Awet Muda dan Glowing, Ini Perawatan Wajah Ala Dokter Kulit Korea

Dermatologis Korea Selatan, Choi Bo Yun (sumber: yahoo.com)Dermatologis Korea Selatan, Choi Bo Yun (sumber: yahoo.com)

Korea Selatan menjadi salah satu negara dengan produk kecantikan yang terbilang paling diminati oleh banyak orang dari berbagai kalangan di Indonesia. Tidak hanya itu, treatment kecantikan yang dilakukan oleh orang asal Negeri Ginseng juga menarik perhatian publik. Selain melihat perawatan wajah ala selebriti Korea, mungkin akan lebih cocok jika Anda melihat bagaimana dokter kulit asal Negeri K-Pop menjaga wajahnya agar awet muda dan glowing.

Merawat wajah, seperti memakai produk kecantikan, sebaiknya dilakukan saat usia remaja, karena akan memberikan kontribusi untuk kulit terlihat lebih muda di kemudian hari.[1] Meskipun begitu, Anda perlu mengetahui cara merawat kulit wajah dengan benar. Anda tidak bisa asal menggunakan produk seperti toner, krim, hingga injeksi secara sembarangan. Lalu bagaimana treatment yang tepat?

Perawatan Pagi

Dilansir dari allure, seorang dokter kulit wanita asal Korea bernama Choi Bo Yun menjelaskan pentingnya membersihkan wajah sebelum memulai rutinitas pagi. Kebiasaan yang dilakukan oleh dokter Choi adalah segera menuju ke wastafel kamar mandinya setelah bangun tidur. Setelah itu, wanita ini membasuh wajahnya menggunakan air hangat tanpa memakai sabun wajah.

Mencuci wajah (sumber: allure.com)

Mencuci wajah (sumber: allure.com)

Memakai sabun wajah memang penting untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kotoran, tetapi ini tidak berlaku jika Anda memakai air hangat sebagai media bilas wajah. Air hangat sudah mampu meluruhkan lemak sekaligus kotoran di kulit. Air dengan suhu tinggi berisiko pada kekeringan kulit dan memakai sabun dengan perpaduan air hangat bisa membuat kulit menjadi lebih kering. Ini berbahaya bagi kulit yang sensitif dan kering.

Baca juga:  Cara Melindungi Diri Dari Serangan Nyamuk

Saat kulitnya masih lembap, dokter wanita ini tidak langsung mengeringkannya dengan handuk, tetapi langsung mengoleskan toner dengan kandungan moisturizer. Toner tersebut berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit agar tidak kering. Jika Anda ingin mengeringkan kulit memakai handuk, Anda bisa memakai toner secara langsung dalam waktu 30 detik setelah kulit dikeringkan. Sehingga, produk bisa diserap dengan baik oleh pori-pori wajah.

Supaya kelembapan kulit mampu bertahan lama, dokter Choi mengaplikasikan A Repair Cream secara merata di kulitnya. “Saya dulu menggunakan krim untuk mata dan untuk dahi. Kemudian, saya menyadari kombinasi tersebut membuat saya berjerawat, jadi saya menguranginya menjadi satu saja,” katanya.

Produk terakhir yang dioleskan ke wajah dokter wanita berkulit glowing itu adalah sunscreen atau tabir surya. Ini sangat penting untuk melindungi kulit Anda dari sengatan sinar matahari yang dapat membuat kulit menjadi kusam dan flek hitam.

Baca juga:  Rangkaian Produk Erto's Untuk Jerawat

Sementara itu, Ban Jae Yong, seorang dermatologis di klinik Banobagi Dermatology Korea, memaparkan bahwa perawatan rutin dimulai dari membersihkan wajah di pagi hari. Setelah itu, pakailah toner untuk menenangkan kulit Anda dan dilanjutkan dengan krim wajah. Langkah terpenting yang tidak boleh dilupakan dan semua dokter juga tahu adalah mengoleskan sunblock. Skincare ini tidak hanya melindungi kulit, tetapi juga memberikan kelembapan sepanjang hari.

Perawatan Malam

Aplikasi serum wajah (sumber: prevention.com)

Aplikasi serum wajah (sumber: prevention.com)

Untuk rutinitas malam, Ban Jae Young juga menjelaskan tentang rutinitas malamnya dalam hal merawat kulit. Setelah membersihkan diri dan mandi, dokter pria berkulit mochi ini mengoleskan serum pencerah dengan kandungan alpha arbutin 2% dan AHA. Setelah itu, dermatologis tersebut mengoleskan pelembap wajah sebelum tidur.

Tak kalah menarik, seorang dermatologis di ID Clinic Korea bernama Hwang Jong Ik, juga memiliki cara merawat kulit di malam hari. Dokter Hwang memilih untuk mengoleskan krim pencerah yang mengandung tretinoin. Bahan tersebut adalah turunan dari vitamin A yang biasa ditemukan dalam bahan retinol dan hidroquinon, berfungsi untuk meratakan warna kulit sekaligus mengurangi hiperpigmentasi.

Baca juga:  Pakar Klaim Hanya Ada 2 Jenis Perselingkuhan, Apa Saja?

Perawatan Khusus

Perawatan eksfoliasi kulit (sumber: dermafix.co.za)

Perawatan eksfoliasi kulit (sumber: dermafix.co.za)

Kembali pada metode perawatan kulit yang dilakukan oleh Choi Bo Yun, dokter cantik ini melakukan eksfoliasi kulit seminggu sekali di rumah. Ini bertujuan untuk mengelupas sel-sel kulit mati yang kusam dengan produk yang mengandung asam polihidroksi lembut, sehingga aman dan tidak menimbulkan risiko kemerahan.

Sementara itu, Ban Jae Yong memilih perawatan yang lebih sederhana menggunakan sheet mask yang bisa membuat kulit lebih cerah setiap minggu. Selain itu, pria tersebut juga melakukan treatment khusus yang terbilang modern, yaitu laser. Laser yang dimaksud adalah perawatan frekuensi radio non-invasif untuk mengencangkan kulit wajah yang kendur.

[1] Sari, Tri Lanna. 2018. Tinjauan terhadap Perawatan Kulit Wajah Wanita Usia Produktif di Kelurahan Benai Taluk Kuantan (Skripsi). Program Studi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Jurusan Tata Rias dan Kecantikan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: