Penyebab Kulit Wajah Kusam dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi: kulit kusam (sumber: ogee.com)Ilustrasi: kulit kusam (sumber: ogee.com)

Apakah Anda sering mendapati kulit wajah Anda kusam ketika bangun tidur? Jika iya, Anda perlu mengetahui jawabannya. Pasalnya, kulit kusam bukanlah hal yang bisa disepelekan begitu saja. Ada banyak faktor penyebab kulit kusam yang perlu Anda pahami untuk melakukan pencegahan. Anda juga bisa mengetahui cara mengatasinya setelah mengetahui penyebabnya.

Berbicara soal kecantikan, kulit kusam memang bisa menurunkan level kecantikan seseorang. Bahkan, kulit yang kusam juga dapat membuat ketampanan seorang pria luntur. Secara umum, kulit kusam saat bangun tidur sebenarnya adalah hal yang wajar dan pasti dialami oleh sebagian besar orang. Namun, akan terasa tidak wajar jika kulit kusam yang Anda alami bersifat permanen. Berikut adalah penyebab  kulit kusam dan cara mengatasinya.

Penumpukan Sel Kulit Mati

Penumpukan sel-sel kulit mati pada permukaan kulit wajah dapat membuat tampilan kulit menjadi kusam. Hal ini karena sel kulit yang mati akan berubah warna menjadi abu-abu atau lebih gelap dan membuat warna kulit wajah Anda menjadi bernuansa pucat dan kusam. Penumpukan sel kulit mati di wajah juga akan mencegah cahaya matahari memantulkan sinarnya. Kulit yang kusam akan lebih mudah menyerap sinar matahari dan membuat kulit menjadi lebih kecoklatan.

Cara mudah untuk mengatasi kulit kusam akibat penumpukan sel kulit mati, yaitu melakukan eksfoliasi dengan lembut setiap 2 kali seminggu. Dengan melakukan eksfoliasi pada kulit wajah secara teratur, maka sel-sel kulit mati akan terangkat dan wajah akan kembali bersinar. “Eksfoliasi kulit wajah Anda dengan gula atau bahan yang lembut, ini cocok untuk kulit sensitif. Anda juga bisa menggunakan jenis produk kecantikan yang memiliki sedikit kandungan bahan kimia,” kata Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis dalam dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City.

Baca juga:  Waspada Terhadap Gangguan Thelazia Gulosa, Salah Satu Jenis Cacing Mata
Ilustrasi: sel kulit mati (sumber: allwomenstalk.com)

Ilustrasi: sel kulit mati (sumber: allwomenstalk.com)

Sering Terpapar Cahaya Matahari dan Terkena Polusi

Kulit wajah yang sering terpapar cahaya matahari juga akan memiliki tampilan yang kusam. Selain karena proses pigmentasi lebih cepat, juga kerusakan sel-sel pada kulit wajah. Efeknya akan lebih parah jika kulit sering terkena polusi. Perlu diketahui juga bahwa saat ini udara sudah tidak sesegar dan sesehat dulu. Saat ini, sudah banyak orang menggunakan kendaraan bermotor dan dibangun pabrik.

Udara yang tercemar mengandung sejumlah partikel kecil, seperti kotoran dan sulfur dioksida, yang menciptakan radikal bebas pada kulit. Radikal bebas tersebut dapat merusak kolagen dan menstimulasi pigmentasi kulit dari waktu ke waktu, dan ketika warna serta tekstur kulit Anda tidak merata, maka kulit terlihat kusam.

Untuk mengatasinya sangat mudah, Anda bisa menggunakan krim atau cairan pembersih wajah setiap harinya. Anda juga disarankan untuk selalu merawat dan menjaga kebersihan kulit setelah beraktivitas seharian. Akan lebih baik jika Anda selalu membersihkan wajah dengan sabun cuci muka dan menggunakan tabir surya serta pelindung kulit, untuk melindungi kulit dari sinar matahari dan polusi.

Baca juga:  Oriflame HairX Advanced NeoForce Shampoo, Produk Khusus Untuk Rambut Rontok

Stres dan Depresi

Menurut seorang dermatologis bernama Mona Gohara, stres dan depresi menyebabkan kadar kortisol pada kulit naik. Ini menyebabkan kadar darah pada wajah berkurang dan membuat kulit wajah tampak kusam dan pucat. Inilah alasan mengapa banyak orang stres sering terlihat acak-acakan dan kulit kusam.

Sebagai solusinya, Anda bisa lebih bersantai dan tidak terlalu memikirkan hal-hal yang bersifat negatif. Akan lebih baik jika Anda selalu berpikir positif dan meluangkan waktu setelah bekerja untuk liburan. Anda juga bisa melakukan pijat atau totok wajah untuk melancarkan peredaran darah agar wajah tidak tampak kusam. “Ini cara yang bagus untuk menstimulasi aliran darah, yang akan menambah kilau dan menjaga kesehatan kulit,” tutur Gohara.

Ilustrasi: stres (sumber: humnutrition.com)

Ilustrasi: stres (sumber: humnutrition.com)

Pola Makan Tidak Teratur

Jika Anda sering menunda waktu makan dan mengonsumsi makanan tidak sehat, ini bisa menyebabkan kulit wajah tampak kusam. Menunda waktu makan dan sering mengonsumsi junk food dapat membuat kulit wajah sulit untuk ternutrisi dengan baik. Untuk itu, ada baiknya jika Anda selalu makan tepat waktu dan mengonsumsi makanan bergizi.

Ada baiknya Anda mengonsumsi makanan dengan kadar lemak rendah. Karena, kadar lemak yang tinggi juga akan membuat kulit tampak kusam karena kurang mendapat nutrisi. Anda juga bisa mengonsumsi bahan makanan yang dapat membuat kulit lebih segar dan cerah, seperti lemon, sayuran hijau, dan bengkoang.

Baca juga:  Fungsi Krim Siang dan Malam Pond’s Flawless White Beauty

Kurang Tidur

Jika Anda sering begadang dan tidak tidur dengan waktu yang tepat, ini akan membuat kulit wajah kendur dan kusam. Efek lain karena terlalu sering begadang adalah wajah akan terlihat cepat tua. Hal ini karena ketika tidur dengan waktu yang cukup dan di waktu yang tepat, dapat membantu kulit beregenerasi dengan cepat dan ternutrisi dengan baik.

Solusi dari permasalahan ini, Anda harus bisa menyesuaikan waktu tidur Anda dan tidur dengan waktu yang cukup. Buatlah jadwal tidur Anda agar Anda dapat tidur secara rutin dalam waktu yang sama setiap harinya. Anda juga bisa mengonsumsi jahe hangat atau susu untuk membantu mencerahkan dan menutrisi kulit wajah agar tidak kusam ketika bangun.

Itulah beberapa penyebab kusam pada kulit wajah yang bisa Anda pelajari, sehingga Anda dapat melakukan pencegahan dengan baik. Perhatikan juga solusi untuk mengatasi kulit wajah di atas agar wajah Anda selalu terlihat cerah dan segar. Anda juga bisa menggunakan produk perawatan kulit untuk membuat wajah Anda makin berseri-seri.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: