Menjaga Harapan Saat Menjalani Perawatan Infertilitas dalam Persiapan Program Hamil

Ilustrasi: tes kehamilan negatif (sumber: foxnews.com)Ilustrasi: tes kehamilan negatif (sumber: foxnews.com)

Beberapa pasangan mungkin baru akan mendapatkan keturunan setelah bertahun-tahun menikah hingga harus menjalani perawatan infertilitas. Saat menjalani perawatan tersebut, penting bagi Anda memiliki harapan dan tingkat kewaspadaan terhadap kesehatan Anda dan pasangan Anda.

Bagi Anda yang masih belum paham mengenai perawatan infertilitas, berikut sedikit penjelasannya. Perawatan infertilitas sendiri merupakan salah satu jenis perawatan khusus untuk pasangan yang ingin memiliki keturunan setelah bertahun-tahun menikah tapi belum memiliki keturunan. Istilah perawatan infertilitas diambil dari kata fertil yang berarti masa subur, sedangkan infertil adalah tidak subur. 

Pasangan yang menjalani perawatan infertilitas biasanya memiliki tingkat kesuburan cenderung rendah. Tingkat kesuburan rendah ini baru bisa diketahui jika pasangan tidak memiliki keturunan hingga 12 bulan setelah melakukan hubungan intim tanpa kondom secara teratur. Ini dapat diketahui dengan mudah ketika pasangan tersebut memeriksakan kesuburan mereka ke dokter kandungan. 

Pentingnya Mengelola Harapan Saat Perawatan Infertilitas

Kasus tidak memiliki anak selama bertahun-tahun belum tentu bisa dikatakan mandul, ketika pasangan lantas memiliki anak setelah melakukan perawatan infertilitas. Sebagian besar pasangan yang melakukan perawatan infertilitas juga berhasil membuktikan bahwa mereka tidak mandul. Hanya saja, ketika menjalani perawatan, juga dibutuhkan harapan dan semangat yang tinggi. Bagi Anda yang menjalani perawatan infertilitas, juga perlu waspada dengan pola hidup Anda agar berhasil mendapatkan keturunan.

Ilustrasi: wanita menghadapi tes kehamilan negatif (sumber: healthywomen.org)

Ilustrasi: wanita menghadapi tes kehamilan negatif (sumber: healthywomen.org)

Sebagai seorang wanita, Anda juga perlu memiliki harapan tinggi untuk masa kehamilan. Ini adalah sebuah bentuk motivasi dan dorongan, sehingga ketika Anda menjalani perawatan, tidak merasa cemas dan stress. Perlu Anda ketahui bahwa perasaan cemas dan stress, bahkan depresi, dapat menyebabkan kegagalan dalam perawatan infertilitas. Rasa cemas berlebihan juga dapat membuat wanita hamil mudah mengalami keguguran dan semakin sulit mengalami kehamilan.

Pentingnya memiliki harapan dan terus berpikir positif telah dibuktikan oleh seorang pasien, juga psikiater, yang menjalani perawatan infertilitas. Dalam hal ini, ia menjelaskan bahwa ketika ia menjalani perawatan infertilitas, ia terus saja berharap mengalami kehamilan dan selalu berpikir positif. Ia juga sering menepis rasa cemas dengan melakukan hal-hal yang ia sukai. Dengan begitu, ia berhasil mengalami siklus kehamilan dan dikaruniai bayi kembar yang lucu.

“Selama bertahun-tahun, saya menjadi lebih percaya bahwa mengelola harapan seorang pasien saat mereka menjalani perawatan infertilitas adalah kunci dari keberhasilan mereka melewati perawatan tersebut,” kata Ellen S. Glazer, LICSW, seorang pekerja sosial yang berkontribusi di Harvard.edu. “Ini untuk hasil yang memuaskan di akhir, ketika mereka berhasil memiliki momongan.” 

Glazer juga mengatakan, bahwa infertilitas bisa dihadapi jika pasien memiliki harapan tinggi dan melakukan perawatan dengan baik, walaupun ada juga yang mengalami kegagalan. Kegagalan bisa diakibatkan oleh beragam hal. Salah satunya, tidak waspada terhadap lingkungan, pola makan, dan kebiasaan buruk selama menjalani perawatan infertilitas.

Tingkat waspada seseorang yang menjalani perawatan infertilitas, tentunya juga harus diolah. Mereka harus cukup waspada mengenai hal-hal yang dapat menurunkan keberhasilan mereka saat menjalani perawatan. Beberapa pasien yang gagal, biasanya tidak waspada dengan pola makan yang telah dianjurkan dokter selama masa perawatan. Padahal, mereka akan berhasil jika sedikit lebih waspada.

Mengelola harapan dan tingkat kewaspadaan pasien juga diklaim sulit oleh sebagian besar dokter dan perawat untuk pasien yang menjalani perawatan infertilitas. Ini disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut ini adalah faktor-faktor yang menyebabkan sulitnya meningkatkan harapan dan menjaga tingkat kewaspadaan dalam diri pasien.

Penyebab Sulit Meningkatkan Harapan dan Kewaspadaan Pasien Infertilitas

Ilustrasi: konsultasi dokter (sumber: Bukalapak)

Ilustrasi: konsultasi dokter (sumber: Bukalapak)

  • Kebiasaan pasien. Selama ini, banyak pasien yang memiliki kebiasaan buruk terhadap perasaannya. Mereka cenderung sensitif dan mudah cemas, inilah sebuah kebiasaan penghambat keberhasilan untuk meningkatkan harapan dan tingkat kewaspadaan mereka.
  • Hubungan dokter dan pasien. Setiap pasangan memiliki rasa kecocokan tersendiri dengan dokter yang merawat mereka, ada beberapa pasangan yang mengalami hubungan tidak baik dengan dokter mereka. Inilah penyebab seorang dokter mengalami kesulitan untuk meningkatkan harapan dan kewaspadaan pasiennya dan membuat mereka tetap berpikir positif.
  • Iman. Iman dan spiritualitas memelihara harapan bagi beberapa pasien infertilitas. Jika iman mereka tidak kuat, maka dokter akan sulit meningkatkan harapan dan kewaspadaan mereka. Harapan yang datang dari keyakinan bahwa doa akan dijawab, membuat pasien memiliki perasaan bahwa ada kekuatan di luar mereka yang memastikan hasil yang aman dan positif dari perjalanan ini.

Itulah penyebab sulitnya seorang dokter untuk meyakinkan pasien mereka agar memiliki harapan tinggi dan tingkat kewaspadaan yang baik. Ada juga hal yang perlu Anda ketahui jika Anda menjalani perawatan infertilitas. Anda perlu bersikap lebih positif dan menghindari kecemasan berlebihan, menghentikan kebiasaan buruk mengenai pola makan, menghindari stress, dan menghindari depresi.

Untuk menghindari rasa cemas dan depresi, Anda perlu melakukan hal-hal yang menyenangkan. Anda bisa berlibur atau sekadar berjalan-jalan dengan pasangan Anda. Selain itu, Anda juga harus mematuhi diet kesuburan Anda. Ada baiknya Anda mencatat asupan diet Anda dan beberapa jenis makanan yang harus Anda hindari. Dengan begitu, perawatan infertilitas Anda akan berhasil dan tidak sia-sia.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: