Peran Pil KB Dalam Kaitannya Dengan Jadwal Haid Bulanan Wanita

Pil KB - (Sumber: lifestyle.analisadaily.com)Pil KB - (Sumber: lifestyle.analisadaily.com)

Pil KB biasanya digunakan untuk mengendalikan tingkat kelahiran. Dikonsumsi dengan cara diminum seperti meminum obat, kini kegunaannya bukan saja berhubungan dengan kelahiran, tetapi juga masalah penundaan jadwal haid bulanan pada wanita.

Anda mungkin saja melakukan hal tersebut (menunda jadwal haid) karena alasan tertentu. Misalnya saja saat berangkat haji, bepergian jauh, pergi berkemah dan lain sebagainya. Tetapi, apakah pil KB aman untuk digunakan dengan maksud tersebut? “Tentu saja aman untuk digunakan,” jawab Raquel Dardik MD, seorang profesor klinis di Departemen Obstetri dan Ginekologi di NYU Langone Medical Centre.

Pil KB - (Sumber: lifestyle.analisadaily.com)

Pil KB – (Sumber: lifestyle.analisadaily.com)

Dokter Dardik mengatakan, “Anda dapat melakukan hal tersebut dengan semua pil KB, tetapi menjadi lebih sulit apabila dilakukan dengan beberapa jenis pil.” Jenis lainnya mungkin dapat berupa biphasic, triphasic, atau bahkan quadriphasic, yang berarti dosis hormon dalam setiap pil berubah sepanjang bulan. Pil triphasic misalnya, dikonsumsi dalam tiga dosis yang berbeda.

Baca juga:  Review Pixy Lip Cream Sweet Choco, Lipstik Matte Murah untuk Penggemar Warna Cokelat

Hal tersebut mungkin saja menjadi sesuatu yang membingungkan, tetapi pil tersebut biasanya diberi kode berupa warna berbeda di setiap kemasannya. “Jadi, Anda tidak perlu mengecek dengan susah payah,” ucap Dr Dardik.

Pil KB tersebut biasanya berisi hormon progesteron, atau kombinasi esterogen dan progesteron. “Obat mana yang digunakan, itu nanti dokter yang menentukan berdasarkan hasil pemeriksaan. Tiap orang beda, jadi tidak seperti kacang goreng yang semua orang bisa pakai,” kata Dr Hj Dwiana Ocviyanti, SpOG (K).

Jika Anda masih merasa khawatir, pil KB dapat mengacaukan siklus bulanan Anda, menurut Dr Dardik, hal itu bukan menjadi masalah besar. “Jika siklus Anda pada bulan ini terlambat satu minggu, maka untuk periode bulan depan, siklus bulanan Anda akan maju selama satu minggu.” jelasnya.

Pil pengendali kelahiran tersebut selain membantu menunda jadwal bulanan Anda, juga dapat mempercepatnya. Obat yang digunakan dalam teknik ini adalah pil progesteron, yang dimulai dari hari kelima haid dan dihentikan 3-5 hari sebelum masa haid yang diinginkan, setidaknya hari ke 19. Jika memakai pil kombinasi, maka harus dimulai pada hari kedua haid.

Secara umum, pengaturan siklus haid dengan menggunakan pil hormon seperti ini aman digunakan pada perempuan yang dinyatakan sehat berdasarkan hasil pemeriksaan dokter. Pengaturan haid dengan hormon tidak dianjurkan pada kondisi tertentu seperti misalnya riwayat stroke, kekentalan darah tinggi dan punya tumor di rahim.

Selain itu, harus diperhatikan juga bahwa pengaturan haid sifatnya hanya sementara untuk kebutuhan jangka pendek misalnya untuk memperlancar ibadah haji. Idealnya haid tidak dituda atau dimajukan lebih dari 1-2 minggu, sehingga lamanya siklus tidak mendapat tidak lebih dari 40 hari.

Baca juga:  5 Perlengkapan Umroh Wanita 9 Hari yang Tidak Boleh Dilewatkan

“Bahaya sih tidak, ya paling kalau ada (efek sampingnya) itu misalnya perdarahan bercak. Tapi bagi yang memiliki riwayat stroke atau masalah dengan pembuluh darah, beberapa hormon bisa membuat kekentalan darahnya meningkat,” terang Dr Ocvi.

Sebagai langkah aman apabila Anda berniat untuk melakukan penundaan jadwal haid, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, sehingga risiko yang tidak diinginkan dapat dihindari.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: