata 
  • Biarkan mengering selama 15-20 menit. 
  • Bilas dengan air bersih dan keringkan wajah memakai handuk lembut. 
Lakukan secara teratur 2-3 kali seminggu.

Masker Jeruk Nipis dan Tomat

Tomat sama seperti jeruk nipis yaitu kaya akan vitamin C. Jika kedua bahan ini digabungkan menjadi masker, maka hasilnya akan maksimal. Kandungan antioksidan dan vitamin pada kedua buah ini bisa menyatu dan ampuh untuk merawat kulit wajah. Anda bisa mendapatkan kulit cerah bebas kusam dengan menggunakan masker tomat dan jeruk nipis. Mari kita simak cara membuat masker jeruk nipis dan tomat di bawah ini.

Cara MembuatSaran Penggunaan
  • Ambil sebuah tomat dan tumbuk hingga halus.
  • Tambahkan air perasan jeruk nipis. 
  • Campur rata kedua bahan lalu oles pada wajah dan diamkan selama 20 menit.
  • Bersihkan wajah dengan air bersih.
Lakukan secara teratur 2-3 kali seminggu.

Bila Anda rutin melakukan cara alami merawat wajah menggunakan jeruk nipis dan bahan alami lainnya yang sudah kami jelaskan di atas secara rutin, maka Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk melakukannya dengan rileks agar wajah dapat terlihat segar dan berseri. Semoga info yang kami paparkan bermanfaat.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: