Tak Hanya Wajah, Rambut Juga Perlu Perawatan Anti-Aging

Ilustrasi: rambut sehat (sumber: epiphanydermatology.com) Ilustrasi: rambut sehat (sumber: epiphanydermatology.com)

Tidak hanya kulit, penuaan ternyata juga bisa dialami rambut. Rambut yang beruban atau mengalami penuaan tidak hanya terjadi pada usia lanjut, tetapi juga dapat terjadi pada usia muda. Penuaan rambut biasanya ditandai dengan adanya uban, rambut kering, rambut rontok, dan penipisan rambut

“Rambut berubah seiring bertambahnya usia seperti halnya bagian tubuh lainnya,” kata Francesca Fusco, MD, asisten profesor klinis dermatologi di Icahn School of Medicine di Mount Sinai di New York City. “Folikel rambut menjadi lebih kecil, produksi sebum menurun, dan beberapa orang kehilangan sel-sel pigmen dan menjadi abu-abu.”

“Ketika hormon berubah, rambut semakin rontok dan tumbuh kembali lebih lambat, menyebabkannya menipis,” timpal David Kingsley, PhD, presiden World Trichology Society.” Selain itu, hormon memicu penurunan produksi sebum yang dapat membuat rambut kering. Pada saat yang sama, sel-sel pigmen di bulb rambut menyusut dari waktu ke waktu sehingga rambut berubah menjadi abu-abu.”

Tetapi sementara rambut Anda berubah seiring bertambahnya usia, Anda dapat memperbaruinya. Dilansir dari WebMD, para ahli membagikan tip dan trik perawatan rambut anti-penuaan terbaik mereka agar helai Anda terlihat sehat dan awet muda untuk mewakili gaya pribadi Anda. Apa saja tips dan triknya?

Temui Dokter Anda

“Mengatasi penipisan dini,” kata Fusco. “Kami memiliki perawatan seperti minoxidil dan Propecia yang berfungsi untuk menumbuhkan kembali rambut. Tapi, yang terbaik adalah mengesampingkan penyebab lain seperti anemia, kekurangan zat besi, gangguan autoimun, atau efek samping dari pengobatan.”

Dapatkan Model Potongan yang Tepat

“Ketika rambut Anda menipis, bukan ide yang buruk untuk memotong rambut Anda sedikit lebih pendek, tetapi itu adalah mitos bahwa Anda harus memotong rambut Anda begitu Anda mencapai usia tertentu,” kata Nunzio Saviano, pemilik Nunzio Saviano Salon di New Kota York. “Memiliki terlalu banyak lapisan hanya menekankan tekstur yang menipis, tetapi lapisan yang lebih panjang menahan bentuk dan terlihat penuh.”

Ilustrasi: potong rambut di salon

Ilustrasi: potong rambut di salon

Perhatikan Pola Diet Anda

“Protein dan zat besi adalah dua hal terpenting yang harus dimiliki dalam diet Anda untuk rambut sehat,” kata Fusco. “Jika diet Anda dibatasi, itu dapat memengaruhi kerontokan rambut.”

Baca juga:  Acne Solution, Produk Pond’s Untuk Kulit Berminyak Dan Berjerawat

Dia menyarankan untuk bertanya kepada dokter Anda tentang tes darah dan riwayat medis untuk memeriksa kekurangan zat besi, vitamin D, atau mineral lainnya. Setelah itu dikesampingkan, Fusco menyukai suplemen Nutrafol karena mengandung seng dan antioksidan lain yang meningkatkan pertumbuhan rambut. “Ada penelitian yang bagus, dan pasien saya senang dengan hasilnya,” katanya.

Berikan Pelembap

Saviano memberitahu kliennya untuk menghindari pemberian mousse dan gel karena dapat menyebabkan rambut terlihat kusam dan menghilangkan kilau. Triknya, menggunakan mousse yang dirancang untuk rambut keriting karena cenderung melembapkan dan kurang mengeringkan untuk rambut. Fusco merekomendasikan perawatan pengondisian yang kaya untuk melembapkan helai penuaan. Dia menyarankan memakai masker minyak kacang macadamia seminggu sekali.

Dari manfaat, moisturizer rambut dikatakan memiliki kandungan ekstra yang dibutuhkan oleh rambut. Kita yang sering beraktivitas di di bawah paparan sinar UV dan berada di tengah debu dan polusi, moisturizer dalam bentuk hair oil ini begitu direkomendasikan untuk dicoba. Moisturizer dapat mencegah rambut menua akibat efek negatif sinar UV, termasuk dari debu dan polusi. Lainnya, moisturizer dapat membuat rambut lembut dan mudah diatur.

Baca juga:  Jamu untuk Wanita Menopause dan 4 Tips Lainnya Agar Bisa Ditunda

Gosok Rambut dengan Lembut

Menyikat rambut dengan lembut dapat mendorong aliran darah yang sehat ke kulit kepala, yang bagus untuk rambut. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa pijat kulit kepala dapat membantu meningkatkan ketebalan rambut. Anda disarankan menggunakan sikat bulu babi Mason Pearson karena bulu alami lembut pada helai halus dan akan mendistribusikan minyak pendingin alami rambut.

Periksa Label Sampo Anda

“Carilah sampo yang mengandung zinc pyrithione, biasanya dalam formula anti ketombe,” kata Fusco. “Bahan tersebut dapat melembapkan dan menenangkan. Apakah Anda memiliki ketombe atau tidak, sampo jenis ini dapat membantu siapa pun yang merasa gatal karena penurunan produksi sebum di kulit kepala.”

Ilustrasi: mencuci rambut (sumber: medicalnewstoday.com)

Ilustrasi: mencuci rambut (sumber: medicalnewstoday.com)

Hindari Panas Berlebih

Penataan rambut yang panas bisa sangat merusak serat rambut yang menipis. Stres dapat menyebabkan kerusakan, dan karena rambut menghasilkan lebih sedikit sebum, Anda memiliki perlindungan alami yang lebih sedikit terhadap panas. Fusco memperingatkan untuk tidak menggunakan terlalu banyak alat panas dan merekomendasikan untuk menjaga agar Anda memaparkan rambut pada setrika datar atau blow dryer seminimal mungkin.

Hindari Pemakaian Spray

Jet Rhys, pemilik Jet Rhys Salon di Solana Beach, CA, memberi tahu kliennya untuk tidak menggunakan semprotan rambut terlalu banyak. Alkohol yang mengering dalam styler ini dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan rapuh.

Baca juga:  Menu Diet Atkins Yang Sebaiknya Dikonsumsi Ketika Puasa

Tambah Ketebalan Rambut

“Ada produk hebat yang disebut Toppik yang menggunakan serat nabati untuk menyamarkan area rambut yang mulai menipis,” kata Mona Gohara, MD, seorang profesor klinis dermatologi di Yale University. “Itu sangat membantu dalam menciptakan penampilan dari ketebalan rambut.”

Penuaan yang ditandai dengan menipisnya rambut bisa diketahui dari usia orang tersebut. Pada wanita menjelang usia 40 tahun, sudah mulai terlihat penipisan. Sementara, pada pria, penipisan rambut akan terlihat lebih cepat, biasanya pada akhir usia 20-an atau menjelang 30 tahun. Rambut juga memiliki siklus pertumbuhan dalam tiga tahap utama, yaitu tahap pertumbuhan (anagen ), tahap istirahat (catagen ), dan tahap rambut mati (telogen ).

Pada tahap pertumbuhan rambut, sel-sel matriks melalui mitosis membentuk sel-sel baru dan mendorong sel-sel yang lebih tua ke atas. Kemudian, pada tahap istirahat, selama 1-2 minggu akan terbentuk rambut gada (hair club). Pada tahap rambut rontok, rambut akan lepas dan akan memulai siklus pertumbuhan rambut yang baru.

Siklus pertumbuhan rambut normalnya antara tiga sampai lima tahun. Tetapi, pada kasus tertentu, terkadang tidak sampai satu tahun rambut sudah mulai rontok dan sulit tumbuh. Hal tersebut dipengaruhi beberapa faktor, di antaranya genetik, stres, makanan, ruangan, dan obat. Misalnya pada pasien penderita kanker yang menjalani kemoterapi, dia akan mengonsumsi obat-obatan khusus yang diminum secara rutin.  Akibatnya, rambut menjadi semakin tipis dan rontok perlahan.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: