Penyebab Telapak Tangan Kasar dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi: telapak tangan (sumber: 1health.id)Ilustrasi: telapak tangan (sumber: 1health.id)

Telapak tangan yang kasar kerap dialami oleh mereka yang sering bekerja keras. Selain itu, apabila Anda rutin mencuci pakaian dengan cara manual atau tidak menggunakan bantuan mesin cuci, tidak menutup kemungkinan telapak tangan Anda juga menjadi kasar. Untungnya, ada beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gangguan tersebut.

Telapak tangan yang kasar memang sering membuat orang merasa kurang percaya diri, apalagi jika Anda seorang wanita. Telapak tangan yang kasar dapat mengganggu Anda ketika mengusap wajah atau bersalaman dengan orang lain. Tekstur kasar pada telapak tangan pun terkadang dapat menimbulkan rasa nyeri di wajah atau kulit orang lain saat bersentuhan. Berikut ini adalah beberapa penyebab telapak tangan menjadi kasar dan cara mengatasinya.

Terlalu Sering Mencuci Tangan

Cuci tangan (sumber: cnn.com)

Cuci tangan (sumber: cnn.com)

Salah satu penyebab tekstur kulit kasar pada telapak tangan adalah terlalu sering mencuci tangan, apalagi jika Anda menggunakan sabun cuci tangan yang tidak mengandung moisturizing atau gliserin dengan kadar yang cukup. Sabun yang Anda gunakan dapat menyebabkan kadar minyak dan kelembapan pada tangan semakin berkurang.

Kurangnya kadar minyak dan kelembapan inilah yang menjadi penyebab tangan menjadi lebih kasar. Bagi Anda yang sering mencuci pakaian, Anda juga perlu waspada. Deterjen atau sabun cuci dapat menghilangkan kadar minyak dengan cepat dari telapak tangan. Beberapa deterjen bahkan dapat menyebabkan kulit tangan terasa panas dan kemerahan.

Baca juga:  Treatment Dermapen di Rumah, Ini Pengalaman Sejumlah Wanita

Ada baiknya ketika Anda mencuci tangan, usahakan dalam batas yang wajar dan tidak terlalu sering mencuci baju. Pilihlah sabun cuci tangan dengan kandungan gliserin dan moisturizing yang cukup untuk menjaga kelembapan dan kadar minyak di telapak tangan. Pilih juga deterjen yang aman dan cocok di tangan Anda. Dengan begini, telapak tangan akan terhindar dari tekstur kasar dan kering.

Udara Kering

Cuaca, panas, musim, pendingin, dingin, kesehatan, sakit, tetap, sehat, heat stroke, heat exhaustion, heat cramp, olahraga, tips, menjaga, suhu, peningkatan, metabolisme, tubuh, gejala, garam, AC, pakaian, pingsan, gelombang, kematian, kasus, udara, usia, tua, keringat, kelembapan, kulit, ozon, faktor, Prancis, Paris, Amerika Serikat, kelenjar, penyakit, gangguan

Ilustrasi: cuaca panas di luar ruangan

Bagi Anda yang terlalu sering berada di luar ruangan saat cuaca panas, Anda perlu waspada. Pasalnya, udara kering akibat cuaca panas dapat membuat telapak tangan semakin kering dan kasar. Udara yang kering dengan mudah mengurangi kadar minyak dan kelembapan kulit telapak tangan Anda.

Telapak tangan yang kasar dan kering, apabila dibiarkan begitu saja, dapat menyebabkan pecah-pecah di kulit. Untuk menghindari telapak tangan yang kasar dan pecah-pecah, Anda bisa menggunakan produk hand cream. Jika Anda tidak memilikinya, Anda bisa menggunakan lotion.

Gunakan lotion atau hand cream dengan kandungan moisturizer tinggi dan memiliki kandungan SPF minimal 15. Ini akan melindungi telapak tangan Anda dari sinar matahari dan udara yang kering, sekaligus melembapkan telapak tangan Anda. Sehingga, telapak tangan yang kasar akan berangsur-angsur menjadi lebih halus dan lembap.

Psoriasis

masalah, penyakit, kulit, orang, dewasa, muda, usia, tahun, 25, ke, bawah, perawatan, dokter, psoriasis, herpes, zoster, eksim, krim, losion, gel, rosacea, produk, peradangan, ruam, gatal, kering, jerawat

Psoriasis pada kulit siku tangan (sumber: allure.com)

Psoriasis merupakan salah satu gangguan pada kulit yang dapat menyebabkan telapak tangan menjadi lebih kasar. Psoriasis membuat sel-sel kulit tangan Anda mengalami pertumbuhan dan perkembangan lebih pesat. Kondisi ini ditandai dengan bercak merah, radang, pengelupasan, tekstur kasar, dan kering pada kulit, serta warna kulit yang menjadi kemerahan. Gangguan ini dapat terjadi di kulit bagian tubuh manapun, termasuk telapak tangan.

Baca juga:  Tak Hanya untuk Masak, Ini Kegunaan Lain Minyak Wijen yang Perlu Anda Ketahui!

Untuk mengatasinya, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter kulit. Dokter akan memberikan obat berupa salep atau obat telan untuk menyembuhkannya. Jika Anda mengalami gejala tersebut, mungkin akan memakan waktu yang lama hingga psoriasis benar-benar sembuh dan telapak tangan Anda dapat halus kembali.

Eksim

masalah, penyakit, kulit, orang, dewasa, muda, usia, tahun, 25, ke, bawah, perawatan, dokter, psoriasis, herpes, zoster, eksim, krim, losion, gel, rosacea, produk, peradangan, ruam, gatal, kering, jerawat

Gangguan kulit, eksim (twitter: @harrysahota1971)

Gangguan kulit lainnya yang dapat menyebabkan permukaan tangan menjadi lebih kasar adalah eksim. Ini merupakan salah satu penyakit kulit berupa gatal-gatal. Untuk mengetahui gejala eksim, biasanya dokter akan memperhatikan telapak tangan Anda. Gejala eksim ditandai dengan adanya benjolan kecil-kecil di kulit dengan warna sedikit kemerahan.

Rasa gatal akibat eksim tidak seperti rasa gatal pada umumnya, gatal akan diiringi rasa panas atau terbakar pada permukaan kulit. Setelah Anda menjalani perawatan, kulit tangan akan menjadi kasar dan mengelupas. Ini artinya gejala eksim sudah mulai sembuh.

Biasanya, Anda akan diberi obat luar berupa salep dan obat telan berupa antibiotik untuk mengatasi rasa panas dan gatal akibat eksim. Penyebab eksim bermacam-macam, paling umum diakibatkan oleh kebersihan. Pastikan Anda selalu mencuci tangan hingga bersih dan tidak bersentuhan dengan orang yang memiliki eksim.

Baca juga:  Info Kandungan & Manfaat Sabun Pepaya untuk Kulit

Dermatitis Kontak Alergi

Gejala, psoriasis, gangguan, kulit, cara, mencegah, faktor, penyebab, meradang, peradangan, sehat, diet, Mediterania, kacang-kacangan, bergizi, meringankan, pola, makan, penelitian, pasien, peneliti, gaya, hidup, penyakit, degeneratif, penyakit, dokter, studi,

Ilustrasi: alergi dermatitis (sumber: healthline.com)

Alergi juga dapat menyebabkan kulit tangan menjadi kasar. Kulit tangan menjadi lebih kasar dengan benjolan kemerahan di telapak tangan. Alergi dapat terjadi jika Anda menyentuh bahan kimia atau benda-benda yang dapat membuat Anda merasa teriritasi. Untuk mengetahui apakah Anda memiliki alergi terhadap bahan kimia atau benda-benda tertentu, Anda perlu melakukan uji terlebih dahulu.

Dilansir dari liputan6.com, dermatitis kontak alergi juga dapat menyebabkan pengelupasan pada kulit dan rasa gatal. Alergen yang menyebabkan alergi di bagian telapak tangan biasanya terdapat pada produk deterjen, shampoo, pelembut kain, tanaman, zat kimia, logam tertentu, dan karet.

Jika Anda mengalami dermatitis kontak alergi, Anda perlu berkonsultasi ke dokter. Apabila gejala alergi tersebut semakin parah dan menimbulkan rasa panas serta kemerahan pada kulit, biasanya dokter akan memberikan obat khusus untuk membantu mengatasi masalah tersebut.

Ada juga beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan tekstur kulit yang kasar pada telapak tangan. Anda bisa menggunakan bahan seperti lidah buaya, ampas kopi, dan garam, untuk membuat kulit tangan lebih lembut dan halus. Namun, cara tersebut tentunya bisa Anda lakukan selama penyebab kulit kasar pada telapak tangan bukan akibat gangguan kulit atau penyakit, seperti eksim, psoriasis, dan dermatitis kontak alergi.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: